10:12 pm - Rabu September 23, 2020

NU Menjadi Khalayak Kunci Peta Politik Nasional

1409 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

Menghadapi perhelatan pemilu 2014 banyak partai politik yang mendekati ormas besar, termasuk Nahdlatul Ulama (NU). Pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto menilai, nahdliyin memang menjadi khalayak kunci dalam peta politik nasional.

“Khalayak kunci ini memang harus diperhatikan kalau bicara konteks politik nasional,” kata Gun Gun, kepada Republika, Rabu (15/1).

Ia menilai NU merupakan ormas yang mempunyai pengaruh besar dan juga kuantitas pendukung yang jumlahnya signifikan di Indonesia.

Karenanya, wajar bagi partai politik untuk berusaha meraih dukungan dari khalayak kunci, seperti NU dan juga Muhammadiyah. Karena para tokoh dari kedua ormas tersebut juga menyebar hampir di mana-mana. “Jadi hampir seluruh partai pasti berupaya melakukan penetrasi ke basis akar rumput dari NU dan Muhammadiyah itu,” kata dia.

Menurut Gun Gun, sebaran pemilih untuk pemilu mendatang juga terbesar berada di Jawa. Jumlahnya mencapai 60 persen dari total pemilih nasional. NU juga mempunyai basis yang kuat di Jawa. “Maka ini juga jadi khalayak kunci di Jawa,” katanya. (sumber)

 

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Pesan Hangat Mesut Oezil untuk Umat Islam tentang Maulid Nabi

Suasana Maulid Nabi di Istana Negara

Related posts