2:04 pm - Jumat September 25, 2020

Sahur Setelah Imsak, Gimana tuh, Hukumnya?

2473 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

Deskripsi Masalah

 

Sering kita mendengar pengumuman dari Musholla atau Masjid menjelang waktu Subuh pada buda bulan Romadlon, bahwa waktu Imsak sudah tiba. Kadang kita mendengar pengumuman seperti itu ketika kita baru memulai sahur akibat bangun tidur lambat.

Pertanyaan:

  • Haruskah kita langsung berhenti makan begitu mendengar pengumuman itu?

Jawab:

Kewajiban berpantang makan minum dan lain-lain bagi orang yang hendak berpuasa  dimulai  dari sejak masuk waktu subuh yang ditandai dengan terbitnya fajar shodiq. Sedangkan pengumuman imsak adalah sebagai dalam rangka ihtiyath (kehatian-hatian) saja yang pada biasa dijadwal beberapa menit sebelum masuk waktu subuh. Dengan demikian, ketika waktu imsak diumumkan sesungguhnya kita masih boleh makan dan minum sampai waktu subuh benar-benar  masuk dengan yakin. Bahkan imam nawawi dalam salah satu kitabnya mengemukakan bahwa orang yang masih meragukan masuknya waktu subuh boleh makan atau minum .

وقال النووي: وقد اتفق أصحاب الشافعي على جواز الاكل للشاك في طلوع الفجر.

Imam Nawawi berkata: “sungguh benar-benar sepakat para murid imam syafi’I atas kebolehan makan bagi orang yang ragu dalah hal terbitnya fajar (waktu subuh)”. (fiqhu As-Sunnah juz 1 hal 457)

(Img: aKa3PgsuxII)

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Komentar Fiqh ketika Infotainment Mengistilahkan Zina dengan Bahasa Santun

Merapikan Alis

Related posts