Hukum Meminjam Barang Masjid untuk Kepentingan Umum

0
979

Muslimedianews.comDeskripsi Masalah : Sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian warga Nahdliyin ketika ada kepentingan yang bersifat umum, yang memerlukan pengumuman melalui pengeras suara (speaker), maka menggunakan pengeras suara yang dimiliki oleh masjid. Padahal kepentingan tersebut tidak berkaitan dengan masjid, diantaranya seperti pengumuman orang muslim yang meninggal, pengumuman kegiatan posyandu dan lain lain. Bahkan terkadang hal itu dilakukan tanpa seijin ta’mir masjid setempat.

Pertanyaana. Bagaimana hukumnya menggunakan barang masjid (speaker) untuk kepentingan sebagaimana  deskripsi masalah tersebut di atas tapi tanpa seijin ta’mir masjid setempat?. (As’ilah dari MWC NU Jombang)

Jawaban :

Masalah tersebut perlu diperinci (ditafsil) :

Apabila speaker tersebut berstatus wakaf, maka diperbolehkan jika wakif tidak mensaratkan wakafnya hanya untuk keperluan masjid, dan sudah tradisi speaker tersebut digunakan untuk keperluan seperti pada deskripsi.

Jika speaker tersebut bukan barang wakaf, maka diperbolehkan dengan catatan terdapat maslahah yang kembali pada masjid atau masyarakat.

Referensi

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

حاشية إعانة الطالبين (1/ 69)
وَسَيَذْكُرُ الشَّارِحِ فِي بَابِ الْوَقْفِ أَنَّهُ حَيْثُ أَجْمَلَ الْوَاقِفُ شَرْطُهُ اُتُّبِعَ فِيْهِ الْعُرْفُ الْمُطَّرِدُ فِي زَمِنِهِ لِاَنَّهُ بِمَنْزِلَةِ شَرْطِ الْوَاقِفِ.
Terjemah: Apabila orang yang wakaf itu memutlakkan syaratnya maka mengikuti kebiasaan jamannya orang yang berwakaf tersebut karena kebiasaan tersebut posisinya sama dengan syarat orang yang wakaf.

الفتاوى الفقهية الكبرى (3/ 155)
وَأَنَّ الْمَسْجِدَ حُرٌّ يَمْلِك فَلَا يَجُوزُ التَّصَرُّفُ فيه إلَّا بِمَا فيه مَصْلَحَةٌ تَعُودُ عليه أو على عُمُومِ الْمُسْلِمِينَ
Terjemah: Sesungguhnya masjid itu seperti orang yang merdeka yang bisa memiliki sesuatu maka tidak dibolehkan menggunakan  barang masjid kecuali ada maslahat yang kembali kepada masjid atau untuk kepentingan orang-orang muslim

Kitab Bughyatul Mustarsyidin halaman 66:

(فَائِدَةٌ) وَلاَ يَجُوْزُ لِلْقَيِّمِ بَيْعُ الْفَاضِلِ مِمَّا يُؤْتَى بِهِ لِنَحْوِ الْمَسْجِدِ مِنْ غَيْرِ لَفْظٍ وَلاَ صَرْفُهُ فِي نَوْعٍ آخَرَ مِنْ عِمَارَةٍ وَنَحْوِهَا وَإِنِ احْتِيْجَ إِلَيْهِ مَا لَمْ يَقْتَضِ لَفْظُ الآتِيْ بِهِ أَوْ تَدُلَّ قَرِيْنَةٌ عَلَيْهِ لأَنَّ صَرْفَهُ فِيْمَا جُعِلَ لَهُ مُمْكِنٌ وَإِنْ طَالَ الْوَقْتُ .
Tidak boleh bagi pengurus untuk menjual apa yang lebih dari apa yang diberikan kepada seumpama masjid yang tidak sesuai dengan ucapan dari orang yang memberinya; dan tidak boleh pula mempergunakannya untuk kepentingan yang lain seperti untuk memakmurkan masjid dan lainnya meskipun diperlukan selama tidak sesuai dengan ucapan orang yang memberi wakaf tersebut atau selama tidak ada qarinah atau hubungan yang menunjukkannya; karena mempergunakan benda wakaf dalam hal yang telah ditentukan adalah mungkin, meskipun waktunya panjang.

