Kalimat Penutup Pengasuh Meralat Tema Konferensi Internasional

0
52

Tanpa terasa acara besar dari rangkaian Satu Abad Sukorejo, yaitu Konferensi Internasional, telah berlalu. Acara tersebut telah menarik perhatian dari berbagai media, baik media elektronik maupun cetak. Hampir seluruh media Indonesia meliput acara yang mengahadirkan para ulama’ dari Timurt Tengah tersebut. Dari rencana acara sampai tuntas, media-media di seluruh Indonesia terus mengikuti perjalanan acara yang berlangsung selama dua hari itu.

Namun, meski banyak media yang meliput acara tersebut, tidak ada yang meliput satu berita penting dari serangkaian acara tersebut, yaitu kalimat penutup dari Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Sukorejo Situbondo. Kalimat penutup tersebut inti dari isinya adalah meralat tema acara Konferensi Internasional. Kurang lebih redaksinya begini,

الوسطي ليس وصف للاسلام . الاسلام فرسة. الاسلام كامل متكامل لا يحتاج الى وسطي.

Dengan demikian, Konferensi Internasional yang telah berlalu denga tema “PENGUATAN JARINGAN ANTAR ULAMA DAN CENDIKIAWAN MUSLIM UNTUK MENEGUHKAN NILAI-NILAI ISLAM MODERAT”, perlu diluruskan. Dalam tema tersebut, ada redaksi “ISLAM MODERAT”. Redaksi ini memberi pemahaman bahwa Islam memiliki kelompok-kelompok atau kubu-kubu. Jika  tetap begitu, berarti ada Islam Moderat, Islam Fundamental, dan Islam lain-lainnya. Padahal, Islam merupakan Agama yang universal yang tidak perlu dikelompok-kolompokkan dengan memberi “sifat” dibelakannya.

Semuanya pasti sepakat dan yakin bahwa Islam adalah Agama yang mneyerukan satu cita-cita, menuju satu arah, dan memiliki satu rasa, yaitu kebenaran Allah. Jadi, tidak perlu ada pembatasan Islam ini, Islam itu, dan lain sebagainya.

Wallahu a’lam…