8:24 am - Selasa September 22, 2020

Munculkan Frekuensi Gelombang Alpha Otak Melalui Sujud!

2478 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

Stres adalah respon atau tanggapan seseorang untuk menyesuaikan diri dari tekanan, baik internal maupun eksternal. Stres merupakan salah satu konsekuensi dari gaya hidup mederen, dengan selalu melakukan multitasking kita mudah menjadi korban kecemasan dan penyakit yang terkait stres. Stres bisa disebabkan karena banyak hal, misalnya masalah sekolah, keluarga, lingkungan, dan sebagainya. Sehingga tidak heran jika stress merupakan masalah yang paling sering dialami dan merupakan hal yang sangat ditakuti oleh kebanyakan orang.

Banyak orang ketika mengalami stres pasti mencari suasana yang sepi dan tenang untuk sekedar menghilangkan rasa stress yang dialaminya, sebut saja pantai atau gunung serta tempat-tempat lainnya yang kadang-kala sulit dijangkau atau didatangi. Namun, tempat yang paling sering dikunjung adalah di kamar mandi dengan alasan paling mudah dijangkau. Menurut mereka, saat di kamar mandi masalah terasahilangatau lenyap.

Hal yang sering ditemui juga adalah banyak dari mereka menyanyi-nyanyi dalam kamar mandi. Jika ditanya, kenapa suka menyanyi dalam kamar mandi? Jawabannya pasti karena merasa suaranya terdengar lebih bagus. Menurut sebagian orang, kamar mandi adalah salah satu tempat privat (pribadi) selain kamar tidur. Orang bisa menjadi diri mereka sendiri tanpa perlu memasang topeng di depan orang lain atau menjadi diri mereka tanpa memperdulikan pendapat atau pandangan orang lain, karena hal itu sehingga membuat orang dengan sengaja berlama-lama di dalam kamar mandi dan ternyata, kamar mandi juga dijadikan tempat favorit mereka mencari ide/inspirasi yang sampai-sampai banyak orang yang membawa hobi membacanya di kamar mandi atau mengingat-ingat hal yang telah terlupakan kemarin serta menyusun rencana-rencana selanjutnya.

Itulah realita  yang terjadi di masyarakat….

Tau tidak kenapa biasanya orang merasa tenang (merasa stres hilang) bahkan dapat ide atau inspirasi di dalam kamar mandi? Itu karena adanya aktifitas otak yang bekerja saat di kamar mandi. Aktifitas apakah itu? Semua itu berhubungan dengan bagaimana sebenarnya otak bekerja. Hal tersebut dapat diatasi jika mengetahui bagaimana otak bekerja dan bagaimana mengendalikan kerja otak. Kondisi otak dalam kamar mandi adalah kondisi yang rileks, fokus dan tanpa beban. Kondisi itulah yang memancing munculnya gelombang otak yaitu gelombang alpha. Apa itu gelombang alpha? Gelombang alpha otak adalah gelombang otak dengan frekuensi 8-12 Hz yang muncul dominan pada saat kita dalam keadaan rileks waspada, tanpa beban dan paling kreatif serta keadaan otak yang memberikan banyak manfaat yang dominan.

Menurut peneliti (dalam Olivia, 2010), kondisi alpha adalah kondisi yang memicu proses penyembuhan dengan mengurangi produksi asamlaktat dan adrenalin serta meningkatkan produksi endorphin. Keadaan ini mempercepat pengembalian tenaga dan distribusi oksigen serta nutrisi dalam tubuh. Sedangkan otak mengeluarkan sejumlah neurokimia yang mempengaruhi perilaku. Neurikimia ini mensekresikan hormin yang mempengaruhi perasaan bahagia, kecemasan, depresi, sulit tidur, dan sebagainya.  

Itulah alasan kenapa banyak orang yang suka berada dalam kamar mandi.

