10:17 am - Kamis Juni 27, 2019

KH Yusuf Chudlori: Santri Sudah Punya Syarat Jadi Pengusaha Sukses

1043 Viewed

KH Yusuf Chudlori: Santri Sudah Punya Syarat Jadi Pengusaha Sukses

Banyak pengusaha yang bangkrut, karena mereka sombong dan lupa kepada Allah. Menjadi pengusaha itu harus ikhlas. Ikhlas ketika mengalami kebangkrutan. Kita hanya berusaha dan berdoa, sedangkan hasilnya itu Allah yang menentukan.

Hal itu disampaikan Pengasuh Pesantren Enterpreneur (Partner) KH Yusuf Chudori (Gus Yusuf) saat memberikan sambutan Pelatihan santri enterpreneur angkatan ke-13 di Aula Pesantren Enterpreneur, Jl Raya Magelang-Purworejo, Sidoagung, Meteseh, Tempuran, Magelang, Kamis (23/4) malam.

Gus Yusuf melanjutkan, di pesantren ini para santri dididik untuk dapat menjadi seorang pengusaha yang mandiri. Pesantren ini juga dapat dibilang khusus, karena yang dapat menjadi peserta didik di pesantren ini adalah harus santri, alias pernah menjadi santri di salah satu pesantren manapun.

“Santri secara kultural sudah punya syarat menjadi pengusaha sukses. Konsistensi atau dalam bahasa pesantren disebut istiqomah.  Selain itu, sikap kemandirian,” lanjut putra almarhum KH Chudlari Tegalrejo ini.

Apa yang dilakukan Gus yusuf itu terinspirasi dari Prasasti almarhum Kiai Chudlori yang berbunyi,“Sholaahu al-ma’isyah min sholaahu al-din, wa sholaah al-din min sholaahu al-ma’isyah”(Kebaikan ekonomi itu terdapat pada kebaikan agama, demikian pula kebaikan agama terdapat pada kebaikan ekonomi).

“Sebetulnya Kiai Chudlori sudah menyiapkan santri-santri itu tidak hanya tafaqahu fiddin, tapi juga kemampuan bersaing di dunia luar. Di samping berbekal keilmuan agama, santri juga harus  punya kemampuan bersaing dari sisi ekonomi,” tuturnya.

Santri Enterpreneur angkatan ke-13 ini ada sekitar 30 orang selama 15 hari. Peserta terdiri dari berbagai daerah, salah satu peserta dari luar Jawa ada yang dari Lampung. Mereka dilatih oleh para mentor yang juga sebagai pengusaha. Mereka tidak hanya diberikan materi tapi juga langsung praktik menjadi pengusaha sukses.

Sumber : NU Online

Apa komentar anda?
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Sudahkah Mencoba Tips Khusyu’ Dalam Sholat

Masjid Agung Ar-Raudlah, Pengikat Sejarah Kota Kraksaan

Your comment?
Leave a Reply