3:38 pm - Rabu September 22, 8348

Olimpiade Robot Sekolah Islam Internasional

888 Viewed

Universitas Islam Indonesia (UII) didapuk menjadi tuan rumah International Islamic School Robot Olympiad (IISRO) 2015, sebuah kompetisi robot internasional bagi pelajar. IISRO yang ke-empat ini, dilaksanakan sejak 19 hingga 21 Agustus mendatang di Kampus Pusat UII dengan venue utama di GOR UII dan Auditorium Kahar Muzakkir.

sultan-hb-x-sambut-peserta-olimpiade-robot-1Qg9dRRtY8-2zq557x7nylz7xbhihfksq

Berdasarkan penjelasan ketua panitia, Beni Suranto, ada 400 peserta kontes robot yang diselenggarakannya. Mereka berasal dari beberapa negara di antaranya Malaysia, Singapura, Mesir, dan Indonesia. Di UII, mereka berlaga di sembilan kategori.

“Sembilan kategori lomba yang diadopsi dari berbagai kompetisi robot bergengsi tingkat dunia itu adalah Sumo Robot, Transporter Robot, Theatre Robot, Soccer Robot, Low Cost Robot, Rescue Robot, Aerial Robot, Mission Challenge Robot, dan Under Water Robot,” jelas Ketua Panitia International Islamic School Robot Olympiad (IISRO) IV/2015, Beni Suranto.

Dalam menyambut peserta dan seluruh Official-nya, Sultan Hamengkubuwono X melalui  Kepala Balai Pengembangan Kegiatan Belajar Disdikpora DIY, menyatakan bahwa Pemerintah Daerah DIY mengapresiasi gelaran IISRO 2015 ini sebagai salah satu wahana pengembangan kreativitas dan inovasi para pelajar, khususnya pada bidang teknologi robot. Menurutnya, penguasaan, pemanfaatan dan pengembangan Ilmi Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pencapaian tujuan negara sesuai dengan amanat UUD 1945.

“Kreativitas dan daya inovasi merupakan kunci dalam meningkatkan daya saing. Penumbuhan kreativitas dan daya inovasi dapat dilakukan dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain dengan belajar memahami persoalan, pengembangkan ide, dan gagasan, kemudian mengimplementasikan dalam bentuk penyelesaian persoalan melalui beragam stategi,” kata Sultan HB X dalam sambutan yang dibacakan Kepala Balai Pengembangan Kegiatan Belajar Disdikpora DIY, Bambang Iriyanto, Rabu (19/8/2015).

Meski acara sudah dilangsungkan sejak kemarin, IISRO baru akan diresmikan pada hari inii, Kamis (20/8) oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Setelah dibuka, akan ada malam budaya menampilkan pemenang Theatre Robot dan sejumlah Unit Kegiatan Mahasiswa UII bidang seni budaya. Sementara itu, pada acara penutupan akan dimeriahkan oleh grup nasyid kebanggaan UII.

“Pengumuman pemenang, pembagian hadiah sekaligus penutupan akan dilaksanakan Jumat (21/8) malam, dan akan dimeriahkan oleh penampilan Group Nasyid Syahada UII,” imbuhnya. (/nvb/berbagaiseumber)

Sumber : MuslimForAll

Adab dan Terkabulnya Doa

Aswaja Perspektif NU