4:36 pm - Jumat September 25, 2020

Ber-kurma di Bulan Ramadhan [1]

1380 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

Marhaban ya Ramadhan…!, bulan suci yang amat mulia dari bulan-bulan lainnya. Di bulan ini kita menghabiskan banyak tenaga maupun pikiran. Sehingga terkadang tubuh kita menjadi lemah dan tidak berdaya. Akan tetapi puasa adalah suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh orang yang mampu dan mempunyai akal sempurna. Puasa pada hakikatnya adalah pelajaran bagi mereka yang beriman dan bertaqwa.

Imam al-Harali mengungkapkan, puasa pada hakikatnya dapat menyehatkan tubuh, mencerdaskan pikiran, menjernihkan hati serta mampu mengantarkan manusia menuju tingkatan mukmin (orang yang beriman) dan muhsin (orang yang baik). Benar apa yang disabdakan Rasulullah yang berbunyi “sûmû tashihhhû” (berpuasalah Engkau, maka Engkau akan sehat).

Islam menganjurkan kita menjaga kesehatan tubuh baik kesehatan jasmani maupun rohani. Rasulullah menyuruh kita untuk mengkonsumsi makanan yang bervitamin dan berprotein tinggi. Misalnya makanan atau buah-buahan yang mengandung unsur manis seperti buah kurma atau makanan apa saja yang sama mempunyai dzat manis. Anjuran ini terlebih-lebih dikhususkan kepada seseorang yang sedang berbuka puasa agar stamina tubuhnya tetap stabil dan seimbang.

Pakar kedokteran mengatakan, bahwa buah kurma mempunyai kadar gula yang cukup tinggi dan sangat baik untuk kesehatan orang yang sedang menjalankan ibadah puasa. Sebab puasa akan melemahkan tubuh manusia. Supaya tubuh bisa kembali pulih, maka kita harus banyak mengkonsumsi kadar dzat pemanis semacam buah kurma.

Nah, tulisan ini mencoba mengungkap tentang faidah dan fungsi buah kurma terhadap kesehatan tubuh. Selain itu, di bulan yang penuh berkah ini kita bisa mengamalkan hadist Rasulullah sebagai bentuk kemantapan iman dan kecintaan kita terhadap beliau.

Sekilas Tentang Buah Kurma

Buah kurma adalah pohon yang termasuk suku Arecacear. Buah ini berasal dari negeri Arab dan sudah tersebar luas ke berbagai negara. Antara lain di negara Malaysia dan Cina. Tumbuhan ini sangat cocok ditanam di tanah yang tandus dan suhu udara yang panas. Tinggi pohonnya sampai + 33 m. Tajuk lebat, kaku dan berduri di bagian pangkalnya. Buahnya berbentuk bulat lonjong. Enak dimakan dan pantas dijadikan semacam manisan, sebab memiliki kadar gula yang cukup tinggi dan mengandung dzat kumarin.

Sedangkan bijinya menghasilkan bahan minyak. Daunnya biasa difungsikan untuk bahan keterampilan atau kerajinan tangan seperti tikar dan tali-menali. Batangnya sangat kuat dan cocok untuk bahan bangunan atau perabot-perabot rumah. Anehnya, tanaman ini menyukai tempat terbuka dekat pantai, tidak menghasilkan buah bila waktu berbunganya bertepatan dengan musim hujan, dan perbanyakan dengan biji. Tanaman ini bisa juga dijadikan tanaman hias karena bentuk daun dan buahnya yang tampak indah dan sejuk dipandang.

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Rasulullah Memaklumi Perbedaan Awal Ramadlan

Ber-kurma di Bulan Ramadhan [2]

Related posts