7:52 am - Rabu Juni 26, 2019

Berkembangnya Ekonomi Inggris kerena Makanan Halal

1114 Viewed

Wali Kota London Boris Johnson mendukung penuh penyelenggaraan festival makanan halal yang tengah berlangsung di gedung Excel London, Ibu Kota Inggris Raya, dan berlangsung mulai dari 27 hingga 29 September 2013.

Panitia penyelenggara Festival Makanan Halal 2013 Imran Kausar dalam keterangannya yang diterima Antara London, Minggu menyebutkan bahwa Boris sangat senang bisa mendukung kegiatan itu sehingga tanpa diragukan masyarakat Muslim akan sangat mudah mendapatkan makanan halal dari produsen makanan halal di London dan juga kota lainnya di Inggris.

Menurut dia, pada festival yang baru pertama kali diadakan ini, Boris mengungkapkan bahwa industri makanan halal berdampak pada perkembangan ekonomi Inggris, dengan berkembangnya masyarakat Muslim di negara itu saat ini yang berjumlah 2,7 juta sesuai sensus 2011.

Hal itu, kata Boris, memberikan akses untuk mendapatkan makanan halal di Inggris sangat penting dimana diperkirakan jumlah masyarakat Muslim Inggris akan mencapai 5,5 juta pada tahun 2030.

Imran Kausar menyebutkan pertumbuhan penduduk Muslim kelas menengah di Inggris mempunyai kebutuhan yang sangat besar akan makanan halal. “Saya sangat terkesan dan bangga dengan digelarnya festival makanan halal di London,” ujar Nizma Agustjik, seorang pengunjung.

Ternyata komunitas muslim di Inggris Raya yang jumlahnya sekitar empat sampai lima persen dari jumlah penduduk Inggris sudah tidak bisa diingkari keberadaannya, sehingga makanan yang sesuai dengan hukum Islam sangat dibutuhkan.

Suhana, ibu rumah tangga asal Pakistan yang sudah lama menetap di daerah barat daya London mengakui dulu sangat sulit mencari makanan halal terutama daging dan ayam, tapi kini di supermarket seperti Tesco, Asda dan Morrison banyak tersedia bahkan banyak juga dijual di pasar tradisional di London dan di warung warung lokal.

Atase Perdagangan KBRI London Merry Maryati mengakui Indonesia harusnya dapat berperan dalam mempromosikan kuliner di mancanegara, khususnya di Inggris, apalagi Indonesia dikenal sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia.

Diharapkannya di masa mendatang Indonesia juga bisa berperan dalam acara serupa, karena kebutuhan akan makanan halal terus meningkat. Festival makanan halal yang diusung oleh sekelompok pengusaha muslim di Inggris juga diisi demo memasak oleh Chef terkemuka Inggris seperti Rachael Allen dan Jean-Christope Novelli dan pengunjung juga bisa menikmati hasil masakan mereka. (Republika)

 

Apa komentar anda?
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Awal Cerita Dubes Paraguay Memeluk Islam

Turki Cabut Larangan Jilbab di Lembaga Negara

Your comment?
Leave a Reply