HASIL RUMUSAN  AS’ILAH BAHTSUL MASA’IL KE V
LBM NU CAB. JOMBANG
Ahad, 1 Desember 2013 M / 27 Muharram 1435 H
Di  MWC NU Jombang

Pertanyaan
1. Apakah speaker masjid boleh digunakan untuk mengumumkan warga yang belum hadir dalam pemilu untuk segera hadir.
2. Apakah Mimbar dn Mike masjid bisa dipinjam keluarga masjid untuk acara pengajian di rumah warga.
Terima Kasih

Jawaban
Fasilitas masjid pada dasarnya harus digunakan untuk kepentingan masjid dan hal-hal yang berhubungan dengan fungsi masjid yakni ibadah dan syi’ar Islam, yang dalam hal ini disebut sebagai maslahah untuk masjid.

Namun untuk fasilitas-fasilitas tertentu seperti speaker diperbolehkan untuk dipergunakan secara umum dengan tetap mengedepankan maslahah masjid. Fasilitas ini adalah fasilitas masjid yang didapat dari sumbangan yang tidak diketahui ketentuan penggunaannya, serta didukung adanya kebiasaan masyarakat yang menggunakannya secara umum. Ini pun dengan syarat fasilitas tersebut tidak dibawa keluar dari area masjid.

Untuk fasilitas yang memang dibeli masjid dari dana sumbangan, hasil usaha masjid atau hasil barang waqaf masjid tidak boleh dipergunakan untuk keperluan selain yang berhubungan dengan kemakmuran dan kemaslahatan masjid. Karena pada awalnya dana-dana tersebut memang diperuntukkan untuk itu.

Dasar Pengambilan
ذهب بعض العلماء إلى أن المراد بعمارة المساجد هو بناؤها وتشييدها وترميم ما تهدم منها وهذه هى العمارة الحسية ويدل عليه قوله عليه السلام من بنى لله مسجدا ولو كمفحص قطاة بنى الله له بيتا فى الجنة وقال بعضهم المراد عمارتها بالصلاة والعبادة وأنواع القربات كما قال تعالى “فى بيوت أذن الله أن ترفع ويذكر فيها اسمه” وهذه هى العمارة المعنوية التى هى الغرض الاسمى من بناء المساجد ولا  مانع أن يكون المراد بالآية النوعين الحسية والمعنوية وهو اختيار جمهور العلماء لأن اللفظ يدل عليه والمقام يقتضيه ، روائع البيان الجزء الأول ص: 573 دار الفكر
ولا يجوز استعمال حصر المسجد ولا فراشه في غير فرشه مطلقاً سواء أكان لحاجة أم لا واستعمالها في الأعراس من أقبح المنكرات التي يجب على كل أحد إنكارها وقد شدد العلماء النكير على من يفرشها الأعراس والأفراح وقالوا يحرم
فرشها ولو في مسجد آخر والله سبحانه وتعالى أعلم. الفتاوى الكبرى الفقهية : 3/288

والجرار التي عند المساجد فيها الماء إذا لم يعلم أنها موقوفة للشرب أو للموضوء أو الغسل الواجب أو المسنون أو غسل النجاسة فأجاب أنه إذا دلت قرينة على أن الماء موضوع لتعميم الانتفاع جاز جميع ما ذكر من الشرب وغسل النجاسة وغسل الجنابة وغيرها ومثال القرينة جريان الناس على تعميم الانتفاع بالماء من غير نكير من فقيه وغيره إذ الظاهر من عدم النكير أنهم أقدموا على تعميم الانتفاع بالماء بغسل وشرب ووضوء وغسل نجاسة فمثل هذا إيقاع يقال بالجواز وقال إن فتوى العلامة عبد الله بامخرمة يوافق ما ذكره . إعانة الطالبين: 1/69

من تصدق بماء أو وقف ما يحصل منه الطهور بمسجد كذا لم يجز نقله منه لطهارة ولا لغيرها منع الناس منه أو لا لأن الماء المسبل يحرم نقله عنه إلى محل آخر لا ينسب إليه كالخلوة . الفتاوى الكبرى:

sumber via Moh. Kholili
google_ad_client = “ca-pub-4649100839183457”; google_ad_slot = “1563105255”; google_ad_width = 336; google_ad_height = 280;

Tinggalkan Balasan