12:23 pm - Minggu September 23, 2018

983 Jamaah Calhaj Brebes

717 Viewed

Sebanyak 983 Jamaah Calon Haji (Calhaj) kabupaten Brebes, dilepas sejak Ahad dan Senin (6-7/9). Pelepasan ditandai dengan jabat tangan para jamaah dan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti di Islamic Center Brebes. Ribuan pengiring hanya bisa melambaikan tangan di luar gedung setelah bis yang membawa jamaah melaju ke Asrama Donohudan untuk selanjutnya diterbangkan.

Hj Idza Priyanti berharap para calon haji Brebes sesampainya di tanah suci berkenan mendoakan rakyat dan warga Brebes agar mendapatkan kemajuan, keberkahan, dan kesejahteraan.

 

calhaj-Brebes5
Ia berpesan agar calhaj menjaga kesehatan dan kebugaran jasmani sehingga mampu melaksanakan ibadah haji lahir dan batin. Ia juga meminta calhaj tetap menjaga pola makan yang seimbang. Tidak perlu memilih makanan yang paling disukai saja.

“Yang biasanya makan tiga kali sehari, ya lakukan sebagaimana kebiasaannya untuk menjaga kesehatan tubuh,” harap Bupati saat prosesi pelepasan kloter 48 di Islamic Centre jalan Yos Sudarso Brebes, Ahad (7/9).

Selain itu, Bupati juga mengingatkan bahwa jamaah haji adalah duta bangsa, jadi berperilakulah yang santun.

“Dengan beribadah Haji semata-mata mencari ridlo Allah SWT, maka Dia akan mengangkat kita menjadi haji yang mabrur,” doa Bupati Brebes yang dibarengi Amin para pengunjung.

Sementara Kasubag TU Kankemenag Brebes H Moh Makmur Yusuf melaporkan hingga Senin pukul 10.00 WIB bahwa sebanyak enam calhaj Brebes dinyatakan batal berangkat. Hal ini karena calhaj itu mengundurkan diri karena sakit keras, hamil, dan ada yang meninggal dunia. Jadi dari data awal sebanyak 989 kini tinggal 983 calhaj yang sudah siap diberangkatkan ke tanah suci pada musim haji tahun 1436 Hijriyah.

“Ada enam calhaj yang terpaksa dibatalkan pemberangkatannya karena sakit stroke, hamil, dan meninggal dunia,” ungkapnya.

Calhaj Brebes bakal diterbangkan dari Embarkasi Adi Sumarmo Solo City pada 6, 7, 8 September dengan kelompok terbang (kloter) 47, 48, 49, dan 50. Sebelum terbang, para calhaj menjalani prosesi pemberangkatan di Islamic Center Brebes.

Untuk Kloter 47, sejumlah 40 calhaj telah diberangkatkan dari Islamic pada Ahad (6/9) siang. Kloter 47 bergabung dengan calhaj dari Pemalang. Kloter 48 sejumlah 352 calhaj dilepas dari Islamic Center Senin (7/9) pagi.

Sedang Kloter 49 yang berjumlah 354 calhaj akan berangkat dari Islamic Center Senin malamnya pukul 21.30 WIB dan Kloter 50 sejumlah 237 calhaj akan berangkat dari Islamic Center pukul 22.30 WIB. Mereka, lanjut Makmur, diberangkatkan dengan 23 bis utama dan 2 bis cadangan dari PO Dewi Sri dan PO Dedy Jaya.

Sumber : NU Online

Harga Kambing Naik 10 Persen

Murtad, Demi Dapatkan Suaka