Namun, ternyata itu bertentangan dengan aturan agama Islam. Tahukah kalian bahwa kamar mandi adalah salah satu tempat yang paling disenangi oleh jin dan sejenisnya. Kamar mandi menjadi tempat paling disukai jin disamping tempat-tempat yang kotor seperti tempat sampah serta tempat-tempat yang sepi. Hal ini dikarenakan kamar mandi adalah tempat yang paling sering dikunjungi oleh manusia. Apakah kalian masih mau berlama-lama dalam kamar mandi??

Rasulullah Sallalahu alaihi wasallam mengabarkan bahwa banyak tempat yang disukai oleh jin, diantaranya adalah kamar mandi. Dari Zaid bin Arqam r.a. dari Nabi Muhammad Sallallahu ‘alaihi Wasallam, beliau bersabda: “Tempat-tempat buang hajat dihadiri oleh setan dengan tujuan mengganggu, karena itu Nabi menganjurkan setiap orang yang akan memasuki toilet memohon perlindungan Allah subuhanawata’ala dengan membaca,                             

اَللّهُمَّ اِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَا ئِثِ.

 “WahaiTuhanku, sesungguhnyaakuberlindungkepada-Mu darisegalakejahatandankotoran”.

Jadi apakah salah kalau kita dengan sengaja berlama-lama di dalam kamar mandi?. Tidak salah tapi sebaiknya dihindari.

Nah kalau seperti itu, dimana tempat yang cocok untuk menghilangkan stress atau mencari ide dan hal-hal lain yang biasa orang lakukan di kamar mandi berkaitan dengan masalah di atas?

Tenang. Stres tidak perlu dihilangkan dengan cara berlama-lama di kamar mandi karena dikhwatirkan syetan akan lebih mudah merayu manusia. Cukup dengan melaksanakan kewajiban utama kita sebagai ummat muslim yaitu sholat kita dapat memancing gelombang alpha muncul. Bagaimana caranya?

Diantara gerakan sholat salah satunya adalah sujud. Sujud memiliki banyak fungsi bagi kesehatan terutama bagi otak.Dengan melakukan gerakan sujud secara rutin, pembuluh darah di otakterlatih untuk menerima banyak pasokan darah. Pada saat sujud, posisijantung berada di atas kepala yamg memungkinkan darah mengalir maksimal keotak. Itu artinya, otak mendapatkan pasokan darah kaya oksigen dan memacukerja sel-selnya. Dengan kata lain, sujud yang tumakninah dan kontinyudapat memacu kecerdasan dan memungkinkan untuk otak berada dalam kondisi alpha. Pikiran dalam kondisi rileks, waspada, dan fokus. Kondisi itulah yang memancing munculnya gelombang alpha.

Dr Fidelma O’Leary, Phd Neuroscience dari St Edward’s University, mendapati fakta bahwa ada beberapa urat syaraf di dalam otak manusia yang tidak dimasuki darah. Urat ini baru bisa dimasuki darah pada saat manusia sujud. Akan tetapi, urat saraf ini hanya memerlukan darah untuk beberapa saat tertentu saja, yaitu pada waktu-waktu shalat yang telah ditetapkan (subuh, zuhur, ashar, maghrib, ‘isya). Pada saat sujud, pembuluh darah nadi balik, dikunci di pangkal paha, sehingga tekanan darah akan lebih banyak dialirkan kembali ke jantung dan dipompa ke kepala. Posisi sujud adalah cara yang maksimal untuk mengalirkan darah dan oksigen ke otak dan anggota tubuh ke kepala.

Jadi, dibantu dengan sujud yang lebih lama akan menambah kekuatan aliran darah ke otak. Hal ini sesuai dengan perintah Allah yang memerintahkan hambanya bersujud lebih lama. Nabi SAW menyuruh agar kita sujud lama-lama di raka’at terakhir, sambil banyak meminta semua keinginan kita karena sujud adalah waktu dimana manusia berada paling hampir dekat dengan Allah SWT.

By: Riskawati

Img: peribadirasulullah.wordpress

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Cara Cerdas Memberantas Malas

Transformasi Peradaban Politik Yang Humanis Dari Film Umar Bin Khattab ( OMAR)

Related posts