8:45 am - Selasa November 13, 2018

Siswa Sebelum Masuk Kelas

1016 Viewed

Sekolah Menengah Kejuruan Nahdhatul Ulama’ (SMK NU) 01 Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur membiasakan siswa-siswanya shalat dhuha berjamaah sebelum masuk kelasnya masing-masing.

wpid-jilbab-soko-buri

Tia Fatmah, Staf Tata Usaha (TU) sekolah ini mengatakan, budaya tersebut dibangun atas kesadaran mereka sendiri. “Sebelum masuk kelas kita biasakan mereka shalat dhuha terlebih dahulu, meskipun tidak gampang membiasakan kegiatan ini, namun alhamdulillah pada saat ini sudah terbiasa atas kesadaran sendiri. Dan yang menjadi imam shalat ya dari salah satu di antara mereka sendiri,” katanya kepada NU online saat ditemui di kantornya. Selasa (20/10).

Tia, demikian panggilan akrabnya menambahkan, bahwa tujuan kegiatan rutunitas itu sebagai upaya meningkatkan amaliah keagamaan peserta didiknya dan membangun ciri khas di lembaga pendidikan itu. Upaya tersebut diharapkan terus dikembangkan dan dilakukan dengan istiqomah.

“Biar mereka tenang pikiran dan hatinya sebelum masuk kelas, selain itu kan siswa di sini beragam asalnya, ada yang dari pondok dan juga dari kampung, mungkin yang dari pondok kegiatan seperti ini sudah biasa, namun siswa yang dari kampung otomatis harus melebur juga,” tandasnya.

Selain itu dibudayakan juga ketertiban dalam melaksanakan shalat dhuha berjamaah dari masing-masing siswa, mereka harus shalat pada waktu yang sudah ditentukan sekolah kecuali yang berhalangan syar’i. “Sekitar pukul 07.00 WIB mereka sudah bergegas untuk melaksanakan shalat dhuha berjamaah,” ungkapnya.

Sekolah di bawah naungan Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif PC NU Jombang ini baru diresmikan pada bulan Juli 2015 lalu oleh Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko dan Wakil Gubernur Jatim, H Syaifullah Yusuf. Pada angkatan pertama sekolah ini menampung sejumlah 30 siswa dengan jurusan yang sama, yakni farmasi.

Sumber : NU Online

Kesaksian Jamaah Haji Probolinggo

Pemerintah Cepat Gratiskan Pengobatan