10:04 am - Rabu September 23, 2020

Redesain Dakwah Islam Masa Kini

2430 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.”

(QS. Al-Imron: 104)

Dalam ayat Al-Quran tersebut dapat diambil hikmah bahwasanya Allah memerintahkan kita untuk saling menyeru dan menyuruh ke jalan yang diridai Allah, atau dengan kata lain kita disuruh untuk berdakwah (baca: untuk saling mengingatkan dan menasihati dalam kebaikan). Karenanya, berdakwah merupakan kewajiban bagi semua orang, baik dari berbagai profesi serta dalam setiap multidemiensi kehidupan.

Lebih lanjut, sebagaimana diketahui bahwa dakwah Islam tidak hanya bisa dilakukan dengan ungkapan atau kata-kata, melainkan juga dengan tulisan, atau pun dengan perbuatan. Dalam berdakwah atau menyampaikan ajaran agama selain kita harus menguasai materi, kita juga harus bisa memahami budaya dari objek atau masyarakat yang menjadi sasaran dakwah kita. Sebab dari pemahaman itulah kita akan dimudahkan dalam memilih kata, metode serta strategi yang tepat untuk digunakan.

Apalagi dewasa ini perkembangan tatanan kehidupan masyarakat semakin kompleks dan bertumbuh semakin pesat sebagai dampak dari kemajuan ilmu dan teknologi, khususnya teknologi komunikasi dan informatika. Hal tersebutlah yang kemudian menuntut adanya redesain dakwah Islam, supaya bisa lebih efektif dan memiliki perimbangan desain strategi dakwah yang lebih sesuai dengan tuntutan era globalisasi.

Dakwah Masa Kini

Salah satu strategi yang bisa dilakukan dalam membangun jaringan dakwah pada masa kini adalah dengan memanfaatkan perkembangan global connection. Menilik, strategi ini adalah salah satu alternatif yang efektif dan efisien guna menyebarkan dan mengamalkan ajaran agama Islam. Karena dengan jaringan internet yang ada kita dapat meningkatkan jalinan silaturhmi antara satu dengan yang lain, selain itu melalui internet pula segala informasi dapat tersebar dan diberikan dalam waktu yang relatif singkat.

Mengingat, saat ini internet adalah media yang paling menawarkan kemudahan dalam menyediakan informasi, ketepatan akses, dan kecepatan untuk setiap informasi yang ingin diperoleh. Karena internet pun tak terikat oleh ruang, batas, jarak, dan waktu. Internet bisa diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja.

Oleh karena itu, sebagai dampak dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta globalisasi yang tak mungkin dibendung. Sekarang ini kiranya pendakwah dan kita semua haruslah mengikuti perkembangan zaman, yaitu dengan menggunakan internet sebagai media atau sarana untuk menyebar luaskan pengetahuan, informasi, dan komunikasi bagi setiap muslim di dunia.

Optimalisasi Media Online

Berdakwah dengan internet bisa dilakukan melalui media sosial atau pun website, sehingga segala informasi mengenai perkembangan Islam (aspek agama) serta pengembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi (aspek ilmu pengetahuan) pun bisa  di share-kan dan didiskusikan bersama.

Dengan media online ini dakwah pun setidaknya bisa dilakukan dengan berbagai macam pendekatan supaya dalam menyampaikan siaran keagamaan bisa mencapai hasil yang baik, yaitu dengan cara berdiskusi, pengajaran virtual, tulisan, tanya-jawab, dan layanan interaktif. Dalam merealisasikan hal tersebut, sosial media pun menjadi sarana yang paling memungkinkan untuk bisa mengoptimalkan dakwah media online ini. Karena tak dapat dipungkiri bahwa media di internet yang memiliki lalulintas hubungan terpadat dan paling sering serta banyak digunakan oleh manusia adalah media sosial.

Media-media seperti Facebook, Twitter, Blog, Email, Google Plus, Youtube, Skype, dan Instagram adalah beberapa contoh media sosial yang banyak digunakan oleh para pengguna internet dewasa ini. Oleh sebab itu, sebelum kita mulai untuk berdakwah secara massive diberbagai media itu, kita terlebih dahulu haruslah memulai untuk mem-follow atau menambahkan teman sebanyak mungkin. Atau cara jitunya yaitu dengan menyelenggarakan suatu even yang sekiranya nanti bisa mengundang para pengguna internet untuk mengikuti dan menjadi member aktif kita.

Setelah itu, media online ini pun harus didesain dan dioptimalkian dengan semaksimal mungkin. Dari menghelat diskusi bersama seperti mengadakan ‘Chatting Bersama’, tanya jawab via twitter/facebook/web, pengajaran melalui video call, serta mengadakan kajian online sampai mengadakan kajian di suatu tempat secara langsung.

Dakwah masa kini memang menuntut untuk mampu menembus batas ruang dan waktu dalam sekejap dengan biaya dan energi yang relatif terjangkau pula. Untuk itu, dakwah melalui internet yang bisa menjangkau berbagai kalangan telah menjadi salah satu pilihan utama masyarakat.

Walaupun pada hakikatnya semua media memiliki kekurangan dan kelebihan masing–masing, karenanya seorang dai haruslah pintar memilih dan menggunakan media yang tepat dalam berdakwah sehingga dakwahnya pun bisa diterima oleh masyarakat luas. Seperti halnya dalam penggunaan media internet yang juga harus pintar-pintar memilah dan menggunakan pendekatan yang tepat dan maksimal hasilnya.

Oleh: Hendra Saputra

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Media Online sebagai Sarana dalam Berdakwah

Satu Pesantren Satu Website

Related posts