2:14 am - Sabtu Desember 7, 2019

Panduan Lengkap Tentang Problematika Puasa yang Rawan Terjadi

1960 Viewed

Deskripsi Masalah

Di masyarakat berkembang pendapat-pendapat berkaitan dengan hal-hal yang membatalkan puasa yang tidak seragam antara satu masyarakat dengan yang lain akibat fatwa berbeda yang mereka terima dari tokoh-tokoh agama masing-masing. Sehingga terkadang menimbulkan perselisihan bahkan permusuhan antara sesama masyarakat. Misalnya kentut, kencing, buang air besar didalam air, membersihkan bagian dalam telinga, keluar darah dari anggota badan, mandi keramas, mencicipi masakan, infus, suntik, memotong berak yang seharusnya masih bisa panjang, kemasukan air dalam telinga, mengobati sakit mata dan lain-lain.

Pertanyaan

Apa saja sesungguhnya yang membatalkan puasa? Betulkah kencing, kentut, buang air besar dalam air, membersihkan telinga, keluar darah dari  anggota tubuh, mandi keramas, infus, suntik, memotog berak, muntah, sendawa (aderep), merokok  dan sejenisnya membatalkan puasa? Ada berapakah sesungguhnya ha-hal yang membatalkan puasa?

Jawaban

Pada dasarnya hal-hal yang membatalkan puasa adalah apa yang termaktub secara sharih (jelas) dalam al-Qur’an dan al-Hadist, yaitu makan, minum, haidh, nifas, dan hubungan seksual. Selain  hal-hal tersebut terdapat beberapa hal yang masih diperselisihkan ulama, antara lain:

Kentut dan Kencing di Dalam  Air

Kentut dan kencing didalam air jika diyakini adanya air atau benda lain yang masuk kedalam lubang dubur atau lubang pelir maka menurut sebagian ulama dapat membatalkan puasa. Tetapi menurut sebagian ulama yang lain tidak membatalkan puasa jika tidak melewati lubang penis (hasyafah). Karena lubang dubur, lubang pelir tidak memiliki potensi mencerna makanan.

Referensi

Nihayatu al-Zain dan Al-Minhaj al-Qawim

المنهج القويم ج: 1 ص: 508

الرابع الإمساك عن دخول عين وإن قلت كسمسمة أو لم تؤكل عادة كحصاة من الظاهر في منفذ مفتوح مع تعمده دخولها واختياره والعلم بأنه مفطر إلى ما يسمى جوفا  كباطن الأذن والأحليل وهو مخرج البول من الذكر واللبن من الثدي فإذا أدخل في شيء من ذلك شيئا فوصل إلى الباطن أفطر وإن كان لا ينفذ منه إلى الدماغ في الأولى ولم يجاوز الداخل فيه الحشفة أو الحلمة في الثانية لوصوله إلى جوف وكخريطة دماغ وصل إليها دواء من مأمومة وإن لم يصل إلى باطنها وكجوف وصل إليه طعنة من نفسه أو غيره بإذنه.

 (نهاية الزين )-ج1 ص/78

والتقطير في باطن الأذن وإن لم يصل إلى الدماغ و باطن الإحليل وهو مخرج البول من الذكر واللبن من الثدي وإن لم يصل إلى المثانة ولم يجاوز الحشفة أو الحلمة مفطر في الأصح بناء على الوجه الأول وهو اعتبار كل ما يسمى جوفا والثاني لا بناء على مقابله إذ ليس فيه قوة الإحالة…إلى أن قال… ومثل الأصبع غائط خرج منه ولم ينفصل ثم ضم دبره فدخل منه شيء إلى داخله فيفطر حيث تحقق دخول شيء منه بعد بروزه من معدته.

Berak di Air

Berak  di dalam air atau di luar air tidak dapat membatalkan puasa kecuali diyakini ada air yang masuk kedalam dubur atau berak sengaja diputus sebelum tuntas keluar.

Referensi

Mughni al-Muhtaj

حاشية البجيرمي على الخطيب – (ج 6 / ص 443(

)دُخُولُ طَرْفِ أُصْبُعٍ ) وَمِثْلُهُ غَائِطٌ خَرَجَ مِنْهُ وَلَمْ يَنْفَصِلْ ثُمَّ ضَمَّ دُبُرَهُ وَدَخَلَ شَيْءٌ مِنْهُ إلَى دَاخِلِ دُبُرِهِ حَيْثُ تَحَقَّقَ دُخُولُ شَيْءٍ مِنْهُ بَعْدَ بُرُوزِهِ ؛ لِأَنَّهُ خَرَجَ مِنْ مَعِدَتِهِ مَعَ عَدَمِ حَاجَةٍ إلَى ضَمِّ دُبُرِهِ.

Meneteskan Sesuatu ke dalam Telinga

Meneteskan sesuatu ke dalam telinga atau membersihkan telinga dengan Cotton Bud dan sejenisnya dapat membatalkan puasa jika sampai pada bagian dalam telinga (batin al-udzun). Sedang menurut pendapat yang lain tidak membatalkan puasa.

