8:07 am - Kamis September 24, 2020

Renungan Ikut-ikutan Pesta Terompet Tahun Baru

1398 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

Tentang pesta tahun baru Masehi sebenarnya sudah jelas merupakan hasil transfer kebiasaan bangsa lain yang tidak berkiblat kepada Islam. Oleh sebab itu, budaya ini menjadi keharaman untuk dikerjakan dan diterapkan dalam kehidupan seorang muslim.

Bangsa Persi kuno, dan Romawi kuno-lah yang telah melakukan aktivitas ini pada masa kejayaannya. Ia merupakan sebuah ritual yang dikhususkan untuk mengagungkan dewa api. Mereka yang merupakan kaum Majusi, yang menganggap api sebagai sesuatu yang memiliki kekuatan. Sehingga, karena kepercayaan itulah mereka menetapkan tanggal 1 Januari sebagai hari penobatan raja baru mereka, yaitu yang dipersangkakan sebagai hari terciptanya api.

Dalam perayaan tersebut, sepanjang malam mereka berpesta, menyalakan bunga-bunga api, mengkonsumsi minuman keras, dan turun kejalan-jalan.

Bukankah gambaran tersebut merupakan kesamaan dengan yang terjadi pada masa-masa sekarang ini? Sepatutnya seorang muslim menghindari aktivitas ini karena ia merupakan salah satu bentuk dari kemaksiatan yang akan mendatangkan kemurkaan Allah. Allah  berfirman, “…Allah menjadikankamu cinta akan keimanan dan menjadikan (iman) itu indah dalam hatimu, serta menjadikankamu benci kepada kekafiran, kefasikan, dankedurhakaan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus.” (QS. al-Hujurat,49:7)

Ibnu Umar ra. menyampaikan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang meniru-niru suatu kaum (tradisi identik keagamaan), maka ia termasuk bagian dari kaum tersebut.” (HR. Ahmad)

Dalam Iqtidha Sirathiil-Mustaqim, Mukhalafatu Ashabil-Jahim, ” Perbuatan meniru-niru mereka (umat kafir) dalam perayaan mereka dapat menyebabkan seseorang bangga dengan kebathilan yang ada pada mereka.”

Semoga dimengerti dan disadari!

Author: Muhammad, Saudi Arabia

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Nasihat Orang Tua pada Anaknya di Malam Tahun Baru

Menikmati Rasa Putus Asa

Related posts