3:37 pm - Selasa September 21, 5694

Cara MAU WH Tambakberas Gembleng Bahasa Asing

858 Viewed

Jombang – Banyak cara yang dilakukan sejumlah madrasah dan sekolah dalam membekali peserta didiknya dalam penguasaan bahasa asing. Untuk tahun pertama, di madrasah ini para siswa dan siswi digembleng dalam penguasaan bahasa Arab.

Setiap pagi sebelum masuk kelas, para peserta didik Madrasah Aliyah Unggulan Wahab Hasbulloh (MAU WH) Tambakberas Jombang Jawa Timur membuat lingkran kecil. Mereka diharuskan melakukan percakapan bahasa Arab sejak pukul 06.45 hingga 07.15 WIB.

“Kegiatan ini kami lakukan mulai hari Senin hingga Kamis,” kata Iktafiana Malida, Selasa, 19 Januari 2015.
Percakapan dengan menggunakan bahasa Arab tersebut dipandu dengan modul yang telah disusun pihak madrasah. “Tapi untuk hari Kamis, kami bebas melakukan percakapan, sesuai dengan tema yang disepakati kelompok, namun tetap menggunakan pengantar bahasa Arab” kata siswi kelas sepuluh ini.

Selama di halaman, para peserta didik melakukan dialog dengan teman sejawat.

Tidak berhenti sampai di situ gemblengan yang dilakukan madrasah. “Khusus hari Selasa dan Kamis, di MAU WH ada pendalaman berupa kursus bahasa Arab,” terangnya. Kegiatan tersebut dilakukan sejak pukul 07:30 hingga 08:30 WIB yang dipandu oleh ustadz senior.

Kepada media ini, Iktafiana mengaku sangat terbantu dengan upaya yang dilakukan madrasah dalam mengembangkan bahasa asing, khususnya bahasa Arab tersebut. “Saya merasa terbantu dengan bimbingan bahasa Arab ini,” ungkapnmya. Ia juga merasakan mendapat banyak tambahan mufradat atau kosakata bahasa Arab serta wawasan tentang bahasa asing tersebut dari ustadz senior yang ada.

Pendalaman bahasa Arab ini memang diberikan khusus kepada para peserta didik di tahun pertama. Sedangkan untuk tahun kedua, yakni saat memasuki kelas sebelas difokuskan kepada bahasa Inggris. (s@if)

Filed in

Kisah Pengembara Masehi

PBNU mendukung penuh revisi UU Terorisme