10:34 am - Minggu September 23, 2018

Menteri Agama Brunai Darussalam Mengapresiasi Ponpes Salafiyah Syafiiyah Sukorejo

1200 Viewed

Pertemuan KH Hasyim Muzadi, HM. Misbahus Salam dan DR. H Nasihin Hasan dengan Menteri Hal Ehwal Ugama atau Menteri Agama Brunei Darussalam Paduka seri setia Ustaz Haji Awang Badaruddin bin Pangarah Dato Paduka Haji Othman di Kantor Kementerian Ugama Brunei 28 Oktober 2015 membahas tentang al wasathiyatu al Islamiyah lewat ajaran Ahlussunah wal jamaah khususnya mazhab Syafii.

11061690_1166177420078613_3608283092413209321_o

Kyai Hasyim menjelaskan tentang kondisi negara negara yang mayoritas penduduk Islam bahwa negara yang paham nya sama ternyata kondusif, misalnya Saudi karena yang ada disana wahabi, Iran disana semua Syiah bahkan Masjid Sunni dulu hanya satu sekarang sudah tidak ada lagi. Di Brunei ini Semua Sunni, ternyata aman. Berbeda dengan Irak, Syiria tidak aman karena faktor perbedaan ideologi sunni – syiah, politik kekuasaan dan by design pihak yang ingin menghancurkan.

Gejala ini sekarang kata Kyai Hasyim sudah masuk ke Indonesia, oleh karena kita yang sunni ini harus memperkuat dengan jaringan dan nidham. Dan ini dapat dilakukan bila memperkuat pendidikan. Misalnya di Indoesia ada Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo Situbondo yamg memiliki 15 ribu santri dan materi pelajarannya jelas wasathiyyah dan syafii.

Merespon apa yang disampaikan Kyai Hasyim menteri Ugama Brunei sangat mengapresiasi apa yang ada di Ponpes Sukorejo itu. Saya sudah tahu sejak dulu informasi Ponpes Sukorejo yang ada Mahad Aly bidang Fiqh itu kata Ustaz Badaruddin.

Dengan memperkuat Aswaja kata Ustadz Badruddin negara selamat dari kelompok lain seperti Syiah dan wahabi. Negara Brunei ini jelas melarang Syiah masuk, karena dulu saat saya bertemu dengan Bapak Fuad Hasan, menteri pendidikan di Indonesia saya di ingatkan jangan sampai meniru Iran dengan revolusinya tapi secara ajaran berbeda dengan ajaran ahlussunah wal jamaah.

KH Hasyim Muzadi Ketika Bertemu Sultan Brunei

Sultan Brunei Tertarik Dengan Penjelasan Hasyim Muzadi Tentang Ahlussunnah Waljamaah Dan Penanganan Asap