12:21 pm - Minggu September 23, 2018

Ekspedisi Dan Safari Kepualauan Kangean

1149 Viewed

Dalam Rangka Silaturrahmi dan Peringatan Haul Almarhumain Pada tanggal 31 oktober 2015, Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo, KHR. Ach. Azaim Ibrahimy beserta rombongan melakukan safari dan ekspedisi di kepulauan Kangean. Adapun rombongan terdiri dari beberapa keluarga dan pengurus pesantren, diantaranya, Ny.Hj. Makkiyah As’ad, Ny. Hj. Qurratul Faizah Dhafir, Ny. Hj. Uswatun Hasanah Dhafir, KH. Yusuf Nasir, Ust. Muhyiddin Khatib dan beberapa pengurus pesantren, utamanya yang berasal dari daerah kangean.

 

IMG-20151111-WA0000 IMG-20151111-WA0001

Antusias alumni kepulauan kangean dalam menyambut kedatangan KHR. Ach Azaim beserta rombongan begitu luar biasa, dibuktikan dengan penyambutan di pelabuhan kangean yang begitu menyedot banyak perhatian, bahkan sempat terjadi kemacetan, karena membludaknya masyarakat yang menyambut rombongan dari pondok pesantren salafiyah syafi’iyah. Setelah dari pelabuhan rombongan langsung menuju pondok pesantren Al-Hidayah dan istirahat serta menginap di tempat tersebut.

IMG-20151111-WA0003 IMG-20151111-WA0004 IMG-20151111-WA0002

Di antara agenda ekspedisi dan safari kepulauan kangean, yaitu silaturrahmi dan pengajian di beberapa tempat. Khususnya di daerah kepulauan kangen dan sekitarnya. Adapun daerah yang didatangi kecamatan arjasa, dan kecamatan kangayan. Selain itu juga, rombongan dari pondok pesantren salafiyah syafi’iyah sukorejo juga mendatangi pulau-pulau yang mengelilingi kepulauan kangean. Yaitu, pulau sapangkur, pulau sepanjang, dan juga pulau saobi.

 

Kedatangan rombongan tersebut bukan hanya silaturahmi dengan beberapa alumni, tapi juga penguatan peran alumni dalam bermasyarakat. Hal ini menjelaskan bahwa pesantren bukan hanya mendampingi santri dalam lingkup pondok pesanrten saja. Tapi juga berperan dalam proses perjuangan untuk melakuakn perubahan di dalam masyarakat. KHR. Azaim Ibrahimy juga berpesan kepada alumni, wali santri, dan simpatisan agar selalu menjalin hubungan kepada pesantren dan juga mengamalkan kegiatan yang sering dilakukan di pesantren. Diantaranya, membaca qosidah istighotsah dan rawatibul haddad.

Beberapa alumni, dan wali santri juga memberikan komentar bahwa, “kami berkeinginan agar pengasuh pondok pesantren salafiyah syafi’iyah sukorejo ada kunjungan tiap tahun ke daerah kepulauan kangean agar kami disini menjadi semakin bersambung dengan pondok pesantren, dan selalu mengkontrol dan mengawasi kegiatan alumni yang dipelopori oleh IKSASS. Khususnya IKSASS alumni. Kegiatan ekspedisi dan safari kepulauan di tutup dengan kegiatan khotbah yang dilaksanakan di masjid jamik kangean, di kecamatan arjasa. Dengan khotib KHR. Ach. Azaim ibrahimy.

Kegiatan yang berlangsung selama tujuh hari ini berlangsung begitu dinamis, meskipun ada beberapa agenda tambahan dalam kegiatan ekspedisi dan safari kepulauan kangean. Ucapan terima kasih patut di berikan kepada IKSASS alumni kangean yang masih solid dan kompak untuk selalu menjalin hubungan dengan pesantren.

Wallahu a’lam bis showab

Singa Padang Pasir

Santri,, Bukan Kesenangan Duniawi