11:25 pm - Senin November 23, 2020

Binatang Sumber Pahala Dan Dosa

2574 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

Binatang Sumber Pahala Dan Dosa

Pada dasarnya Tuhan menciptakan bumi secara sempurna khusus untuk manusia : “Allah menciptakan bumi untuk kepentingan manusia sebagai sumber penghidupan” (QS 015:020, 007:010). Di dalam Bumi Tuhan juga menyediakan berbagai mahluk yang dapat memenuhi kebutuhan seluruh manusia, asalkan dikelola dengan baik.

Binatang sebagai sumber kehidupan.

“Allah menyebarkan di muka bumi ini berbagai macam binatang dengan aneka warna dan jenisnya” (QS 035:28). “Semua binatang adalah umat seperti kita” (QS, 006:038). “Air adalah asal dari penciptaan semua jenis binatang. Semua jenis binatang diciptakan berpasang-pasangan agar semua dapat berkembang biak”. (QS, 024:045,045;011,031:10,002:164). Untuk memberikan manfaat bagi manusia.

Manfaat binatangPada binatang terdapat faedah yang banyak, air susu yang ada di dalam perut binatang adalah minuman yang lezat, Dagingnya untuk dimakan, kulitnya untuk membuat kemah, bulunya menghangatkan badan, bulunya indah jika dipandang, tenaga dapat di-gunakan sebagai alat angkut dan juga menjadi kendaraan yang indah dipandang. Madu berguna sebagai obat. (QS 016:66,023:012,016:80,016:005-008, 036:072, 016:069).
Maka janganlah membuat kerusakan yang dapat menghancurkan ekosistem dan membuat binatang itu punah.

Manfaat memelihara binatang.

Penelitian yang dilakukan oleh Virginia Commonwealth University terhadap karyawan yang membawa binatangnya ke tempat kerja, menunjukkan penurunan tingkat stres dan seperempat dari mereka mengalami peningkatan produktivitas.

Penelitian menunjukkan bahwa terapi hewan bisa membuat perasaan seseorang menjadi lebih baik. Hal ini terlihat ketika para pelajar di negara bagian Idaho yang kesepian dibawakan binatang terlatih bernama Sophie untuk bermain, perasan negatif mereka menurun. Disebutkan bahwa rasa kesepian dan kecemasan turun hingga 60 persen.

Penelitian kecil menunjukkan pemilik hewan peliharaan memiliki kadar kolesterol dan trigliserida lebih rendah. Risiko penyakit jantung mereka juga lebih rendah. Kucing terutama, menjadi hewan peliharaan yang baik bagi jantung. Para periset di University of Minnesota menjumpai risiko kematian dari serangan jantung 40 persen lebih tinggi pada mereka yang tidak pernah memiliki kucing.

Anjuran memberi makan / memelihara binatang dengan baik.

“Pada setiap sedekah terhadap mahluk yang memiliki hati (jantung) yang basah (hidup) akan dapatkan pahala kebaikan. Seorang muslim yang menanam tanaman atau tumbuh-tumbuh-an yang kemudian dimakan oleh burung-burung, manusia, atau binatang, maka baginya sebagai sedekah” (Bukhori,Muslim)
“Barang siapa yang memelihara kuda (Binatang) di jalan Allah dengan penuh keimanan pada Allah dan yakin akan janji kebaikan-Nya, maka sesungguhnya makanan terhadap kudanya yang dike-nyangkan, pemberian minuman kepada kudanya hingga puas, bahkan kotoran dan kencing (kuda) nya kelak akan ditimbang (sebagai kebaikan) pada hari kiamat”. (HR Bukhori) .

 Larangan menyiksa binatang.

1. Jangan mengganggu binatang. “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi’ar-syiar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatang- binatang dan juga binatang-binatang untuk qurban” (QS 005: 002).

2. Jangan mengurung binatang hingga mati.“Rasulullah SAW melarang mengurung (burung) hingga binatang itu mati.“ (HR. Bukhori, Muslim). “Seorang wanita akan disiksa, karena kucingnya dikurung sehingga mati, lalu dimasukkan orang itu kelak ke dalam neraka, karena kucing itu tidak diberikan makan maupun minum, dan tidak dibiarkannya memakan serangga”. (HR.Bukhori,Muslim)

3. Jangan membunuh binatang untuk kesenangan .“Dosa-dosa yang paling besar yaitu: 1. Menyekutukan Allah dengan sesuatu. 2. Membunuh yang bernyawa , kecuali yang dibenarkan menurut hukum Islam”.(HR Bukhori ).

4. Jika akan menyembelih, lakukanlah dengan baik : “Jika kamu akan membunuh (yang dibenarkan menurut hukum Islam) maka bunuhlah dengan cara yang baik. Dan jika kamu akan menyembelih maka sembelihlah dengan cara yang baik, tajamkanlah mata pisaumu dan senangkanlah dalam penyembelihannya”.(HR. Muslim)

Binatang yang boleh dibunuh (pengecualian).

Boleh dibunuhDari Aisyah : “Lima macam binatang jahat/buruk yang boleh dibunuh walaupun di sekeliling Masjidil Haram yaitu: 1. Kalajengking, 2. Tikus, 3. Burung elang.,4.Burung gagak, 5.Anjing galak”. HR. Muslim). Dari Ummi syarik: “Rasulullah SAW memerintahkan untuk membunuh cecak”. (HR. Bukhori, Muslim)

Memelihara anjing.

“Siapa yang memelihara anjing , kecuali anjing yang digunakan untuk menjaga, untuk berburu, atau untuk menjaga pertanian, maka dikurangi pahalanya setiap hari sebanyak satu kirat /jumlah besar. Malaikat tidak memasuki rumah yang ada anjingnya maupun gambar “ (HR. Bukhori, Muslim)

Datangnya agama membawa rahmat bagi seluruh alam, termasuk di dalamnya binatang. Agama Islam melarang kita memperlakukan binatang seenaknya, karena “Semua binatang adalah umat seperti kita” (QS, 006:038). Agama telah memberikan tuntunan kepada kita cara memperlakukan binatang, semoga kita dapat menerapkannya.

Sumber : The Straight Way

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Jangan Menceritakan Kecantikan Wanita Lain Kepada Suami

Kisah Inspiratif: ‘Ipar itu Adalah Maut’

Related posts