4:19 am - Rabu September 23, 2020

Cegah ISIS, Petugas Gabungan Sisir Wilayah Lamongan

1020 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

Lamongan, Cyberdakwah — Petugas gabungan dari TNI, Kepolisian Indonesia, serta Satpol PP Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, menyisir wilayah yang rawan terbentuk kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di wilayah itu.

Kepala Polres Lamongan, AKBP Trisno Ahmadi, Rabu (18/3/2015), mengatakan, penyisiran dilakukan untuk mendata warga pendatang sebagai upaya antisipasi penyebaran dan pengaruh buruk kelompok ISIS di wilayah tesebut.

Sebelumnya di wilayah yang disisir, yakni Blimbing, Kecamatan Paciran Lamongan terdapat 10 warga tertangkap oleh otoritas negara Turki karena akan bergabung dengan kelompok ISIS.

“Operasi yang digelar dari petugas gabungan seperti Kodim 0812/Lamongan, Polres Lamongan dan Satpol PP langsung menuju sasaran, Desa Blimbing Paciran, sebab 10 orang yang diduga bergabung ISIS itu dari sana,” katanya.

Sementara, operasi dilakukan dengan mendatangi sejumlah rumah indekost dengan melakukan pendataan administrasi kependudukan untuk mengantisipasi orang tidak dikenal masuk ke wilayah itu.

Sebelumnya, Pemkab Lamongan juga gencar menggandeng tokoh agama dan sejumlah pihak untuk meluruskan paham jihad dan mencegah masuknya kelompok ISIS.

Bupati Lamongan, Fadeli juga prihatin dengan warganya yang diduga terlibat dengan gerakan ISIS, sebab kelompok itu sangat bertentangan dengan ajaran Islam.

Oleh karena itu, Fadeli berharap keberadaan 10 warganya di Turki bukan karena motif aliran seperti yang disebutkan selama ini, dan hanya motif mencari ekonomi.

Ia mengatakan, siap membawa mereka kembali ke rumah dan menerima dengan tangan terbuka bila memang di sana karena motif lain. Namun apabila dipastikan terlibat akan menyerahkan sepenuhnya pihak keamanan. (Tmp/S@if)

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Dirintis, Kerjasama Kemenag RI dan Rabithah Alam Islami

MUI Keluarkan Fatwa Hukuman Mati bagi Kaum Homoseksual

Related posts