Yang Mengugah Dari Lukisan Resolusi Jihad

0
345

Resolusi jihad sejarah perjuangan kaum nahdiyin yang kian terlupakan. Tetapi dalam muktamar kali ini cukup memberi inspirasi bagi para hadirin yang sedang berada di jombang jawa timur.

Ada hal menarik dan menyedot perhatian muktamirin maupun pengunjung yang ikut menyemarakkan perhelatan 5 tahunan NU di stand muktamar di alun-alun Jombang yaitu lukisan fenomenal yang berjudul “Resolusi Jihad Hadratus Syaikh” di stand gallery NU Art. Pengunjung maupun muktamirin yang mengunjungi stand tersebut mempunyai berbagai alasan mulai dari keinginan membeli, menanyakan maupun hanya untuk foto foto.

Pemikiran pelukis yang dituangkan dalam kain kanvas itu ide dari salah satu tokoh NU yang berinisial N (tidak mau disebut identitasnya) yang terinspirasi kegiatan muktamar yang menjunjung tinggi asas musyawarah mufakat dan berakhlaq karimah seperti saat para tokoh dan pendiri NU yang dipimpin rais akbar saat mencetuskan Resolusi Jihad.

“Saya diminta salah satu tokoh NU untuk melukis pesan muktamar yang mereferensikan Mbah Hasyim dan para kiai NU saat pencetusan Resolusi Jihad,” kata Toto Muhamad Setiawan pada NU Online di stan gallery art miliknya.

Pelukis asal Jember Jawa Timur itu saat melukis sempat ragu dan tidak percaya diri karena berkaitan dengan NU dan para ulamanya dengan kekhawatiran menyinggung perasaan umat, namun sebaliknya setelah lukisan jadi, justru sambutan dan antusias para kiai dan warga NU di luar dugaannya karena mencerminkan ketawadhuannya para kiai satu dengan kiai lainnya saling menghargai dan menghormati.sumber nu.online

Tinggalkan Balasan