9:40 pm - Selasa November 20, 2018

Jangan Salah Paham Tentang Islam Nusantara

1423 Viewed

Belakangan media santer memberitakan tentang islam nusantara hinggga tidak sedikit dari masyarakat yang memperdebatkan, apa islam nusantara itu?. Pada dasarnya islam adalah satu yang mengajarkan bagaimana kita ber akidah, beribadah dan berakhlak.

Al-Quran adalah sumber utama Agama Islam yang memuat tiga ajaran. Pertama, ajaran akidah, yaitu sejumlah ajaran yang berkaitan dengan apa yang wajib diyakini oleh mukallaf menyangkut eksistensi Allah, malaikat, para utusan, kitab-kitab Allah, dan hari pembalasan.

Pemahaman yang mengkolaborasikan antara dalil naqli dan dalil naqli menjadikan islam ala nusantara yang berhaluan ahlusunnah wal jamaah menjadi hal menarik diantara paham-paham yang hanya bertumpu pada pemahaman tekstual al-Qur’an dan al-Hadist.

Kedua, ajaran akhlak/tasawuf, yaitu ajaran yang berintikan takhalli dan tahalli, yakni membersihkan jiwa dan hati dari sifat-sifat tercela dan menghiasinya dengan sifat terpuji.

Ketiga, ajaran syariat, yaitu aturan-aturan praktis (al-ahkam al-‘amaliyah) yang mengatur perilaku dan tingkah laku mukallaf, mulai dari peribadatan, pernikahan, transaksi, dan lain sebagainya.

Ajaran kedua dan ketiga itulah yang selalu seirama dengan kebudayaan nusatara yang didalamnya terdiri banyak agama ras, tradisi dan budaya. hingga selalu hidup berdampingan dalam lingkaran Bhinneka Tunggal Ika. Pemahaman yang menjujung tinggi toleransi dan persamaan hak dalam berbangsa dan bernegara

Penyeimbang Pemerintah

BPJS…? Silahkan Saja…!