3:38 pm - Rabu September 22, 8247

Lokasi Donor Darah Hari Santri

798 Viewed

Berbagai kegiatan untuk menyambut Hari Santri digelar di berbagai pesantren. Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) turut mengkoordinasikan sejumlah pesantren untuk menggelar donor darah bersama pada Kamis, 22 Oktober 2015 besok.

1445412727

Bagi masyarakat yang ingin melakukan donor darah, berikut lokasi-lokasinya.
1. PBNU/Tugu Proklamasi
2. Pesantren Al Manar Azhari, Limo Depok
3. Pesantren Buntet, Cirebon Jawa Barat
4. Pesantren Al Mizan, Majalengka Jawa Barat
5. Pesantren di Tuban, Jawa Timur
6. Pesantren Lirboyo, Kediri Jawa Timur
7. Pesantren Darul Ulum, Jombang Jatim8.Pesantren Saichona Cholil, Bangkalan Madura
9. Pesantren Qomarul Huda, Bagu Lombok Tengah, NTB.
Untuk informasi selanjutnya silahkan menghubungi 081585877033 fb Santri Berdonor, twitter@SantriBerdonor.

Secara medis, donor darah sangat bermanfaat. Bagi yang menerima donor, tentu untuk menunjang kesehatannya, sedangkan bagi pendonor terdapat banyak sekali manfaat yang didapat. Dikutip dari liputan6.com yang diambil dari Boldsky, Ahad (15/6/2014) ada beberapa manfaat yang akan didapatkan ketika Anda rutin menyumbangkan darah;

1. Mengurangi penyakit jantung

Salah satu manfaat kesehatan dari mendonorkan darah secara teratur adalah membuat jantung Anda senantiasa sehat. Dengan begitu, akan meningkatkan zat besi dalam darah dan juga mengurangi kemungkinan Anda menderita penyakit jantung.

2. Membakar kalori

Mendonorkan darah secara teratur akan membantu Anda membakar kalori dalam tubuh. Tidak percaya? Bayangkan saja, ketika darah yang Anda donorkan sebanyak 450 ml, maka Anda pun kehilangan sekitar 650 kalori.

3. Menurunkan risiko kanker

Selain membantu membakar kalori, mendonorkan darah pun dapat menurunkan risiko terjadinya kanker. Termasuk kanker hati, paru-paru, usus besar, perut, dan kanker tenggorokan.

4. Meningkatkan produksi darah

Manfaat mendonorkan darah secara teratur dapat membantu merangsang produksi sel-sel darah baru. Proses mendonorkan darah ini, akan membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien.

5. Pikiran lebih stabil

Apakah Anda tahu bahwa mendonorkan darah secara rutin dapat membantu Anda menjaga pikiran tetap stabil? Inilah faktanya. Dengan mendonorkan darah, akan membuat Anda merasa lebih bahagia dan damai. Bahagia karena dapat menolong sesama dan damai dengan tubuh sendiri.

6. Bagian dari periksa kesehatan

Mendonorkan darah juga dapat digunakan sebagai uji pemeriksaan kesehatan diri sendiri. Ketika darah yang Anda miliki berada di dalam kantong darah dan diperiksa di laboratorium, maka tim medis akan melihat apakah Anda menderita suatu penyakit tertentu atau tidak. Sebab jika Anda negatif dari segala jenis penyakit, maka darah yang Anda miliki dapat disumbangkan untuk mereka yang membutuhkan. Jika tidak, maka Anda akan diberitahu apa yang sebenarnya sedang terjadi.

7. Menjadi lansia yang sehat

Banyak orang tua yang memiliki kesehatan cukup baik dan prima di usianya yang telah lanjut tersebut. Ini sebabkan karena mereka senantiasa menyumbangkan darahnya sejak muda sampai mereka tua.

8. Menurunkan kolesterol

Manfaat kesehatan lain dari mendonorkan darah secara rutin adalah akan membantu Anda untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Sumber : NU Online

Filed in

Mengenang Perjuangan Para Santri

NU Galerry