2:58 am - Sabtu September 26, 2020

Keajaiban gerakan sholat.

950 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

Keajaiban gerakan sholat.

Tubuh kita merupakan system yang sempurna, ada rangka dari tulang, ada sendi yang menjadi engsel, ada darah yang memberikan energi dan ada juga syaraf yang menjadi listrik pengatur. Jika tubuh kita kurang bergerak hasilnya tidak baik, sama seperti mobil yang tidak pernah dipanaskan/dihidupkan mesinnya.

Perlunya olah raga.

Ahli kesehatan menyarankan agar berolah raga atau bergerak setiap hari, agar system tubuh berjalan baik dan kesimbangan tubuh tetap terjaga. Olahraga yang seimbang adalah yang menhasilkan warna kulit memerah dan terasa memanas, serta kondisi badan yang lembab. Olah sampai menyebabkan pegal/sakit pada otot dan keringat yang berlebih adalah kurang baik, karena melebih batas.

Sholat mempunyai gerakan yang baik.

Dalam islam, gerakan oleh raga minimal yang diperlukan dirangkum dalam bentuk sholat, dengan waktu dan lama/banyak rakaat yang ditentukan, sesuai dengan tinggi rendahnya aktivitas secara umum.

Menurut Dr As-Sayyid : “ Tubuh manusia terbentuk dari tulang, persendia, otot, nadi darah, urat dan urat syaraf. Semuanya membutuhkan pelumasan setiap hari dengan cara digerakkan. Dalam hal ini sholat merupakan oleh raga fisik istimewa yang menggerakkan persendian otot dan memperlancara peredaran darah”.
Ahli olah raga Mesir Prof AM Marzuq menjelaskan : “Sholat merupakan olah raga yang cocok untuk otot-otot dan persendian tubuh, gerakannya menyerupai gerakan Long Swedia, namun sholat lebih cocok di lakukan karena sesuai untuk semua umur”
Sedang menurut Dr Mahmud AN : “Dalam gerakan-gerakan sholat yang dilakukan orang muslim secara teratur dan terus menerus, menjadikan persendian lentur dan otot mengeras. Sehingga tidak akan terjadi pembengkokan pada tulang punggung dan kerusakan pada persendian”.

Kehebatan gerakan sholat :

Gerakan sholat mempunyai manfaat yang sangat banyak, apalagi jika dilakukan secara teratur dan terus menerus. Beberapa manfaat tersebut antara lain :

TAKBIRATUL IHRAM : Berdiri tegak, mengangkat kedua tangan sejajar telinga, lalu melipatnya di depan perut atau dada bagian bawah. Manfaat Gerakan ini melancarkan aliran darah, getah bening (limfe) dan menambah kekuatan otot lengan. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah yang kaya oksigen menjadi lebih lancar. Kemudian kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.

RUKU’ : Rukuk yang sempurna ditandai tulang belakang yang lurus sehingga bila diletakkan segelas air di atas
punggung tersebut tak akan tumpah. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang. Manfaat Postur ini menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf, pada saat ini juga akan terjadi reposisi otot-otot dan syaraf ke tempat yang seharusnya.
Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi relaksasi bagi otot-otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk adalah latihan kemih untuk mencegah gangguan prostat.

I’TIDAL : Bangun dari rukuk, tubuh kembali tegak setelah mengangkat kedua tangan setinggi telinga. Manfaat i’tidal adalah variasi postur setelah rukuk dan sebelum sujud. Gerak berdiri bungkuk berdiri sujud merupakan latihan pencernaan yang baik. Organ-organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Efeknya, pencernaan menjadi lebih lancar, terhindar dari gangguan penyakit disekitar perut.

SUJUD : Menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki, dan dahi pada lantai. Manfaat; aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak. Posisi jantung di atas otak menyebabkan darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir dan kecerdasan seseorang, bisa memberikan ketenangan. Karena itu, lakukan sujud dengan tuma’ninah, jangan tergesa gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. Postur ini juga menghindarkan gangguan wasir. Khusus bagi wanita, baik rukuk maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

DUDUK : Duduk ada dua macam, yaitu iftirosy (tahiyyat awal) dan tawarruk (tahiyyat akhir) : Perbedaan terletak
pada posisi telapak kaki. Manfaatnya, saat iftirosy, kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus Ischiadius. Posisi ini menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan. Duduk tawarruk sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih (urethra), kelenjar kelamin pria (prostata) dan saluran vas deferens. Jika dilakukan dengan benar, postur irfi mencegah impotensi. Variasi posisi telapak kaki pada iffirosy dan tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak kita.

SALAM : Gerakan memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal. Manfaatnya untuk relaksasi otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala. Gerakan ini mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.

Semakin banyak sholat (wajib + sunah) akan semakin baik, karena pada dasarnya, seluruh gerakan sholat bertujuan meremajakan tubuh. Jika tubuh lentur, kerusakan sel dan kulit sedikit terjadi. Apalagi jika dilakukan secara rutin, maka sel-sel yang rusak dapat segera tergantikan. Regenerasi pun berlangsung lancar. Alhasil, tubuh senantiasa bugar dan awet muda.

Namun terlepas dari segala manfaatnya, sholat adalah kewajiban yang harus kita laksanakan, semoga kita mampu melaksanakannya demi kebaikan kita di dunia dan di akhirat….…Aamiin

Video tentang keajaiban sholat juga bisa di cari di you tube, dengan judul : keajaiban gerakan shalat.
Reff :
– Ajaibnya gerakan sholat, Prof dr HA Saboe
– Manfaat luar biasa gerakan sholat, Santi Maryani,SPd.I

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Amalan yang pahalanya terus mengalir walau kita sudah meninggal.

Amalan Istimewa di Hari Jum’at

Related posts