Pemuda Ansor Amankan Perayaan Natal Demi Toleransi

0
31

Gerakan Pemuda (GP) Ansor akan ikut mengamankan jalannya perayaan Natal. Ribuan personel diterjunkan untuk menjaga Natal berjalan dalam damai.

“Di Jabotabek 78 gereja yang minta kepada Ansor untuk dijaga pengamanannya. Kita kerahkan masing-masing gereja 30 anggota banser, total sekarang sudah diterjunkan 1.000 orang untuk di Jabotabek,” kata Ketua PP Ansor TB Ace Hasan Syadzily, kepada detikcom, Selasa (24/12/2013) malam.

Di wilayah Jawa dan beberapa wilayah lain, Ansor juga banyak menurunkan jumlah personel. Ansor memberikan pengamanan khususnya kepada gereja-gereja yang meminta bantuan secara langsung.

“Di Jawa Barat ada 5 ribu personel, karena pihak gereja minta langsung. Kita sama-sama koordinasi dengan pihak kepolisian. Di Jawa Tengah 10.000 orang, di Jawa Timur 25.000 orang, di Sulawesi Utara 500 orang, bansernya mayoritas kristiani, di Sultenga 500 orang, merata,” papar anggota Komsi VIII DPR ini.

Ace mengatakan bantuan pengamanan yang diberikan Pemuda Ansor ini salah satunya ditujukan untuk mengedukasi publik tentang kerukunan umat beragama. Masyarakat harus diingatkan kembali betapa Indonesia menjunjung tinggi toleransi antarumat beragama.

“Kita ingin menunjukkan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana umat Islam toleran terhadap umat kristiani, soal bagiamana semangat toleransi,” ujarnya. (detik)