4:07 pm - Senin September 28, 2020

Membangun Generasi Bangsa yang Bermoral!

2029 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

Memiliki anak pintar, memang gampang. Asal punya uang, bisa diikutkan bimbel. Tapi, punya anak saleh, jujur dan bermoral? Ini sangat tidak mudah untuk zaman sekarang. Nah, buku bertajuk “Cara Bijak Rasulullah Dalam Mendidik Anak”, karya Nur Kholish Rif’ani ini, memuat pedoman bagi orang tua untuk mendidik putra-putrinya berdasarkan tuntunan Nabi Saw. Diharapkan melalui buku ini, memiliki anak saleh, pintar, dan cerdas, bukan impian lagi.

Secara umum, buku ini dibagi ke dalam delapan bab. Yaitu bekal orang tua dalam mendidik anak. Mendidik anak sejak dalam kandungan. Mendidik anak sejak lahir hingga usia 3 tahun. Dari usia 4 tahun hingga 10 tahun. Dari usia 10-14 tahun. Dari usia 14 hingga 18 tahun. Peran orang tua/guru dalam mendidik anak. Dan pesan-pesan Luqmanul Hakim berkaitan dengan pendidikan anak.

Misalnya, pada usia 4-10 tahun, setiap orang tua pasti akan bahagia melihat tingkah laku anak-anak yang lucu dan menggemaskan. Namun terkadang mereka menjadi kewalahan menghadapi perilaku anak-anak yang sulit diatur dan maunya selalu menuruti kemauannya sendiri.

Bahkan tidak jarang orang tua kehilangan akal sampai menggunakan cara-cara kekerasan baik kekerasan verbal (membentak, memarahi) maupun kekerasan fisik (memukul, mencubit) demi kedisiplinan anak. Karena itu, salah satu cara mendidiknya adalah dengan memperlakukan dan mengajarkan suatu hal dengan lembut (hlm. 72).

Selain itu, ditambahkan pula diakhir bab, lampiran mengenai karakter Rasulullah baik sebagai suami, ayah, pendidik yang baik, pedagang yang jujur, panglima perang yang paling tangguh (hlm. 145-152).

Buku ini hadir di saat waktu yang tepat, dimana para orang tua dan pendidik sudah sangat sulit untuk melakukan upaya preventif terhadap hal-hal yang dapat berpotensi negatif terhadap perilaku anak, seperti acara televisi, pergaulan di luar rumah, internet, dan lain sebagainya.

Berkaitan dengan ini, Ibnu Qayyim Al-Jauziyah mengatakan: “Barang siapa yang dengan sengaja tidak mengajarkan apa yang bermanfaat bagi anaknya dan meninggalkannya begitu saja, berarti dia telah melakukan suatu kejahatan yang sangat besar. Kerusakan pada diri anak kebanyakan disebabkan dari sisi orang tua yang meninggalkan mereka dan tidak mengajarkan kewajiban-kewajiban dalam agama berikut sunnah-sunnahnya”.

Dengan membaca buku ini, kita semua diingatkan bahwa dalam mendidik anak itu harus sudah dimulai sejak memilih jodoh yang kemudian diikuti dengan pergaulan suami istri, proses pra-kelahiran hingga masa remaja, dan seterusnya. (Author: Khotibul umam)

Membangun Generasi Bangsa yang Bermoral!

Judul : Cara Bijak Rasulullah Dalam Mendidik Anak

Penulis : Nur Kholish Rif’ani

Penerbit : Realbooks

Cetakan : I, Februari 2013

Tebal : 156 halaman

ISBN : 978-602-77010-9-0

 

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Download Kamus Al Munawwir (Arab-Indonesia)

Download Kamus Al Munawwir (Arab-Indonesia)

Misteri Do’a

Related posts