Referensi

Raudlatu al-Thalibin wa ‘Umdatu al-Muftin

روضة الطالبين وعمدة المفتين – (ج 1 / ص 270)

لا بأس بالإكتحال للصائم سواء وجد في حلقه منه طعما أم العين ليست بجوف ولا منفذ منها إلى الحلق ولو قطر في أذنه شيئا فوصل إلى الباطن أفطر على الأصح عن الأكثرين.

Keluar Darah dari Anggota Tubuh

Keluar darah dari anggota tubuh tidak membatalkan puasa kecuali darah haidh dan nifas (menurut kesepakatan ulama). Sedangkan berbekam atau bercanduk membatalkan puasa menurut sebagian ulama.

Referensi

Nihayatu al-Zain

(نهاية الزين ) (ج 1 / ص 270)

ومن مبطلات الصوم الحيض والنفاس ويجب عليهما القضاء بعد انقضاء الدم والولادة ولو لعلقة ومضغة وإن لم تر المرأة دما .

 روضة الطالبين وعمدة المفتين – (ج 1 / ص 274)

ويستحب أن يحترز عن الحجامة والعلك والقبلة والمعانقة إذا لم نحرمهما وذوق الشىء ومضغ الطعام للطفل وكل ذلك لا يبطل الصوم.

Mandi Keramas

Mandi wajib atau mandi sunnah dengan menyelam tidak membatalkan puasa meskipun dapat menyegarkan tubuh. Namun jika telah terbiasa kemasukan air ketika mandi menyelam, maka tidak boleh mandi menyelam. Jika tetap menyelam lalu kemasukan air maka puasanya batal.

Referensi

Nihayatu al-Zain dan Mughni al-Muhtaj

 ( نهاية الزين ) (ج 1 / ص 270)

والحاصل أن الصائم لو اغتسل من حيض أو نفاس أو جنابة فسبق الماء إلى جوفه لا يضر ولا نظر إلى إمكان إمالة رأسه بحيث لا يدخل شيء لعسره نعم إن عرف من عادته ذلك حرم عليه الانغماس وأفطر قطعا إن تمكن من الغسل تلك الحالة ومثل ذلك الغسل المسنون بخلاف غسل التبرد فلا يعفى عنه .

)مغني المحتاج  جزء: 1 ص: 428(

كما لا يضر اغتساله بالماء البارد وإن وجد له أثر بباطنه بجامع أن الواصل إليه ليس من منفذ ولا يضر الاكتحال وإن وجد طعمه أي الكحل بحلقه لأن الواصل إليه من المسام. 

Infus dan Suntik

Infus dan suntik dibagi menjadi tiga macam, yaitu: pengobatan (tadawiy), kekuatan daya tahan tubuh (taqwiyah), dan pengganti makanan (taghdiyyah). Dua yang pertama ulama sepakat tidak membatalkan puasa. Sedangkan infus atau suntik jenis ketiga (yang menjadi ganti makanan) ulama berbeda pendapat. Sebagian ulama mengatakan batal karena dapat mengeyangkan dan sebagian yang lain tidak membatalkan karena tidak melalui jauf yang terbuka.

Referensi

Fiqh al-Shiyam dan Mughni al-Muhtaj

)فقه الصيام 86(

ويسأل عنه الصائمون الحقن وتسمى فى بعض البلاد الإبر سواء كانت في العضل أم تحت الجلد أم في الوريد.  ومن هذا الحقن ما يؤخذ للتداوي ومنها ما يؤخذ للتقوية ومنها ما يؤخذ للتغذية. الى أن قال … أما اللذي إختلف فيه علماء العصر فهو في شأن الحقن أو الإبر اللتي تعطى من طريق الوريد ويقصد بها التغذية  مثل الجلوكوز وما شابهه. فمن العلماء من يرى هذا النوع مفطرا لأنه يحمل غذاء يصل الى داخل الجسم وينتفع به….ومن العلماء من يرى ان هذا النوع لا يفطر….

مغني المحتاج ج: 1 ص: 428

وخرج بالعين الأثر كالريح بالشم وحرارة الماء وبرودته بالذوق وبالجوف عما لو داوى جرحه الذي على لحم الساق أو الفخذ فوصل الدواء إلى داخل المخ أو اللحم أو غرز فيه حديدة فإنه لا يفطر لأنه ليس بجوف.

  • Merokok

Pada akhirnya ulama sepakat merokok dapat membatalkan puasa. Pendapat ulama sebelumnya yang mengatakan bahwa merokok tidak membatalkan puasa tidak dapat dijadikan rujukan sebab mereka telah menarik kembali pendapatnya.

Referensi

Hasyiyatu ibn Abidin dan Hawasyi al-Syarwani

إعانة الطالبين – (ج 2 / ص 260)

وفي البيجرمي: وأما الدخان الحادث الآن المسمى بالتتن – لعن الله من أحدثه – فإنه من البدع القبيحة – فقد أفتى شيخنا الزيادي أولا بأنه لا يفطر، لانه إذ ذاك لم يكن يعرف حقيقته، فلما رأى أثره بالبوصة التي يشرب بها، رجع وأفتى بأنه يفطر.

