11:33 pm - Rabu September 23, 2020

Testimony Hendra Saputra; Cyber Dakwah dan Gerakan Dakwah Secara Online

1926 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

Masyarakat masa kini adalah masyarakat majemuk yang menginginkan semuanya lebih praktis dan instan, sehingga kecanggihan teknologi menjadi andalan serta idaman dalam kehidupan masyarakat dewasa ini. Kecanggihan teknologi yang dapat menghilangkan segala sekat dan batas ruang serta waktu. Imbasnya, perkembangan tatanan kehidupan masyarakat yang semakin kompleks itu pun menuntut adanya efisiensi pembinaan keagamaan sebagai pondasi kehidupannya.

Maka dari itu, media dakwah secara online merupakan wasilah bagi keberhasilan dakwah yang dilakukan pada masa kini. Sebab melalui media elektronik berupa dakwah keagamaan yang lebih berkualitas dan profesional sesuai dengan tuntutan era globalisasi itulah aktivitas dakwah pun bisa bersinergi dengan perkembangan zaman yang ada. Mengingat, bagaimanapun juga pendakwah di zaman ini haruslah menempatkan diri pada posisi startegis, yaitu dengan menghadirkan dan mengikutsertakan teknologi informasi sebagai partner-nya dalam dakwah amar ma’ruf nahi munkar.

Karenanya, tepatlah rasanya bila dakwah masa kini digerakan secara online, yang salah satunya yaitu melalui media Islam cyber dakwah (www.cyberdakwah.com) yang telah berjalan selama setahun ini. Karena melalui cyber dakwah inilah kita sesama umat muslim bisa saling memberikan informasi dan pengetahuan, selain tentunya bisa menjadi media untuk berdakwah, mengajak sesama kepada kebaikan.

Mengingat dalam agama Islam sendiri juga mengajarkan bahwasanya sebaik-baik manusia adalah ia yang bermanfaat bagi orang lain. Pun dengan cyber dakwah pulalah kita bisa menyebarkan kemanfaatan dan menyiarkan nilai-nilai terpuji kepada orang lain. Apalagi saat ini, cyberdakwah.com adalah salah satu media Islam dengan jumlah traffic atau kunjungan terbanyak di Indonesia.

Oleh sebab itu, untuk mempertahankan prestasi tersebut dan menjadi media dakwah online yang lebih baik lagi cyber dakwah pun harus melakukan evaluasi dan inovasi pada media dakwahnya. Hal itu pun dilakukan supaya cyber dakwah bisa mengikuti perkembangan zaman dan trend yang dewasa kini sedang berkembang. Semisal dengan mengoptimalkan berbagai sosial media yang sedang popular di Indonesia seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Mengingat, apalagi sekarang pengguna FB di Indonesia ada sekitar 42.000.000 orang, suatu hal yang membuat Indonesia berada di urutan nomor empat dunia pengguna FB terbanyak setelah Amerika Serikat, Brazil, dan India. Sedangkan untuk pengguna twitter sendiri Indonesia menduduki peringkat ke-5 di dunia yaitu dengan 29.000.000 orang. Meski sayangnya, content dan lalulintas pembicaraan yang ada pada sosial media itu kebanyakan hanyalah berisi tentang curhat-curhatan, keluh kesah, alay-alay-an, dan lain-lain yang sekiranya kurang bermanfaat.

Untuk itu, melalui hal tersebutlah seharusnya cyber dakwah bisa mengambil peran mengisi kekosongan tersebut. Yaitu dengan  mengajukan diri sebagai sarana yang ideal untuk melakukan pembelajaran jarak jauh, baik melalui diskusi-diskusi keagamaan maupun aktivitas bermanfaat lainnya, seperti mengumpulkan sedekah atau infaq melalui sarana internet, menyajikan kisah-kisah inspiratif serta pemikiran-pemikiran para ilmuwan Islam, dan sebagainya.

Selebihnya, harapannya semoga cyber dakwah akan tetap ada dan eksis selalu. Terus menyuarakan kebenaran berdasarkan pada syariat Islam. Menjadi media Islam yang menasional bahkan mendunia. Menginspirasi generasi muda serta menjadi tempat diksusi dan kawah candradimuka bagi setiap muslim untuk menjadi muslim sejati yang benar-benar tahu bukan asal tahu mengenai kebenaran Islam.

Oleh: Hendra Saputra

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Testimony Titin; Cyber Dakwah Mudah, Murah, dan Cepat

Kiai Azaim: Ada Ujian yang Lebih Besar dari pada Ujian Nasional

Related posts