NU Menjadi Khalayak Kunci Peta Politik Nasional

0
337

Menghadapi perhelatan pemilu 2014 banyak partai politik yang mendekati ormas besar, termasuk Nahdlatul Ulama (NU). Pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto menilai, nahdliyin memang menjadi khalayak kunci dalam peta politik nasional.

“Khalayak kunci ini memang harus diperhatikan kalau bicara konteks politik nasional,” kata Gun Gun, kepada Republika, Rabu (15/1).

Ia menilai NU merupakan ormas yang mempunyai pengaruh besar dan juga kuantitas pendukung yang jumlahnya signifikan di Indonesia.

Karenanya, wajar bagi partai politik untuk berusaha meraih dukungan dari khalayak kunci, seperti NU dan juga Muhammadiyah. Karena para tokoh dari kedua ormas tersebut juga menyebar hampir di mana-mana. “Jadi hampir seluruh partai pasti berupaya melakukan penetrasi ke basis akar rumput dari NU dan Muhammadiyah itu,” kata dia.

Menurut Gun Gun, sebaran pemilih untuk pemilu mendatang juga terbesar berada di Jawa. Jumlahnya mencapai 60 persen dari total pemilih nasional. NU juga mempunyai basis yang kuat di Jawa. “Maka ini juga jadi khalayak kunci di Jawa,” katanya. (sumber)

 

Tinggalkan Balasan