حاشية ابن عابدين ج: 6 ص: 459

 قوله والتتن الخ أقول قد اضطربت آراء العلماء فيه فبعضهم قال بكراهته وبعضهم قال بحرمته وبعضهم بإباحته أفردوه بالتأليف وفي شرح الوهبانية للشرنبلالي ويمنع من بيع الدخان وشربه وشاربه في الصوم لا شك يفطر.

حواشي الشرواني ج : 3 ص: 400

 ومن العين الدخان المشهور وهو المسمى بالتتن ومثله  التنباك فيفطر به الصائم لأن له أثرا يحس كما يشاهد في باطن العود شيخنا عبارة الكردي على بافضل وفي التحفة وفتح الجواد عدم ضرر الدخان وقال سم في شرح أبي شجاع فيه نظر لأن الدخان عين اه وعبارة بعض الهوامش المعتبرة ويفطر الصائم بشرب التنباك  لأنه بفعل فاعل يتولد منه لا أثر وقد صرح بذلك الشيخ علي بن الجمال المكي وغيره كالبرماوي علي العلامة عبد الله بن سعيد باقشير وغيرهم.

Muntah

Muntah dapat membatalkan puasa jika memenuhi tiga syarat: 1. sengaja muntah 2. atas kehendak sendiri 3. mengetahui bahwa muntah secara sengaja dalam puasa adalah haram. Jika tidak memenuhi salah satu syarat diatas maka tidak membatalkan puasa.

Referensi

Al-Muhaddzab

( المهذب ج 1 ص 182(

واستقاءة أي طلب قيء عمدا مختارا عالما بالتحريم كما مر وإن تيقن أنه لم يرجع شيء إلى جوفه كأن تقايأ منكسا ومن القيء ما لو دخلت ذبابة جوفه فأخرجها وكالقيء التجشي فإن تعمده وخرج شيء من معدته إلى حد الظاهر أفطر ولو كان ناسيا للصوم أو مكرها كما لو غلبه القيء أو جاهلا معذورا فلا فطر.وإن ستقاء بطل صومه لما روى أبو هريرة رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال من ستقاء فعليه القضاء ومن ذرعه القيء فلا قضاء عليه ولان القيء إذا صعد ثم تردد فرجع بعضه إلى الجوف فيصير كطعام بتلعه.

Keluar Mani

Keluar mani terbagi menjadi dua macam, Pertama dikehendaki atau diusahakan untuk keluar. Kedua, tidak dikehendaki atau tidak diusahakan. Jika keluarnya mani diusahakan dan dikehendaki, seperti onani, masturbasi maka membatalkan puasa secara mutlak, baik dilakukan sendiri, istri atau orang lain, baik langsung atau tidak langsung.

Jika keluar mani tampa diupayakan dan tanpa dikehendaki seperti melaui sentuhan, melihat, menghayal yang dimaksudkan bukan untuk mengeluarkan mani dan bermimpi maka hukumnya dirinci sebagaimana berikut:

  1. Jika menyentuh benda atau orang yang secara naluri seks tidak disyahwati maka tidak membatalkan puasa, bersahwat atau tidak.
  2. Jika menyentuh benda atau orang yang secara naluri seks disyahwati maka ditafsil lagi. Sebagai berikut :
    1. Bila mahramnya sendiri, maka membatalkan puasa jika disertai syahwat dan menyentuh lansung (tanpa hail). Jika tidak bersyahwat atau tidak menyentuh langsung maka tidak membatalkan puasa.
    2. Bila bukan maharamnya, maka membatalkan puasa jika menyentuh lansung (tanpa hail), baik bersyahwat ataupun tidak. Jika menyentuh tidak lansung dan tidak bersyahwat maka tidak membatalkan puasa.

Selanjutnya, jika keluar mani disebabkan melihat atau menghayal (seperti membaca buku, melihat gambar, VCD porno, dll) maka tidak membatalkan puasa, bila tidak terbiasa keluar mani (inzal). Sebaliknya,  jika terbiasa keluar mani dengan  hal tersebut, maka membatalkan. Sama halnya, bila pada saat menghayal merasakan akan keluar mani lalu hayalannya diteruskan, maka membatalkan.  Berbeda dengan keluar mani yang disebabkan mimpi, maka ulama sepakat tidak membatalkan puasa.

Referensi

Nihayatu al-Zain

(نهاية الزين ) (ج 1 / ص 270)

واستمناء أي طلب خروج المني وهو مبطل للصوم مطلقا سواء كان بيده أو بيد حليلته أو غيرهما بحائل أو لا بشهوة أو لا أما إذا كان الإنزال من غير  طلب خروج المني فتارة يكون بمباشرة ما تشتهيه الطباع السليمة أو لا فإن كان لا تشتهيه الطباع السليمة كالأمرد الجميل والعضو المبان فلا فطر بالإنزال مطلقا سواء كان بشهوة أو لا بحائل أو لا وإن كان تشتهيه الطباع السليمة فتارة يكون من محارمه وتارة لا فإن كان من المحارم وكان بشهوة وبدون حائل أفطر وإلا فلا وإن لم يكن من المحارم فإن كان بدون حائل أفطر سواء كان بشهوة أو لا أما وإن كان بحائل ولو رقيقا جدا فلا إفطار ولو بشهوة ….الى ان قال … والمراد بالشهوة أن يقصد مجرد اللذة أن يقصد خروج المني وإلا كان استمناء وهو مفطر مطلقا كما مر وخرج بالمباشرة النظر والفكر فلو نظر أو تفكر فأمنى فلا فطر ما لم يكن من عادته الإنزال بذلك وإلا أفطر ولو أحس بانتقال المني وتهيئه للخروج بسبب النظر فاستدامه حتى أنزل أفطر قطعا ولا يضر نزوله في النوم .

