2:11 pm - Rabu Oktober 18, 2017

Bagaimana Prosedur Mengurus Visa Haji Sesuai Urutan Kloter

919 Viewed
single-thumb.jpg
Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI, Abdul Djamil mengatakan bahwa proses pengurusan visa dilakukan sesuai dengan urutan kelompok terbang (kloter) jamaah haji Indonesia. Hal itu dilakukan untuk memastikan jamaah haji yang akan diberangkatkan pada kloter-kloter awal, visanya bisa segera diterbitkan.
“Sekarang pengajuan visa harus sesuai urutan kloter. Sekarang konsentrasi kita mengurus jamaah gelombang pertama yang akan mulai diberangkatkan pada tanggal 9 Agustus mendatang,” demikian penjelasan Abdul Djamil seperti dilansir situs Kemenag, Selasa, (19/7).
Menurutnya, sejak dua tahun terakhir, Pemerintah Arab Saudi menerapkan prosedur e-hajj berbasis aplikasi elektronik dalam proses penerbitan visa. Prosedur ini mengatur bahwa visa baru bisa diterbitkan setelah Pemerintah Indonesia menyampaikan aplikasi permohonan visa ke Kementerian Haji di Saudi.
Pengajuan aplikasi itu mengharuskan terpenuhinya sejumlah persyaratan, antara lain: penjelasan mengenai jaminan layanan akomodasi, konsumsi, dan transportasi bagi jamaah haji Indonesia selama di Saudi, baik di Makkah maupun Madinah.
“Kalau ini sudah kita penuhi, kita sampaikan aplikasinya ke Kementerian Haji di Saudi. Kalau sudah mendapat persetujuan, maka visa dapat dicetak di Kedutaan Arab Saudi di Indonesia,” terang Abdul Djamil.
Mantan Rektor IAIN Walisongo Semarang ini optimis kalau pengurusan visa berjalan baik disebabkan proses kontrak akomodasi, catering, dan transportasi sudah dilakukan. “Hotel di Makkah dan Madinah sudah oke. Katering sudah kontrak. Transportasi juga sudah kontrak,” tuturnya.
“Sekarang kita sedang melakukan pembinaan jamaah haji di embarkasi,” tambahnya. (Red: Fathoni)
Sumber : Nu Online

Ibrahim Sendirian Dari Maroko ke Indonesia Hanya ingin Sowan ke Mbah Maemoen Zubair Sarang

Innalillahi…! Abuya Djamaluddin Waly Meninggal Dunia