Qaryah Nahdliyah Award, Cara Jombang Memilih Kampung NU

0
260

Jombang, Cyberdakwah — Tidak ingin hanya bangga sebagai tuan rumah, PCNU Jombang Jawa Timur telah menyiapkan sejumlah acara jelang Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama awal Agustus mendatang. Tidak hanya menyapa nahdliyin, juga masyarakat kota santri ini secara umum.

Ditemui di Kantor PCNU Jombang, Jalan Gatot Subroto, Syamsul Rijal menandaskan bahwa ada beberapa agenda yang telah disiapkan PCNU Jombang menyongsong muktamar tersebut. Yang utama dan memang baru serta cukup menarik adalah ā€œQaryah Nahdliyah Award.ā€

Dengan kegiatan ini diharapkan setiap dusun, desa, kelurahan atau komunitas masyarakat manapun dapat mendesain lingkungannya sebagai kampung NU. ā€œPrinsipnya, kami ingin memilih kawasan dengan karakter NU yang kental,ā€ kata Wakil Sekretaris PCNU Jombang ini, Selasa (31/3/2015).

Ia menandaskan bahwa kegiatan tersebut dapat diikuti oleh seluruh kepengurusan ranting NU serta masyarakat secara luas. Secara teknis, Qaryah Nahdliyah Award masih akan didiskusikan secara intensif untuk menentukan kriteria dan persyaratan yang harus dipenuhi peserta.

ā€œKarena ini merupakan hal baru, tentu segala permasalahan akan didiskusikan lebih mendalam,ā€ kata Mas Rijal, sapaan akrabnya. Namun demikian, hal yang ingin diraih dari kegiatan ini adalah bahwa ada kawasan di Jombang yang memang memiliki karakter ke-NU-an yang kuat.

Harapan panitia, kampung ini menjadi kawasan percontohan bagi siapa saja yang ingin melihat dan menimba ilmu seputar NU. ā€œBisa lantaran kekompakan warga, atau lantaran kawasan setempat memiliki aset organisasi yang besar dan terawat dengan baik,ā€ ungkapnya.

ā€œBisa juga yang dilihat adalah layanan kesehatan atau pendidikan, yang bisa dilayani dengan baik oleh kepengurusan setempat,ā€ terangnya. Sehingga kawasan tersebut memang layak untuk disebut sebagai ā€œKampung NUā€, lanjutnya.
Diharapkan dengan perlombaan ini, maka setiap kawasan di Jombang dapat semakin memacu kreasinya dalam melayani umat. ā€œIntinya, bagaimana kepengurusan di tingkat bawah mampu melayani dan keberadaannya dirasakan oleh warga,ā€ katanya.

Disamping Qaryah Nahdliyah Award, PCNU Jombang telah menyiap sejumlah kegiatan dalam upaya meningkatkan syiar muktamar. Di antaranya khatmil Qurā€™an bil ghaib, lomba karya merchandise muktamar, fertival dan karnaval, serta bazar dan pasar rakyat. Ada juga dzikir dan shalwatan bersama Seribu Rebana, serta jalan sehat.
ā€œIni antara lain yang dapat kita agendakan untuk kian menggemakan Muktamar NU dimana Jombang sebagai tuan rumah,ā€ pungkas Mas Rijal. (s@if)

Tinggalkan Balasan