9:18 am - Kamis September 24, 2020

Strategi Pengembangan Dakwah Islam Melalui Media Online

3581 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
 
Seiring dengan perkembangan teknologi pada saat ini yang hampir mencapai puncaknya, menuntut kita terutama kaum muda Islam untuk hidup serba kompetitif di berbagai macam bidang, baik bidang ekonomi, saint, dan teknologi. Sejarah telah membuktikan kepada kita bahwa dalam perjalanannya bangsa kita hanya bisa meniru dan menstransfer ilmu dari negara-negara lainya, sehingga kita hanya bisa menerima tanpa bisa memberi. Dari beberapa pengalaman, setidaknya ada beberapa harapan khususnya kaum muda Islam yang notabenenya sebagai seorang pelajar yang mempunyai intelektualitas keislaman yang cukup matang untuk terus meningkatkan daya saing, memberikan beberapa pikiran-pikiran cerdas demi pengembangan agama Islam secara umum.

Sosok pembaharu yang inofatif yang seharusnya disandang oleh kaum muda Islam yang terpelajar, akan diuji ketika dihadapkan pada item problematik, disinilah peranan kaum muda Islam yang merupakan subordinasi dari manusia pada umumnya dan umat Islam pada khususnya merasa tertuntut untuk menjawab berbagai macam persoalan terutama yang terkait dengan perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi akan terus mengalir keseluluh penjuru dunia tidak terkecuali bangsa indonesia pada umumnya, khususnya masyarakat situbondo dalam dimensi waktu yang cukup cepat dan singkat, sehingga kesiapan kita sangat ditentukan bagaimana kita mampu mendesign sebuah konsep strategi mengembangkan dakwah Islam melalui media online untuk dijadikan formulasi sebuah pijakan dalam memberdayakan masyarakat Islam sehingga efektif dan rasional dalam berkehidupan.

Strategi Dakwah

Strategi adalah perencanaan dan management untuk mencapai suatu tujuan atau siasat dan manuver untuk memenangkan sebuah persaingan, tetapi untuk mencapai tujuan dan memenangkan persaingan tersebut, kita memerlukan strategi yang tidak hanya berfungsi sebagai peta jalan yang hanya menunjukkan arah saja, melainkan harus dapat menunjukkan bagaimana operasionalnya secara teknik dan real yang harus dilakukan dalam mengahadapi perkembangan teknologi ini.

Strategi yang dapat dilakukan dalam kegiatan dakwah adalah dengan memanfaatkan media online yang merupakan salah satu idiologi bagi masyarakat masa kini. Aspek keuntungan yang diperoleh dengan pemanfaatan jaringan internet ini antara lain dapat mempererat jalinan persaudaraan antara satu dengan lainnya juga dapat memberikan informasi dalam waktu yang singkat dan dapat dengan mudah di akses oleh siapapun di seluruh dunia sehingga kita dapat dengan mudah berbagi hal keagamaan dengan cepat dan tepat.

Dakwah dapat berjalan dengan baik dan berhasil apabila seorang pendakwah dapat mengidentifikasi dan mengantisipasi masalah yang muncul dan akan menyebar di kemudian hari, untuk mengaplikasikan dakwah maka dalam dunia dakwah, kita mengenal bahwa salah satu cara agar dakwah kita diterima oleh orang lain, yaitu dengan menyampaikan dakwah tersebut dengan cara baru dan berbeda dengan yang lainnya, diantara hal yang bisa dikatakan baru dalam berdakwah adalah dengan menggunakan media online berupa internet karena semua orang dapat mengakses dengan mudah dan cepat.

Selama ini memang belum ada penelitian yang resmi mengenai efektivitas pemanfaatan internet bagi kepentingan dakwah Islam. Tapi yang pasti, dengan semakin banyaknya pengguna internet dalam beberapa tahun belakangan ini, di kalangan akademisi telah memanfaatkan sarana internet secara optimal bagi pengembangan syiar agama. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya bermunculan situs baru bernuansa Islam, merupakan langkah cerdas yang dapat memacu kreatifitas pemuda Islam lainnya.

Dakwah melalui internet ini sangat efektif karena didukung oleh sifat internet yang tidak terbatas ruang dan waktu. Materi dakwah Islam bisa disebarkan dengan cepat dan efisien. Dari segi biaya pun menjadi sangat murah. Informasi yang disebarkan lewat internet, dapat menjangkau siapapun dan di manapun asalkan yang bersangkutan mengakses internet. Sejatinya, tak hanya konsep dakwah konvensional yang dapat diberikan melalui internet, namun juga umat Islam dapat memanfaatkan teknologi ini untuk kepentingan bisnis Islami, silaturahmi dan lain-lain.

Media Online

Media online adalah sebutan umum untuk sebuah bentuk media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia seperti internet. Dari itu setidaknya ada beberapa fasilitas internet yang dapat digunakan pelaku dakwah sebagai media online dalam menyebarkan dakwahnya, diantaranya Wibsite, Facebook, Twitter, Yahoo messngger dan masih banyak yang lainnya.

Website : adalah sekumpulan halamn yang terdiri dari beberapa laman yang berisi informasi dalam bentuk digital baik teks, gambar dan animasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa dapat di akses di seluruh dunia. Oleh sebeb itu para pelaku dakwah dapat berbagi tentang keIslaman dengan cepat, akurat dan jangkauannya lebih luas.

Facebook : merupakan media sosial terbesar di dunia sehingga sangat tepat untuk dipakai sebagai strategi dakwah, kita bisa mengirim berbagai pesan dakwah melalui layanan tersebut.

Melihat realiatas tersebut di atas maka umat Islam harus mampu menguasai dan memanfaatkan sebesar-besarnya perkembangan teknologi informasi sebab internet sangat potensial untuk dimanfaatkan dalam mengembangkan dakwah Islam secara maksimal. Strategi dakwah ini sangat penting di lakukan, karena selain sebagai wadah untuk menyebarkan nilai-nilai Islami, media internet juga dapat mempererat ikatan ukhuwah Islamiyah, oleh karenanya penguasaan teknologi informasi mutlak diperlukan oleh umat Islam, karena hal itu merupakan salah satu cara paling efektif guna menyampaikan pesan dakwah terutama bagi masyarakat kekinian.

Dengan berbagai perkembangan teknologi informasi di era yang serba internet seperti saat ini, sudah saatnya dakwah bil-internet dilakukan oleh para pelaku dakwah. Hal ini karena teknologi informasi telah membuka mata dunia akan sebuah hal baru, interaksi baru, dan sebuah jaringan mendunia yang tanpa batas. Di sadari betul bahwa perkembangan teknologi yang disebut internet, telah mengubah pola interaksi masyarakat. Dengan kata lain, metode tepat merupakan sebab diterimanya dakwah dan sarana dakwah merupakan sebab tersebar luasnya dakwah. Oleh karenanya dengan perkembangan teknologi yang cukup signifikan pada beberapa dekade terakhir ini, maka layak dan tepat untuk dijadikan sarana dakwah Islam yang lebih efektif dan efisien.

Oleh: Syaihul Hady

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Lomba Opini Cyber Dakwah

Strategi Jitu Mengembangkan Dakwah Islam Melalaui Media Online

Related posts