12:23 pm - Minggu September 23, 2018

3 Fakta Unik Air Zam-Zam

695 Viewed

Bagi Anda warga muslim, tentunya sudah tidak asing lagi bukan dengan air zam-zam yang sangat mulia dan memiliki khasiat tersendiri? Ya, air zam-zam yang ada di Makkah ini adalah sebuah sumber mata air yang memancarkan air dan konon air ini memiliki beberapa manfaat dan air zam-zam ini adalah air yang selalu dibawa oleh banyak orang ketika meninggalkan Makkah saat melakukan perjalanan haji atau umrah.

sumur-air-zam-zam-di-mekkah

Namun ada beberapa fakta unik yang tentunya harus diketahui dari adanya air zam-zamyang telah ada sejak jaman rasul ini. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa fakta unikair zam-zam.

1. Tidak Ditumbuhi Lumut
Fakta unik pertama berkaitan dengan air zam-zam ini adalah sebuah hal yang mungkin merupakan hal yang aneh. Air zam-zam yang keluar dari bawah tanah ini menempati sebuah sumur yang dibuat untuk menampung keluarnya air dan ternyata sumur tempat air zam-zam ini adalah sumur yang bersih. Bersih disini dalam arti bahwa sumur tidak ditumbuhi lumut satupun mulai dulu hingga sekarang. Sangat berbeda bukan dengan dengan sumur di sebuah rumah atau pabrik, namun ternyata ada beberapa zat yang bisa menghalangi lumut ini tumbuh di sumur zam-zam ini. Dan dengan tidak adanya lumut ini, air zam-zam terhindar dari berbagai kontaminasi.

2. Zat Anti kuman
Setelah sebelumnya kita membahas mengenai sumur air zam-zam yang bisa terhindar dari kontaminasi lumut atau tumbuhan lainnya, ternyata ada fakta unik lagi yang juga tidak jauh dari hal lain yang bisa mengganggu kebersihan air zam-zam ini. Ternyata air zam-zam memiliki beberapa zat yang berguna untuk menyembuhkan penyakit seseorang. Hal ini tentunya sudah melewati proses penelitian dan dapat dikatakan bahwa air zam-zam ini memiliki zat flourida yang sangat ampuh untuk membunuh kuman sehingga bisa digunakan untuk minuman kesehatan dan juga untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh kuman.

3. Struktur Molekul yang Cantik
Fakta unik berikutnya adalah terletak bukan dari khasiat air zam-zam ini, namun melalui struktur kimia yang dimiliki oleh air zam-zam ini. Ternyata setelah diadakan sebuah penelitian mengenai air zam-zam ini, seorang peneliti menemukan keajaiban bahwa struktur molekul yang dimiliki oleh air zam-zam ini sangat berbeda dnegan struktur molekul air biasa pada umumnya. Air zam-zam ini bisa dikatakan memiliki struktur molekul yang sangat cantik dan teratur bentuknya sehingga jika dibekukan bisa memancarkan 12 warna dan mirip dengan berlian. Tentunya hal ini yang membuat air zam-zam ini nampak istimewa daripada air lainnya.

4. Tidak Pernah Habis
Mungkin fakta yang satu ini adalah fakta yang banyak diketahui oleh Anda bukan berkaitan dengan air zam-zam ini dan ini adalah sebuah hal yang menakjubkan. Air zam-zam yang ada di Makkah ini seperti yang kita ketahui telah berasal dari jutaan tahun yang lalu, namun hingga sekarang, air zam-zam ini masih memancarkan air yang cukup banyak dan dengan banyaknya pengunjung sumur air zam-zam yang minum dan membawa pulang air ini, ternyata tidak membuat air ini berhenti dan mengalami kekeringan namun justru memancarkan lebih banyak lagi. (ALD & ERIK)

Sumber : Santri.net

Filed in

Puasa 9,10,11 Muharram

7 Sunnah Saat Datang Hujan