8:05 am - Jumat September 22, 2017

Cerita di Balik Proses Panjang Ma’had Aly

2657 Viewed

Ada proses panjang dalam pendirian Ma’had Aly Situbondo. Secara umum, berdirinya lembaga ini melewati 4 tahap; lokal, regional, nasional, dan internasional. Dlm proses lokal dilakukan pasca haul pendiri Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, KHR. Syamsul Arifin, di tahun 1988. Di situlah terbentuk tim kecil yg diketuai oleh KH. Hasan Basri, Lc. Stelah itu, tahap selanjutnya adalah regional yang dilakukan perumusan Kurikulum yang berisi tujuan, sistem/metode pembelajaran, materi pelajaran, dan tenaga pengajar. Hasil rapat ini dibawa ke tahap nasional pada acara RMI pusat yang diketuai oleh KH. Abd. Wahid Zaini Paiton. KH. Hariri Abdul Adhim dan H. Zahrowi Musa sbg delegasi menyampaikan gagasan berdirinya Ma’had Aly dg draf kurikulum sebagaimana dirancang pada tahap regional. Tanggapan peserta halaqah RMI cukup antusias. Akhirnya, respon tersebut dilaporkan ke KHR. As’ad Syamsul Arifin. Bagi beliau, tiga tahap tersebut belum cukup memantapkan hatinya dalam membuka Ma’had Aly.

Untuk itu, beliau mengutus dua orang bersaudara untuk membawa draf Ma’had Aly ke tokoh Sunni terkemuka di Tanah Suci. Mereka yang membawanya adalah KH. Yusuf Muhammad dan KH. Nadir Muhammad Jember. Di Makkah sendiri, Syekh Yasin Isa al-Fadani, Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki, dan Syeikh Muhammad bin Ismail al-Yamani, merekomendasikan berdirinya Ma’had Aly dan mereka Rahimahumullah berharap banyak lahir kader2 ulama dari lembaga ini. Singkat cerita, dua utusan di atas kembali ke tanah air dan menyampaikan restu para masyayikh Makkah kepada KHR. As’ad Syamsul.

Dengan penuh semangat, beliau dawuh: “mon de’ iyye tade’ burungnga mukka’ Ma’had Aly”. Akhirnya dibukalah lembaga ini pada 21 Pebruari 1990. Selama 26 tahun, Ma’had Aly ini sudah terdiri dari 2 marhalah (jenjang): M.1 = S.1 dan M.2 = S2. Di antara 13 Ma’had Aly yang akan dilaunching besok (30 Mei 2016), satu-satuya yang mendapatkan SK M.2 dari Menteri Agama hanyalah Ma’had Aly Salafiyah Syafiiyah Situbondo. Sejak Syawal tahun ini, Ma’had Aly akan membuka pendaftaran mahasantri baru. Akhiran, “Selamat Menyambut Formalisasi bagi 13 Ma’had Aly se-Indonesia”. Semoga istiqamah, manfaat, dan berkah.

 

Oleh: Ust. Asmuki, M.H.I,. M.Pd.I (Dosen muda Ma’had Aly Sukorejo Situbondo)

Filed in

2016 Tahun Ma’had Aly

Ma’had Aly Sebagai Lembaga Dakwah dan Akademis