5:11 am - Jumat November 16, 2018

Orientasi Pengenalan Pesantren (OP2)

941 Viewed

Orientasi Pengenalan Pesantren (OP2) merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh Pengurus Pusat IKSASS Santri untuk mengenalkan berbagai hal mengenai Pondok Pesantren kepada Santri Baru (Sabar) di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo. OP2 tahun ini diformat lebih berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika pada tahun-tahun sebelumnya Orientasi Pengenalan Pesantren ini dilaksanakan di ruang kelas, namun pada tahun ini Pengurus Pusat IKSASS yang dibantu oleh Pengurus Rayon Se-Nusantara mengadakannya di Auditorium Putra dan dilingkungan terbuka ketika pendalaman materi. Peserta juga diarahkan untuk membaca Sholawat Al-Fatih sebagai bentuk mahar seperti yang diinstruksikan oleh Pengasuh Pesantren, K.H.R. Ach. Azaim Ibrahimy.

OP2-5

Peserta Op2 juga diajak untuk berjelajah mengunjungi dhalem Pengasuh dan pada Umana’ Ma’had yang lain, dengan tujuan agar Santri Baru dapat mengetahui Umana’ Ma’had yang ada di Pondok Pesantren serta kediamannya. Peserta OP2 tahun ini mencapai 1.536 dengan dibagi menjadi 2 Gelombang, gelombang pertama untuk tingkat SD – SMP / Setara dan gelombang kedua untuk tingkat SMA – PT / Setara sejak tanggal 04 – 10 September 2015.

Orientasi Pengenalan Pesantren 2015 ini mengangkat tema “Membentuk Karakter Santri dengan Menanamkan Nilai-nilai Khidmat”, tema ini di angkat demi meluruskan niat Santri Baru yangmondok agar seperti yang didawuhkan oleh Para Pengasuh, yaitu “Mondhuk entar Ngabdi ben Ngaji”(Mondok untuk Mengabdi dan Mengaji). Semoga apa yang dicita-citakan oleh Para Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo dapat terwujud dengan tertanamnya nilai-nilai khidmat didalam diri para Santri. Aamiin.

Berikut Materi Orientasi Pengenalan Pesantren (OP2) 2015 :

  • Panji dan Bendera Syiar : K.H.R. Ach. Azaim Ibrahimy, S.Sy.
  • Mengenal Sosok Pendiri dan Pengasuh Pesantren : KH. Zainullah Johar dan KH. Hasan Basri, Lc.
  • Profil Pesantren : Asmawi Afa, S.Pd.I. dan KH. Muhyidin Chotib, M.H.I.
  • Hubungan Pesantren dan Masyarakat : Drs. Ach. Zaini Akhsin, M.Pd.I. dan H. Moh. Ikrom Hasan, A.Md.
  • Shalat Berjama’ah : Anwaruddin Rachmat BA. dan Mustofa, M.H.I.
  • Hak dan Kewajiban Santri : Karsono Abd. Djalil, M.H.I.
  • Tatakrama dan Nilai-nilai Kesantrian : Syarqowi Yasin, S.Pd.I. dan Abd. Aziz Zain, S.Pd.I.

Filed in

Parade Ahlusunnah Waljama’ah

Semifinal Liga Santri