4:00 pm - Rabu September 18, 1252

Menjadi Remaja Paling Kece

1939 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

“Aku mengamati semua sahabat Nabi, dan tidak menemukan sahabat yang lebih baik daripada menjaga lidah (lisan). Saya memikirkan tentang semua pakaian, tetapi tidak menemukan pakaian yang lebih baik daripada takwa. Aku merenungkan tentang segala jenis amal baik, namun tidak mendapatkan yang lebih baik daripada memberi nasihat baik. Aku mencari segala bentuk rezeki, tapi tidak menemukan rezeki yang lebih baik daripada sabar.

(Sayidina Umar bin Khattab)

 

Cowok mana yang tidak suka kalau tiba-tiba ada cewek di depannya bilang, “Kece banget sih lu kakak, gue jadi demen.” End, cewek mana yang tidak tersipu-sipu bila ada cowok memujinya sambil berkata, “Duh si neng, kece amet, jadi adem ngeliatnya..” well, bagaimana definisi kece menurut kalian sob?, apa kece ditemukan pada bentuk fisik?, apa kece itu yang berharta dan juga dari kalangan keluarga bangsawan atau ningrat?. Tentu, semua mau tampil kece bukan?. Sekarang, yuk belajar menjadi remaja paling kece, cekidot!.

Kece (keren cekali) ada yang bilang kalau kata ini diambil dari kata bahasa Inggris yaitu, catchy yang berarti sama dengan kece yaitu keren, atau mudah untuk mendapat perhatian. Digunakan untuk memberi tanggapan kepada orang lain, tetapi dominan pada tanggapan penampilan dan prilakunya. Sebagaimana yang disampaikan khalifah Islam kedua kita di atas, ada empat hal ibadah istimewa menurut beliau, yaitu, menjaga lidah (lisan), takwa, memberi nasihat baik, dan sabar. Pasti, dengan empat amalan mulia ini kita akan tampil sebagai remaja paling kece. Nah lo..

Gimana cara menjaga lidah (lisan) gan?

Gini, menjaga lidah (lisan) berarti menjaga ucapan dengan cara berpikir dan menimbang terlebih dahulu baik atau buruk nantinya akibat ucapan itu teman. Bila salah berucap, maka kesengsaraan dan malapetaka bisa menjemput. Tak hanya akan menyakiti hati orang lain, namun dapat juga meninggalkan dendam mendalam bahkan dapat sampai pada penyebab kematian. Hi… serem. Kok? Iyaps, karena mulutmu adalah harimaumu, begitulah pepatah mengatakan.Bila mulut tidak dijaga, maka akan menerkammu. Help..Saat ini, yang paling kece untuk remaja (kayak kita-kita nih), bagaimana menjadikan mulut (bicara) sebagai trand mark kita guys, ingat, Perkataanmu adalah kualitas dirimu.

Kalau takwa guys?

Pengertian takwa menurut syara’ (agama) berarti menjaga dan memelihara diri dari siksa dan murka Allah dengan jalan melaksanakan perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya. Dan, Allah menyatakan dalam Alqur’an, “Sesungguhnya orang-orang yang paling mulia di antara kamu sekalian di sisi Allah, adalah orang yang paling bertakwa.”

Suatu hari Rasulullah saw ditanya oleh sahabat: “Wahai Rasulullah, siapakah keluarga Muhammad itu?. Nabi menjawab; ‘Orang yang bertakwa kepada Allah, dan takwa merupakan suatu kumpulan perbuatan baik, sedangkan esensinya adalah taat kepada Allah, supaya sadar dan terhindar dari siksa-Nya.”

So, agar diri kita selamat dunia akhirat dan disayang pasangan atau camer (apa hubungannya? Hehee..), ayo gan, bersemangat selalu meningkatkan kualitas takwa kita masing-masing dengan menjalankan perintah agama ya..

Hal kece yang lain adalah sabar yang berarti tabah menghadapi cobaan atau rintangan. Sabar itu pada akhirnya indah lho, percaya deh, akan ada hikmah pada setiap ujian Allah nantinya. Nah, sabar merupakah salah satu pilar kebahagiaan,karena dengan sabar kita akan menemukan ketenangan dan ketentraman dalam hati. Dr. Aidh Alqomi dalam buku terkenalnya, La Tahzan berkata, “Ketahuilah, bahwa Anda bukan satu-satunya orang yang mendapat ujian. Tidak seorang pun yang terlepas dari kesedihan. Dan, tidak seorang pun yang luput dari kesulitan.”

Yuk, kita tampil menjadi remaja-remaja kece yang selalu berkata baik menjaga perkataan, rajin beribadah meningkatkan kualitas takwa, sabar dengan segala ujian dan musibah, dan terakhir memberi nasihat baik kepada diri kita dan orang lain.Yups, bisa jadi, dan boleh sobat sekalian memastikan bila berhasil melakukan empat ibadah ini, tidak menutup kemungkinan kalau banyak teman-teman kalian akan bilang, “Sob, dikau memang remaja paling kece di sekolah ini.” Siap-siap untuk diburu tanda tangannya ya, artis kale..

 

Oleh: H. R. Umar Faruq

Redaktur Majalah Langitan

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Semoga, Air Asia Segera Ditemukan

Zakat Harta Temuan (Harta Karun), Zakat, Zakat Harta, Zakat Harta Temuan, Zakat Harta Karun

Aneh! Ada Orang Miskin & Cacat Tidak Mau Menerima Sedekah.

Related posts