حاشية البجيرمي على المنهج  – (ج 5 / ص 396)

قَوْلُهُ : كَقُبْلَةٍ ) وَإِنْ أَنْزَلَ بَعْدَ سَاعَةٍ مِنْهَا حَيْثُ كَانَتْ الشَّهْوَةُ حَاصِلَةً وَالذَّكَرُ قَائِمٌ وَإِلَّا فَلَا يُفْطِرُ وَقَوْلُهُ : بِلَا حَائِلٍ قَيْدٌ لِلْمَسِّ كَمَا فِي ح ل فَهُوَ رَاجِعٌ لِمَا بَعْدَ الْغَايَةِ ؛ لِأَنَّ الِاسْتِمْنَاءَ مُفْطِرٌ مُطْلَقًا كَمَا تَقَدَّمَ وَعِبَارَةُ بَعْضِهِمْ قَوْلُهُ : بِلَا حَائِلٍ قِيلَ إنَّهُ قَيْدٌ فِي نَحْوِ اللَّمْسِ لَا فِي الِاسْتِمْنَاءِ لِأَنَّهُ يُفْطِرُ مُطْلَقًا وَفِيهِ أَنَّ الْمَعْنَى وَلَوْ كَانَ الِاسْتِمْنَاءُ بِنَحْوِ لَمْسٍ فَالْأَوْلَى أَنْ يَقُولَ وَتَرْكُ اسْتِمْنَاءٍ وَتَرْكُ إنْزَالٍ .( قَوْلُهُ : لِأَنَّهُ يُفْطِرُ بِالْإِيلَاجِ ) أَيْ وَلَوْ فِي هَوَاءِ الْفَرْجِ ، أَوْ بِحَائِلٍ وَلَوْ ثَخِينًا ، أَوْ بِغَيْرِ آدَمِيٍّ فِي قُبُلٍ ، أَوْ دُبُرٍ نَعَمْ لَا يُفْطِرُ الْخُنْثَى بِإِيلَاجِهِ وَلَا بِإِيلَاجٍ فِيهِ إلَّا إنْ وَجَبَ الْغُسْلُ عَلَى مَا مَرَّ فِي بَابِهِ فَرَاجِعْهُ .( قَوْلُهُ بِخِلَافِ مَا لَوْ كَانَ ذَلِكَ ) أَيْ اللَّمْسُ ، أَوْ الْقُبْلَةُ بِحَائِلٍ وَإِنْ رَقِّ وَهَذَا صَرِيحٌ فِي أَنَّهُ إذَا طَلَبَ إخْرَاجَ الْمَنِيِّ بِوَاسِطَةِ لَمْسٍ أَوْ مَسٍّ بِحَائِلٍ وَظَاهِرُهُ وَلَوْ تَكَرَّرَ ذَلِكَ لَا يُفْطِرُ بِخِلَافِ مَا إذَا كَانَ الِاسْتِمْنَاءُ بِغَيْرِ حَائِلٍ وَنَقَلَ شَيْخُنَا الزِّيَادِيُّ عَنْ م ر أَنَّهُ بَحَثَ أَنَّ الِاسْتِمْنَاءَ أَيْ بِيَدِهِ ، أَوْ بِيَدِ زَوْجَتِهِ يُفْطِرُ وَلَوْ مَعَ وُجُودِ حَائِلٍ لِأَنَّهُ يُشْبِهُ الْجِمَاعَ وَعَلَى هَذَا يَنْبَغِي أَنْ يَكُونَ مِثْلُ الِاسْتِمْنَاءِ بِالْيَدِ الِاسْتِمْنَاءُ بِإِدَامَةِ الْقُبْلَةِ ، أَوْ اللَّمْسِ بِحَائِلٍ.

Mengobati Mata

Ulama sepakat, mengobati mata tidak membatalkan puasa, walaupun menimbulkan rasa pada kerongkongan.

Referensi

Nihayatu al-Zain

 (نهاية الزين ) (ج 1 / ص 270)

ويؤخذ من التقييد بالمنفذ المفتوح أن الواصل بتشرب المسام لا يضر فلا يضر الاكتحال وإن وجد أثره في الحلق كما لا يضر الاغتسال بالماء وإن وجد أثر البرودة أو الحرارة بباطنه.

