3:43 am - Kamis November 15, 2018

PMII Usulkan 3 Perbaikan Manajemen Haji

812 Viewed

Pelaksanaan haji di tahun ini dipenuhi banyak musibah. Setelah kecelakaan crane yang menewaskan puluhan jamaah, kini tragedi mina memakan korban 700 jamaah lebih, dan 800 orang lebih mengalami luka-luka. Beberapa tragedi tersebut, menunjukkan betapa buruknya manajemen pengelolaan haji di negara tujuan haji tersebut.

lima-2zyff6g94j8iu89fvfgcui

Menanggapi fenomena tersebut, Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) mendesak kepada pemerintah Indonesia untuk mengusulkan manajemen haji yang lebih baik kepada pemerintah Arab Saudi.

“Sebagai negara dengan jumlah jama’ah haji terbesar, sangat wajar bahkan harus menuntut perbaikan itu,” ujar Ketua PB PMII bidang Komunikasi Publik, Ahmad Miftahul Karomah, Jumat (25/9).

PMII menurut Ahmad, merekomendasikan beberapa hal untuk perbaikan pengelolaan haji. “Pertama, pengelolaan haji harus melibatkan semua negara yang turut mengirimkan jama’ahnya, keselamatan jama’ah haji sangat diutamakan,” ujarnya.

Kedua, menurut Ahmad, Indonesia sebagai negara dengan jumlah Jamaah terbesar harus terlibat dalam pengelolaan manajemen haji. “Indonesia wajar meminta hal ini, karena Indonesia adalah negara dengan jumlah Jamaah terbesar,” imbuhnya.

Ketiga, PB PMII mengusulkan terbentuknya tim pengelola haji independen, yang didalamnya berisi negara Islam dan pengirim jama’ah haji.

“Kami kira ketiga hal itu dapat menjadi langkah perbaikan pengelolaan haji yang amburadul. Selama ini memang selalu terjadi masalah pada setiap pelaksanaan ibadah haji. Dua tragedi besar tahun ini harus menjadi instropeksi dan titik tolak perbaikan pengelolaan haji,” tutup Ahmad.

Sumber : NU Online

Ketika Menteri Sosial di Tolikara

Hadiah Polres Bondowoso