4:00 pm - Kamis September 18, 1777

Cara Memperhatikan Wanita Salehah

2201 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

Semua orang berharap agar bisa hidup bahagia di dunia dan akhirat. Pendamping yang soleh dan saleha merupakan impian semua orang. Membangun keluarga sakinah, mawaddah wa rahmah adalah cita-cita setiap insan muslim yang ingin membangun kehidupannya menjadi baik dan membentuk sebuah keluarga yang baiti jannati.

Semua orang berhak menentukan pilihan. Dan pilihan itu akan menimbulkan konsekwensi yang harus kita terima. Seorang laki-laki berhak menentukan calon pendampingnya, begitu pula seorang wanita berhak untuk menerima ataupun menolaknya. Jadi Islam itu adil. Buktinya dalam Islam ada konsep kafa’ah. Kafa’ah menurut bahasa berarti kesamaan atau kesetaraan. Dalam perkawinan, yang dimaksud dengan kufu’ yaitu laki-laki sebanding dengan calon istrinya, sama kedudukan, sebanding dalam tingkat sosial dan sederajat dalam akhlaq, kekayaan dan keturunannya. Kafa’ah bukan syarat pernikahan, akan tetapi adanya sangat penting di dalam pernikahan.

Setiap laki-laki mendambakan seorang istri yang saleha. Begitu pula perempuan mendambakan seorang suami yang soleh. Sekilas penulis akan memaparkan tentang wanita saleha dalam Islam.

Wanita saleha merupakan perhiasan dunia yang paling indah dan sulit ditemukan. Yang saleha inilah yang mahal, makanya dalam hadis disebutkan bahwa wanita saleha itu seperti burung gagak yang putih kedua sayapnya. Maksudnya wanita saleha itu jarang ditemukan. Oleh karena itu, para wanita, khususnya santri Sukorejo harus berusaha menjadi gagak-gagak bersayap putih yang akan dicari oleh lelaki-lelaki saleh.

Nabi saw. bersabda : Sebaik-baik perempuan adalah istri yang jika kamu memandangnya, ia akan membahagiakanmu, jika kamu menyuruhnya, ia akan menaatimu, jika kamu pergi, ia akan menjaga harta dan harga dirimu.

Sungguh indah sekali sabda Nabi ini. Dan akan sangat indah jika banyak perempuan seperti apa yang disabdakan oleh Nabi saw. Suami mana yang tidak bangga jika dari balik wajah istrinya memancar sebuah kebahagiaan, setiap intruksi diikuti dan selalu berjuang untuk menjaga keutuhan keluarga. Sungguh saleha wanita yang mempunyai kriteria sebagaimana yang disabdakan Nabi saw.

Selain itu wanita juga perlu diperhatikan. Oleh karena itu mari kita renungkan bersama-sama pesan Rasulullah berkenaan tentang wanita: Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah saw bersabda : barang siapa beriman kepada Allah SWT dan hari akhir, hendaklah ia tidak mengganggu tetangganya. Jagalah pesanku tentang kaum perempuan agar mereka diperlakukan dengan baik. Sebab mereka diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok. Tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas. Jika engkau berusaha untuk meluruskannya, maka tulang itu akan patah. Jika engkau membiarkannya, tulang itu akan tetap bengkok. Oleh karena itu jagalah pesanku tentang kaum perempuan agar mereka diperlakukan dengan baik. (HR Bukhari Muslim)

Nabi berpesan agar kita berlaku baik kepada seorang wanita. Jangan ada KDRT (kekerasan dalam rumah tangga) dalam kehidupan keluarga. Selalu bersabar atas prilaku istri dengan menasehatinya melalui cara yang santun.

Memang harus imbang antara laki-laki dan perempuan. Jika ada saleh harus ada saleha yang mendampinginya. Wahai wanita saleha didiklah anakmu dengan baik, jagalah harta dan harga diri, patuhlah pada perintah suami selama tidak dalam kemaksiatan, tutuplah tubuh dengan lembutnya kain sutra, berhiaslah hanya untuk suami dan selalu taatlah kepada Sang Maha Penguasa. Wallahu a`lam bisshowab. (Author: Tinta Qana’ah, Img: murah.)

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Penyebab Tubuh Gemuk Setelah Menikah

Terjadi Perbudakan Istri Karena Salah Paham Dalil

Related posts