حاشية البجيرمي على المنهج  – (ج 5 / ص 390)

 (قَوْلُهُ ، أَوْ كُحْلٍ ) وَإِنْ وُجِدَ لَوْنُهُ فِي نَحْوِ نُخَامَةٍ وَطَعْمُهُ بِحَلْقِهِ إذْ لَا مَنْفَذَ مِنْ عَيْنِهِ لِحَلْقِهِ فَهُوَ وَاصِلٌ مِنْ الْمَسَامِّ  الى ان قال … وَالْكُحْلِ وَلَا يُكْرَهُ الِاكْتِحَالُ نَهَارًا بَلْ هُوَ خِلَافُ الْأَوْلَى وَعِنْدَ الْإِمَامِ مَالِكٍ مُفْطِرٌ.

Mencium Istri

Mencium istri diwaktu puasa menurut sebagian ulama hukumnya haram, tetapi tidak sampai membatalkan puasa. Terkecuali jika sampai keluar mani, maka dapat membatalkan puasa. Sedangkan menurut pendapat lain boleh mencium istrinya asalkan dapat menahan hawa nafsunya.

Referensi

Nihayatu al-Zain dan Al-Muhaddzab

 

(نهاية الزين ) (ج 1 / ص 270)

ويحرم نحو اللمس كالقبلة إن حرك شهوته خوف الإنزال وإلا فتركه أولى ومن خصوصياته صلى الله عليه وسلم جواز القبلة في الصوم المفروض مع قوة شهوته لأنه كان أملك الناس لإربه.

المهذب ج: 1 ص: 182

 فصل في حرمة المباشرة للصائم . ويحرم عليه المباشرة في الفرج لقوله عز وجل فالآن باشروهن إلى قوله تعالى ثم أتموا الصيام إلى الليل فإن باشرها في الفرج بطل صومه لانه أحد ما ينافي الصوم فهو كالأكل. وإن باشرها فيما دون الفرج فأنزل أو قبل فأنزل بطل صومه وإن لم ينزل لم يبطل صومه لما روى جابر قال قبلت وأنا صائم فأتيت النبي صلى الله عليه وسلم فقلت قبلت وأنا صائم فقال أرأيت لو تمضمضت وأنت صائم فشبه القبلة بالمضمضة وقد ثبت أنه إذا تمضمض فوصل الماء إلى جوفه أفطر وإن لم يصل لم يفطر فدل على أن القبلة مثله.

Sikat Gigi dan Siwak

Siwak yang berarti menggosok gigi sangat dianjurkan oleh Rasulullah saw. terutama dalam keadaan tertentu, seperti hendak shalat, bau mulut, gigi menguning dll. Namun demikian, menurut mayoritas ulama siwak setelah matahari tergelincir kearah barat dimakruhkan bagi orang yang berpuasa. Sedangkan menurut Imam Nawawi, secara mutlak tidak makruh, baik sebelum atau sesudah matahari tergelincir kearah barat (zawal).

Namun jika menggunakan pasta gigi sebaiknya lebih berhati-hati agar tidak ada pasta gigi yang masuk ke dalam kerongkongan, sekalipun rasa sejuk dan manis yang terasa didalam mulut tidak membatalkan puasa.

Referensi

Fathu al-Qarib, Al-Muhaddzab, Mughni al-Muhtaj, dan Dalil al-Mathalib

( فتح القريب ص 4)

….. إِلا بعد الزوال للصائم فرضا أو نفلا وتزول الكراهة بغروب الشمس و اختار النووي عدم الكراهة مطلقا 

دليل الطالب ج: 1 ص: 7

باب السواك . يسن بعود رطب لا يتفتت وهو مسنون مطلقا إلا بعد الزوال للصائم. فيكره ويسن له قبله بعود يابس ويباح برطب

المهذب ج: 1 ص: 13

ولا يكره إلا في حالة واحدة وهو للصائم بعد الزوال لما روى أبو هريرة أن النبي صلى الله عليه وسلم قال لخلوف الصائم أطيب ثم الله من ريح المسك والسواك يقطع ذلك فوجب أن يكره ولأنه أثر عبادة مشهود له بالطيب فكره إزالته كدم الشهداء.

Berkumur dan Menghirup Air kedalam Hidung Ketika Wudhu’

Berkumur (madhmadhah) dan menghirup air ke dalam hidung (intinsyaq) di waktu puasa hukumnya boleh. Namun sebagian ulama menganjurkan untuk tidak berlebihan ketika berkumur dan menghirup air. Jika ada air yang masuk tanpa disengaja ketika berkumur dan menghirup air, maka tidak membatalkan puasa.

Referensi

Fiqh al-Shiyam dan Syarh ibn Batthal

 ( فقه الصيام  ص 80  أو المجموع  ج 6 ص 327)

ثالثا أنه لم ينص ( الحديث ) على أن الماء إذا وصل الجوف من طريق الأنف يفطر بل كل ما فيه النهي عن المبالغة فى حالة الصوم فقد يدخل الماء عند المبالعة إلى فمه ومن فمه إلى جوفه وقد ينهى عن الشيء وإن لم يفطر وقد جاء عن بعض السلف فى أشياء متعينة قالوا لا تفطر ولكن ينهى عنها. وقد ذهب بعض الفقهاء إلى أن دخول الماء بعد الإستنشاق وإن بالغ فيه المتوضئ لا يبطل الصوم مطلقا. ذكر منهم النووي في المجموع الحسن البصري وأحمد وإسحاق وأبا ثور.

