1:13 pm - Kamis Agustus 22, 2019

Sedekah Mempercepat Terwujudnya Keinginginan

8053 Viewed
Fakta: Umat Islam Lebih Senang Umrah Dibandingkan Sedekah!
Fakta: Umat Islam Lebih Senang Umrah Dibandingkan Sedekah!

Imam baihaqi berkata,”Mintalah rizki melalui sedekah!”

Sedekah untuk Hajat

Alkisah ada seorang wanita keluar bersama bayinya. Di tengah perjalanannya, ia bertemu dengan seekor musang. Dengan sekejap mata, si musang menerkam bayi tercintanya dan membawanya lari. Sang ibupun menangis pulang. Dalam perjalanan menuju rumahnya, ia bertemu dengan seorang pengemis yang sedang kelaparan. Ketika itu, ia tidak memiliki apapun untuk diberikan kecuali hanya sepotong roti. Beberapa waktu kemudian, datanglah musang yang tadinya mencekam bayinya. Ia melihat si musang menyerahkan bayinya kembali ke dalam pelukannya. Kemudian, ada suara tanpa wujud berseru,”Inilah yang disebut dengan sesuap dengan sesuap.”

Yang dimaksud sesuap dengan sesuap dalam kisah tersebut adalah pemberian dibalas dengan pemberian. Si ibu memberi pengemis itu sepotong roti. Sementara Allah SWT membalasnya dengan memberikan kembali bayinya yang dicengkeram si musang tadi.

Dari cerita tersebut, bisa diambil hikmah bahwasanya Allah SWT mengabulkan hajat seseorang dengan bersedekah. Bahkan sedekahlah yang membuat bayi wanita malang itu kembali lagi dalam cerita tersebut. Dalam hati wanita itu menginginkan bayinya kembali. Tanpa disadari ia bersedekah dengan tujuan meringankan lapar si pengemis. Dari sini ditemukan ada timbal balik yang diberikan Allah SWT kepada wanita itu.

Terkadang orang yang terjangkit penyakit kronis sibuk mencari obat sampai ke luar negri. Seringkali juga orang yang sedang diuji coba oleh Allah SWT mencari dukun hebat kemana-mana agar sembuh, atau agar ujian itu lekas lenyap. Padahal, hanya dengan bersedekahlah semua keinginan itu bisa tercapai. Karena logikanya, orang yang bersedekah itu sama saja seperti melakukan transaksi dengan Allah SWT.

Dengan mengeluarkan sebagian harta kepada pihak yang membutuhkan berarti telah membeli sesuatu yang merupakan hajatnya kepada Allah SWT.  Dan bisa dibuktikan bahwa hajatnya akan terkabul selang beberapa lama setelah bersedekah.

Imam baihaqi berkata,”Mintalah rizki melalui sedekah!”

Kisah nyata yang terjadi di suatu tempat. Ada pasutri penjual nasi yang dicoba hidup miskin oleh Allah SWT. Hasil kerja suami tidak bisa mencukupi kebutuhan keluarganya. Akhirnya, sang suami meminta persetujuan istrinya untuk menyedekahkan semua harta yang dimilik saat itu. Dengan pertimbangan lama, akhirnya istripun setuju. Alasan suami, agar bisa menarik rizki setelah bersedekah. Singkat cerita, pasutri tersebut mendapatkan orderan nasi dari sebuah hotel untuk para pegawai. Perharinya, orderan yang dipinta mencapai 1000 porsi. Dalam seminggu, akhirnya pasutri tersebut bisa membeli sebuah aset di dekat tempat mereka bekerja.

Dari kisah tersebut bisa dijadikan bukti lain bahwa sedekah merupakan sebuah alternatif terbaik untuk mewujudkan hajat.

Keistimewaan lain Sedekah

Ada beberapa ayat Al Quran yang mensyariatkan sedekah dan keistimewaannya tidak disebutkan di dalam ayat-ayat tersebut. Namun, ada beberapa hadits, dan pendapat-pendapat para ulama’ yang mengklarifikasi keistimewaan sedekah. Berikut ini merupakan ringksan mengenai keistimewaan sedekah yang diambil dari beberapa hadits dan pendapat-pendapat para ulama’ terdahulu yang telah membuktikan kebenaran hadits tersebut. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pahala sedekah akan berlipat ganda hingga seperti gunung
  2. Sedekah akan menjadi naungan di hari kiamat
  3. Sedekah sir [bahasa arab, artinya sembunyi-sembunyi] dapat meredamkan murka Allah SWT
  4. Sedekah akan menjadi penolong di hari kiamat nanti
  5. Sedekah akan menjadi perisai dari api neraka
  6. Sedekah menjadi tebusan dari dosa-dosa
  7. Sedekah sebagai tiket masuk surga
  8. Sedekah menjadi jimat penarik rizki
  9. Semua harta akan habis tanpa tersisa ketika di akhirat nanti, kecuali harta yang pernah dikeluarkan di dunia

Sedekah yang paling baik adalah harta yang paling disayangi atau disukai. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam surah Al-Imran ayat 92;

Kalian tidak akan mendapatkan kebaikan sampai kalian menyedekahkan harta yang kalian sukai.”

Rasulullah SAW juga pernah bersabda kepada putrinya Sayyidatuna Fatimah Az Zahra RA bahwa sebaik-baiknya pemberian adalah sesuatu yang paling dicintai. Hal ini tidak hanya didengar saja oleh putri tercintanya, namun juga dipraktekkan.

Suatu ketika Sayyidatuna Fatimah RA ketika hendak menikah didatangi oleh seorang pengemis yang terlihat compang-camping. Beliau RA tidak memliki pakaian kecuali hanya 2 helai. 1 helai untuk dipakai, dan yang lain untuk sholat. Namun kebetulan, ketika itu beliau RA mendapatkan pakaian baru dari Sayyidina Ali RA agar dikenakan saat pernikahan.

Teringat dengan sabda ayahnya, beliaupun memberikan baju yang akan dipakai saat pernikahnnya itu kepada pengemis tersebut. Tidak lama setelah itu, datanglah Malaikat Jibril AS kepada Rasulullah SAW berdasarkan perintah dari Allah SWT membawa pakaian baru untuk putri tercintanya dari surga. Sebagai ganti dari pakaian yang telah ia berikan kepada sang pengemis. Wallahu a’lam.

Author: Halimah Achmad

Img: vGbDtgNi16k/

Apa komentar anda?
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Kisah Tanda Sifat Dermawan

Mencari dan Mencuri Hati

Your comment?
Leave a Reply