3:45 am - Kamis November 15, 2018

Buku Migrasi Aman

972 Viewed

Pengurus harian GP Ansor Waykanan bersama sejumlah pihak membagikan secara bertahap buku referensi yang memuat panduan migrasi aman kepada 227 kepala kampung, 14 camat dan 89 SMA sederajat di daerah setempat. Penyebaran buku yang memuat informasi pasar tenaga kerja, dan panduan praktis migrasi ini, diharapkan memberikan informasi yang memadai terkait migrasi dan risikonya.

1441866761

“Buku Migrasi Aman disampaikan Gerakan Pemuda Ansor untuk seluruh aparatur kampung dan camat di daerah ini tentu akan memberikan pencerahan gamblang bagaimana sebetulnya orang itu mau bekerja ke luar negeri atau pindah dari satu tempat ke tempat lain,” ujar Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung (PMK) Waykanan Rudi Joko Kurnianto di Blambangan Umpu, Kamis (10/9).

Pihak lain yang ikut mendistribusikan buku ini antara lain alumni Sanlat BPUN Waykanan 2015, Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu), dan Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Waykanan. Buku dari International Organization for Migration (IOM) dibagikan sebagai strategi preventif utama IOM untuk mempromosikan budaya migrasi yang aman di tingkat akar rumput.

“Masyarakat Waykanan melalui aparatur kampung yang telah membaca buku ini nanti akan tahu dokumen apa saja yang harus disiapkan, termasuk fisik dan mental dan seterusnya. Informasi seperti migrasi aman di Waykanan selama ini tidak pernah ada. Dengan adanya upaya GP Ansor bekerja sama dengan pihak-pihak terkait mulai pertengahan 2014 tentu akan menjadi pencerahan,” ujar mantan Kepala Bappeda Waykanan itu pula.

Rudi mengapresiasi upaya GP Ansor Waykanan ini. “Keberadaan dan upaya-upaya positif dilakukan GP Ansor Waykanan merupakan keuntungan bagi pemerintah,” demikian Rudi.

Sumber : NU Online

 

Filed in

Gaji Untuk Penghafal Qur’an

Ma’arif Jatim Gelar Workshop Desain Sekolah dan Madrasah Unggul