شرح ابن بطال – (ج 7 / ص 72)

اختلف العلماء فى الصائم يتمضمض أو يستنشق أو يستنثر فيدخل الماء فى حلقه، فقالت طائفة: صومه تام ولا شىء عليه، هذا قول عطاء وقتادة فى الاستنثار، وبه قال أحمد وإسحاق، وقال الحسن: لا شىء عليه إن مضمض فدخل الماء فى حلقه.

Pertanyaan

Bagaimana cara mencicipi masakan agar tidak sampai membatalkan puasa dan seukuran apa yang boleh dicicipi?

Jawaban

 

Pada dasarnya mencicipi makanan sekedarnya tidak membatalkan puasa, asalkan apa yang telah dicicipi itu tidak ditelan. Jika makanan yang dicicipi ditelan maka dapat membatalkan puasa.

Referensi

Fiqh al-Shiyam dan  Al-Bajuri

(فقه الصيام ،ص 81)

وقال إبن عباس لا بأس أن يتطعم القدر او الشيء أي يتذوقه .

(فقه الصيام، ص 93)

وإذا ذاق الصائم بلسانه شيئا ولم يصل حلقه لم يفطر لأن الفطر بوصول شيء إلى جوفه ولم يوجد والفم فى حكم الظاهر.

(الباجوري ج 1 ص 82)

وخرج بالعين الريح والطعم فلا أثر لما يجده الشخص فى فمه من ريح الطيب و طعم الحلاوة مثلا.

Pertanyaan

Bagaimana hukumnya matotok –Madura (makan, minum, atau merokok) antara waktu imsak sampai adzan subuh dikumandangkan?

Jawaban

 

Makan, minum, atau merokok antara waktu imsak dan adzan subuh (sebagai tanda datangnya fajar shadiq) tidak membatalkan puasa. Sebab, waktu puasa dimulai sejak fajar shadhiq terbit sampai matahari terbenam. Sedangkan, waktu antara imsak dan adzan subuh belum masuk waktu puasa karena fajar shadiq masih belum terbit.

Penetapan waktu imsak sebelum fajar shadiq dimaksudkan untuk lebih berhati-hati (ihtiyath), sebab tidak seorang pun mengetahui secara pasti kapan fajar shadiq terbit. Jadi waktu imsak adalah waktu yang masykuk.

Referensi

Al-Mughni dan  I’anatu al-Thalibin

(المغني ج: 3 ص: 4)

قال ابن عبد البر في قول النبي صلى الله عليه وسلم إن بلالا يؤذن بليل فكلوا واشربوا حتى يؤذن ابن أم مكتوم دليل على أن الخيط الأبيض وأن السحور لا يكون إلا قبل الفجر وهذا إجماع لم يخالف فيه إلا الأعمش وحده فشذ ولم يعوج أحد على قوله والنهار الذي يجب صيامه من طلوع الفجر إلى غروب الشمس قال هذا قول جماعة علماء المسلمين.

(المجموع – (ج 6 / ص 306)

وقد اتفق أصحابنا علي جواز الاكل للشاك في طلوع الفجر وصرحوا بذلك فممن صرح به الماوردى والدارمى والبندنيجي وخلائق لا يحصون.

Pertanyaan

Apakah makan-minum, senggama dapat membatalkan niat yang dilakukan sebelumnya?. Apakah harus mengulangi niatnya? Misalnya niat ba’da tarawih, setelah itu lalu berhubungan dengan istrinya.

Jawaban

Makan minum, senggama dan sejenisnya yang dilakukan setelah niat tidak membatalkan niat sebelumnya. Jadi tidak perlu mengulangi niatnya lagi.

Referensi

Al-’Iqna’ dan Syarh Zubad

(الإقناع للشربيني ج: 1 ص: 236)

ولا يشترط للتبييت النصف الأخير من الليل   ولا يضر الأكل  والجماع بعدها ولا يجب تجديدها إذا نام بعدها ثم تنبه ليلا.

شرح زبد ابن رسلان ج: 1 ص: 155

ولا يضر الأكل  أو الجماع ولا يجب تجديدها إذا نام ثم تنبه قبل الفجر.

Pertanyaan

Bolehkah perempuan menggunakan obat-obatan untuk menunda haidh agar dapat menyempurnakan puasanya tanpa qadha’?

Jawaban

Menggunakan obat-obatan untuk menunda haidh hukumnya boleh. Akan tetapi sebelum menggunakannya hendaknya dikonsultasikan terlebih dahulu ke ahli medis untuk mengetahui apakah menggunakan obat-obatan semacam itu berbahaya atau tidak.

Referensi

Fiqh al-Shiyam

(فقه الصيام, 40-41)

تناول الحبوب التى تؤخر الحيض :  ومن المسلمات من يسأل عن تناول الحبوب التى تؤخر الحيض مثل الحبوب التى تتعاطى لمنع الحمل : هل يجوز للمسلمة ان تتناولها  فتستمتع بصيام الشهر كله  وقيامه كله فلا يفوته شيئ من صيام أيامه ولا قيام لياله؟

والذى يوافق عمل المسلمين فى خير القرون  أن تساير المرأة الفطرة التى فطر الله الناس عليها. وهذا الأمر كتبه الله على بنات أدم  كما صح فى الحديث ولا حرج على المسلمة أن تفطر  وتقضي ما فتاها بعد رمضان كما كان يفعل نساء السلف الصالح.على أن تناول هذه الحبوب ليس ممنوعا شرعا إذ لا دليل على منعه مالم يكن من ورائه ضرر للمرأة. ولهذا يحسن أن يكون باستشارة طبيب مختص أو تكون معتادة من قبل…..

