9:21 am - Kamis September 24, 2020

Pemimpin Dalam Ayat Al-Qur’an

4568 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

Sebegai negara demokrasi, rakyat di seluruh Indonesia memiliki hak untuk menentukan masa depannya sendiri melalui pemimpin yang dipilihnya. Kepemimpinan adalah amanah dan titipan Allah swt, bukan sesuatu yang diminta apalagi dikejar serta diperebutkan untuk kepentingan pribadi dan kelompoknya sendiri. Sebagaimana dalam islam yang sudah final dengan NKRI, islam ahlusunnah wal jamaah.

Kepemimpinan melahirkan kekuasaan dan wewenang yang gunanya semata-mata untuk memudahkan dalam menjalankan tanggung jawab dan mengabdi untuk bangsa dan negara. Semakin tinggi kekuasaan seseorang, hendaknya semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Bukan digunakan sebagai peluang untuk memperkaya diri, bertindak zalim dan sewenang-wenang. Balasan dan upah seorang pemimpin sesungguhnya hanya dari Allah swt di akhirat kelak, bukan kekayaan dan kemewahan di dunia.

Pilih pemipin yang beriman, memiliki kapasitas kredibilitasnya  yang mampuni sebagaimana ayat-ayat berikut ini,

“Janganlah orang-orang mukmin mengambil orang-orang kafir menjadi wali dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Barang siapa berbuat demikian, niscaya lepaslah ia dari pertolongan Allah kecuali karena (siasat) memelihara diri dari sesuatu yang ditakuti dari mereka. Dan Allah memperingatkan kamu terhadap diri (siksa) Nya. Dan hanya kepada Allah kembali (mu).” (Ali Imran:28)

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang kafir menjadi wali dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Inginkah kamu mengadakan alasan yang nyata bagi Allah (untuk menyiksamu)?” (An Nisa:144)

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin (mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barang siapa di antara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang lalim.” (Al Maidah:51)

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil jadi pemimpinmu, orang-orang yang membuat agamamu jadi buah ejekan dan permainan, (yaitu) di antara orang-orang yang telah diberi Kitab sebelummu, dan orang-orang yang kafir (orang-orang musyrik). Dan bertakwalah kepada Allah jika kamu betul-betul orang-orang yang beriman.” (Al Maidah :57)

gbr.akhbarislam

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Seribu Tahun Indonesia, Diawali Satu Menit di TPS

Dilihat, Coblos, Lalu Masukkan…!!!

Related posts