2:59 am - Selasa September 22, 2020

Empat Materi Pokok dalam Berdakwah

5386 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

Maddah atau matrei dakwah adalah isi pesan atau materi yang disampaikan da’i kepada mad’u. Dalam hal ini sudah jelas yang menjadi maddah dakwah adalah ajaran Islam.[1]

Secara umum materi dakwah dapat diklasifikasikan menjadi empat pokok yaitu:

1)      Akidah

Masalah pokok yang menjadi materi dakwah adalah akidah Islamiyah. Aspek akidah ini yang akan membentuk karakter ber-taqarrub (medekatkan diri pada Allah) seorang hamba dengan haq (benar). Sebab, jika seorang hamba tidak memiliki pengetahuan tentang akidah yang benar, dikhawatirkan jalan menuju Allah bisa salah atau bahasa lumrahnya, bisa sesat. Oleh sebab itu, bagi seorang da’i, materi akidah ini harus diutamakan dalam berdakwah.

2)      Syari’ah

Hukum atau syari’ah seperti wajib, haram, sunah, makruh dan mubah. Hukum-hukum tersebut tidak saja diterangkan klasifikasinya, melainkan juga hikmah-hikmah yang terkandung didalamnya. Seorang da’i jangan hanya menyampaikan suatu hukum masalah, bahkan juga harus mampu memberi motivasi dan solusi untuk melaksanakan hukum itu. Semisal, jangan hanya menyampaikan bahwa menjadi PSK hukumnya haram, bahkan juga harus bisa memberi motivasi dengan baik dan bijak, serta memberi solusi yang jitu agar si PSK berhenti dari perbuatannya itu. Semisal, jika si PSK melakukan itu karena masalah ekonomi maka si da’i harus memberi peluang pekerjaan.

3)      Mu’amalah (interaksi sosial)

Islam merupakan agama yang menekankan urusan mu’amalah, lebih besar porsinya daripada urusan ibadah. Islam lebih banyak memperhatikan aspek kehidupan sosial daripada aspek kehidupan ritual. Islah adalah agama yang menjadikan seluruh bumi ini masjid tempat mengabdi kepada Allah SWT ibadah dalam mu’amalah di sini diartikan sebagai ibadah yang mencakup hubungan dengan Allah SWT dalam rangka mengabdi kepada Allah SWT.

Seorang da’i harus menunjukkan sikap yang baik dalam kehidpan berinteraksi. Sebenarnya, dalam hal inilah yang lebih utama dan penting dalam berdakwah. Lebih besar pengaruhnya jika berdakwah melalui sikap dalam bergaul. Dan juga, ibadah seseorang yang baik akan dinilai dari pola interaksi dalam kehidupan sosial.

4)      Akhlak

Pembahasan akhlak berkaitan dengan masalah tabiat atau kondisi temperatur batin yang mempengaruhi perilaku manusia. Ajaran akhlak dalam Islam pada dasarnya meliputi kualitas perbuatan manusia yang merupakan ekspresi dari kondisi kejiwaannya..[2]

Akhlak merupakan ekspresi mulia bagi seseorang, lebih-lebih bagi para da’i.



[1]Moh. Munir & Wahyu Ilaihi, Manajemen Dakwah, 25.

[2] Muhammad Munir dan Wahyu Ilaihi, Manajemen Dakwah, 24-28.

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Lebih Merasa Merdeka

Maulid Nabi; Perayaan atau Peringatan?

Related posts