وقد نص بعض فقهاء المتأخرين  على جواز تناول ما يرفع الحيض.  فقد ذكر الشيخ مرعى فى دليل الطالب من كتب الحنابلة : أن للأنثى شرب دواء مباح لحصول الحيض ولقطعه. قال شارحه صاحب منار السبيل : لإن الأصل الحل حتى يرد التحريم ولم يرد.

Ì Pertanyaan

Bagaimana jika kata ramadhan dalam niat puasa dibaca ramadhana (dengan harkat fathah)? Apakah sampai membatalkan puasa? Bagaimana niat puasa yang benar.

Jawaban

Secara nahwi (tata bahasa), seharusnya kata ramadhana dibaca jar karena di idhafahkan pada kata hadzihis sanah. Tetapi tidak sampai membatalkan puasa, sebab kesalahan hanya dalam talaffudlnya (pengucapan ), bukan dalam substansi niat yang terdapat dalam hati.

Referensi

Nihayatu al-Zain dan Al-Bajuri

(نهاية الزين)

وعبارة المنهاج كالمحرر كمال التعيين   نويت صوم  غد عن أداء فرض رمضان هذه السنة لله تعالى إيمانا واحتسابا بإضافة رمضان إلى ما بعدها لتتميز عن أضدادها ويغني عن ذكر الأداء أن يقول عن هذا الرمضان واحتيج لذكره مع هذه السنة وإن اتحد محترزهما إذ هذه السنة لا يكون إلا قضاء لأن لفظ الأداء يطلق ويراد به الفعل كذا قاله الرملي

 (الباجورى ج 1 ص 289)

واكمل نية صومه أن يقول الشخص نويت صوم غد عن اداء فرض رمضان هذه السنة لله تعالى. قوله رمضان هذه السنة بإضافة رمضان الى اسم الإشارة لتكون الإضافة معينة لكون رمضان هذه السنة وأيضا على عدم الإضافة تكون هذه السنة ظرفا لقوله نويت وهو فاسد لإن ظرف النية اللحظة التى وقعت فيها من الليل لا السنة.

 Pertanyaan

Bolehkan berniat berpuasa sebulan sekaligus, tidak perhari seperti yang di praktikkan masyarakat selama ini?

Jawaban

Menurut sebagian ulama tidak boleh, sebab tiap-tiap hari dalam puasa ramadhan merupakan ibadah tersendiri. Sedangkan menurut madzhab Imam Malik boleh. Ibnu Hajar pengikut madzhab Syafi’i bahkan meyarankan untuk berniat diawal bulan puasa sebulan penuh, untuk menutup hari-hari yang lupa tidak berniat.

Referensi

Fath al-Mu’in dan Fiqh al-Shiyam

(فتح المعين ج: 0 ص: 221)

فلو نوى أول ليلة من رمضان صوم جميعه لم يكف لغير اليوم الأول  قال شيخنا لكن ينبغي ذلك ليحصل له صوم اليوم الذي نسي النية فيه عند مالك كما تسن له أول اليوم الذي نسيها فيه ليحصل له صومه عند أبي حنيفة  وواضح أن محله إن قلد وإلا كان متلبسا بعبادة فاسدة في اعتقاده.

(فقه الصيام 70)

 وذهب الإمام مالك الى ان نية الصيام فى اول ليلة من رمضان كافية للشهر كله ومغنية عن تجديد نية لكل ليلة باعتبار صوم رمضان عملا واحدا و عبادة واحدة وان كانت موزعة على الأيام.

Pertanyaan

Adakah pendapat yang tidak mewajibkan qadha’ dan bayar fidyah bagi wanita hamil dan menyusui?

Jawaban

Ada, dan boleh dijadikan fatwa. Sebab al-fatwa min haitsu ad-dalil dan al-amal min haitsu al-ihtiyath.

Referensi

Raudhatu al-Thalibin dan Tafsir Ibn Katsir

 

روضة الطالبين وعمدة المفتين – (ج 1 / ص 279(

الطريق الثاني لوجوب الفدية ما يجب لفضيلة الوقت وذلك في صور فالحامل والمرضع إن خافتا على أنفسهما أفطرتا وقضتا ولا فدية كالمريض.

(تفسير ابن كثير – ج 1 / ص 501)

ومما يلتحق بهذا المعنى: الحامل والمرضع، إذا خافتا على أنفسهما أو ولديهما، ففيهما خلاف كثير بين العلماء، فمنهم من قال: يفطران ويفديان ويقضيان. وقيل: يفديان فقط، ولا قضاء. وقيل: يجب القضاء بلا فدية. وقيل: يفطران، ولا فدية ولا قضاء. وقد بسطنا هذه المسألة مستقصاة في كتاب الصيام الذي أفردناه .

