7:47 pm - Selasa November 20, 2018

Selamat Hari Pahlawan Bangsaku…!

775 Viewed

Siapa yang tidak kenal Bung Tomo sang orator sekaligus pembakar semangat arek-arek Suroboyo dan sekitarnya. Pada 10 November 1945, pertempuran dahsyat terjadi antara pasukan Inggris atau sekutu berhadapan langsung dengan pemuda berbagai kalanagan Surabay dan sekitarnya.

Resolusi Jihad bermula saat Presiden RI Pertama, Soekarno mengirim utusan kepada KH Hasyim Asyari, menanyakan bagaimana hukumnya dalam agama Islam membela tanah air dari ancaman penjajah. KH Hasyim Asyari tidak langsung menjawab, melainkan meminta masukan kepada para kyai terlebih dahulu.

Tepat pada tanggal 21-22 Oktober 1945, KH Hasyim Asyari mengumpulkan wakil-wakil dari cabang NU di seluruh Jawa dan Madura di Surabaya. Dalam pertemuan tersebut, diputuskan bahwa melawan penjajah sebagai perang suci alias jihad, atau saat ini populer dengan istilah resolusi jihad.

Setelah resolusi jihad dicetuskan, ribuan kiai dan santri bergerak ke Surabaya. Pada 10 November 1945 atau tepatnya dua minggu setelah resolusi jihad dikumandangkan, meletuslah peperangan sengit antara pasukan Inggris melawan tentara pribumi dan juga warga sipil yang cuma bersenjatakan bambu runcing. Konon, ini adalah perang terbesar sepanjang sejarah Nusantara.

Perang yang berlangsung kurang lebih selama tiga minggu ini akhirnya dimenangkan oleh arek-arek Suroboyo. Pasukan Inggris yang tangguh itu pun lumpuh, dan bertekuk lutut.

Kisah-kisah pertempuran arek-arek Suroboyo, bersama para santri dan kyai melawan pasukan Inggris ini terekam apik dalam film ‘Sang Kyai’ yang tayang belum lama ini, termasuk adegan Bung Tomo yang sowan kepada KH Hasyim Asyari.

Saat ini bagaimana Semangat it uterus berkobar bak api yang terus beringas melahap habis padang safana. Mempertahankan NKRI baik dari penjajahan ekonomi, moral dan militer wajib untuk demi tegaknya kalimat “Merdeka…. Merdeka….. Medeka… Allahu Akbar” inilah salah satu jawaban kenapa harus ada hari santri pada tanggal 22 oktober, hal itu kita lakukan semata-mata demi menghormati dan mengenang perjuangan mereka yang gugur mempertahankan NKRI.(sumber:putramudasukorejo.blogspot.co.id) Selamat hari pahlawan…

Filed in

Jalinan Yang Penuh Makna

Kiai As`ad dan Peristiwa 10 November