4:00 pm - Sabtu September 18, 0562

Jusuf Kalla “Pesantren Harus Tumbuhkan Jiwa Usaha!”

1433 Viewed
Jusuf Kalla "Pesantren Harus Tumbuhkan Jiwa Usaha!"
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

Bagi Jusuf Kalla atau yang lebih sering disapa JK, pesantren adalah lembaga penting yang hadir di tengah-tengah masyarakat. Lembaga in penting karena menggabungkan upaya-upaya ilmu pengetahuan dan keimanan. Kedua upaya itulah, menurut JK, adalah yang nanti meningkatkan akhlaqul karimah kita.

Akan tetapi, secara spesifik JK menginginkan pengelolaan pesantren-pesantren di Indonesia juga mengedepankan pengetahuan dunia usaha kepada santri-santri mereka.

Pengetahuan dala dunia usaha akan meningkatkan kemandirian pesantren yang akhirnya ini akan menambah manfaat pesantren secara riil terhadap lingkungan sosial sekitarnya. JK menyatakan bahwa umat Islam secara umum dapat berkembang dengan usaha.

Hal ini tentu juga memiliki dasar sejarah yakni bahwa Nabi Muhammad SAW sendiri adalah pengusaha. Beliau bukan pengusaha kacangan. Beliau adalah pengusaha sukses yang kejujurannya diakui oleh kalangan Arab waktu itu hingga beliau pun diberi gelar Al-Amin.

Menurut JK, di Indonesia sendiri, kalau semangat berusaha tinggi, khususnya bagi santri, kemandirian pun dapat dibangun. Hal ini ia ungkapkan dalam kesempatan temu Forum Saudagar Nahdatul Ulama (NU) dan Lintas Profesi di Pesantren An Nur Ngrukem Bantul (18/5).

“Di samping pengetahuan tentang agama, tentu bagaimana lembaga pendidikan pesantren ini bisa memajukan pengetahuan itu (dunia usaha),” kata JK.

Dia mengatakan, pondok pesantren yang baik itu juga harus kerjasama dengan dunia usaha. “Kalau kita semua semangatnya ke situ saya yakin pertumbuhan dunia usaha juga tinggi, apalagi kita juga tahu pendiri-pendiri NU termasuk Muhammadiyah pada dasarnya pedagang,” katanya.

JK juga menerangkan bahwa Kitab Suci Al Quran mengajarkan dan mendorong umat untuk meningkatkan ilmu pengetahuan untuk mengubah kehidupan menjadi lebih baik. Lanjutnya, Al Quran juga medorong umat untuk mandiri melalui usaha yang keras.

“Bagaimana semua ilmu itu dibawa lebih kepada kemajuan bukan hanya ilmu Al Quran, ilmu agama termasuk perkawinan itu penting, tapi juga tidak kalah penting untuk mencari penghasilan,” kata JK. (jusufkalla.info)

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Entrepreneur Muslim, Berbisnis untuk Umat

Misteri di Balik Timbangan dan Takaran

Related posts