9:38 pm - Selasa November 20, 2018

Obat Kencing Manis Merusak Ginjal ?

1113 Viewed

Minum obat kencing manis dalam jangka panjang tidak akan merusak ginjal. Karena obat tersebut diberikan kepada penderita kencing manis untuk mengatur atau mengendalikan kadar gula supaya tetap dalam keadaan normal atau mendekati normal. Demikian disampaikan dr Atik Yuniani melalui pesannya yang diterima NU Online, Sabtu (7/11) lalu.

v4728

Dokter spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Hajar Sidoarjo, Jawa Timur ini menyatakan, bahwa bila kadar gula darah dibiarkan tinggi tidak terkontrol dalam jangka waktu lama (bertahun-tahun), maka akan muncullah komplikasi kronik dari penyakit kencing manis.

“Jadi bukan penggunaan obat diabet jangka panjang yang membuat gangguan organ pada penderita kencing manis, tapi kadar gula darah yang tidak terkendali sehingga memicu munculnya komplikasi kronik pada penderita diabet. Komplikasi kronik tersebut meliputi mata kabur, kesemutan, mati rasa, gangguan ginjal, nyeri pada tungkai, muntah-muntah, sembelit atau diare dan lain-lain,” terang dr Atik.

Sementara, bagi pasien yang tidak mau menggunakan insulin karena takut ketergantungan atau kecanduan insulin itu kurang tepat. Pasalnya, insulin adalah salah satu obat diabet yang diberikan oleh dokter dengan indikasi tertentu. Obat kencing manis bisa berupa obat minum dan suntikan. Obat minum pada diabet pun bermacam-macam jenisnya.

“Obat itu sering kita kenal dengan glibenklamide, glimeride, glikuidone, metformin, acarbose dan lain sebagainya. Obat tersebut dapat diberikan kepada pasien diabet secara tunggal maupun kombinasi dua, tiga bahkan empat macam tergantung kondisi masing-masing pasien,” jelasnya.

Wallahu a’lam

Sumber : NU Online

Ketentuan Menjadi Imam Dan Makmum

Membeli Unta Dari Malaikat