 Pertanyaan

Sakit apa saja yang tidak mewajibkan seorang untuk melakukan puasa?

Jawaban

Sakit yang menyebabkan seseoran tidak wajib untuk melakukan puasa yaitu sakit apapun yang bisa meyebabkan seorang tidak mampu melakukan puasa atau semakin memperparah sakitnya jika ia berpusa. Menurut Imam ar-Romli sakit yang menyebabkan seseoran tidak wajib untuk melakukan puasa ialah sakit yang bisa menyebabkan seseorang boleh melakukan tayammum.

Referensi

Raudhatu al-Thalibin dan Hasyiyata Qalyubi Wa ‘Umairah

 (روضة الطالبين وعمدة المفتين – ج 1 / ص 274)

فالمرض والسفر مبيحان بالنص والاجماع ولو كان مقيما صحيح البدن ثم شرط كون المرض مبيحا أن يجهده الصوم معه فيلحقه ضرر يشق احتماله على ما ذكرنا من وجوه المضار في التيمم. ثم المرض إن كان مطبقا فله ترك النية بالليل وإن كان يحم وينقطع نظر إن كان محموما وقت الشروع فله ترك النية وإلا فعليه أن ينوي من الليل ثم إن عاد واحتاج إلى الافطار أفطر.

 حاشيتا قليوبي – وعميرة – (ج 5 / ص 343)

ضَبَطَ الْإِمَامُ الْمَرَضَ بِمَا يَمْنَعُ مِنْ التَّصَرُّفِ مَعَ الصَّوْمِ . وَنُقِلَ عَنْ شَيْخِنَا الرَّمْلِيِّ أَنَّ مَا يُبِيحُ التَّيَمُّمَ مُجَوِّزٌ لَا مُوجِبٌ وَمَا لَا يُبِيحُهُ لَا يَجُوزُ مَعَهُ الْفِطْرُ وَأَنَّهُ لَا يَجِبُ إلَّا عِنْدَ خَوْفِ الْهَلَاكِ ، وَلَمْ يَرْتَضِهِ شَيْخُنَا ، وَالْوَجْهُ مَا قَالَهُ شَيْخُنَا .وَمِثْلُ الْمَرَضِ غَلَبَةُ جُوعٍ وَعَطَشٍ لَا نَحْوُ صُدَاعٍ وَوَجَعِ أُذُنٍ وَسِنٍّ خَفِيفَةٍ.

 

Ì Pertanyaan

Bagaimana menyikapi perbedaan ulama berkaitan dengan hal-hal yang membatalkan puasa? Pendapat manakah yang dapat dijadikan pijakan?

 

Ì Jawaban

Menurut DR. Yusuf al-Qardhawi, sebagian fuqaha memang terkadang terlalu berlebihan dalam mengembangkan hal-hal yang membatalkan puasa, sampai pada hal-hal yang mungkin tidak pernah dibayangkan dan difahami oleh sahabat-sahabat Nabi. Sebagian besar hal-hal yang dapat membatalkan puasa yang telah di ijtihadi oleh para ulama sesungguhnya tidak secara sharih ditegaskan dalam al-Qur’an maupun as-Sunnah. Melainkan merupakan hasil ijtihad yang boleh diterima dan juga ditolak. Jadi hal-hal yang membatalkan puasa yang benar-benar disepakati ulama adalah makan, minum, senggama dan sesuatu yang semakna dengan makan, minum, dan senggama. Selain ketiga hal tersebut masih diperselisihkan. Pendapat yang meyatakan bahwa muntah, kentut dan berak dalam air, membersihkan telinga, bersiwak, mandi keramas, keluar darah dari gusi,  berkumur- kumur, istinsaq, dan lain-lain dapat membatalkan puasa adalah pendapat yang kurang sejalan dengan tujuan disyari’atkannya puasa yaitu mengekang hawa nafsu dan melawan rasa lapar, haus serta menghindar dari lawan jenis dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah.

Referensi

ü  Fiqih ash-Shiyam

( فقه الصيام ص 79-81).

لقد توسع الفقهاء رضي الله عنهم فى أمر المفطرات توسعا ما أظنه خطر ببال احد من أصحابه الذين شاهدوا التنزيل وفهموا عن رسول الله فأحسنوا الفهم والتزموا فأحسنوا الإلتزام

و الواقع : أن جل ما يقال فى هذا المجال مما لم يدل عليه محكم قرأن ولا صحيح سنة ولا إجماع أمة إنما هي إجتهادات يؤخد منها ويترك وأراء بشر يجب أن تحاكم وترد إلى النصوص الأصلية و القواعد المرعية و المقاصد الكلية.

والذى أميل إليه هنا: ألا يفطر الصائم إلا ما أجمع الفقهاء على التفطير به وذلك ما دل عليه محكم القرأن و صحيح السنة واتفق مع حكمة الشارع من الصيام وهو الحرمان من الشهوات وفطام النفس عن المألوفات.

Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Empat Khasiat Air Putih [Buka Puasa dengan Air Putih]

Bahaya! Tidur Pas Setelah Sahur

Related posts