12:02 pm - Minggu November 29, 2020

Adakah Alien dalam Pandangan Islam?

1402 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

Adakah Alien dalam Pandangan Islam?

Ditemukannya fosil mirip manusia dengan kepala besar yang tak sebanding dengan kecil dan pendeknya tubuh membuat sejumlah media memberitakannya sebagai bukti adanya alien. “Bukti Keberadaan Alien Kembali Terkuak,” demikian judul yang dirilis Okezone, Sabtu (9/5/2015).

Fosil itu diklaim ditemukan pada tahun 1947 di wilayah Meksiko. Fosil tersebut kemudian dibawa Bernard Ray dan sempat ditampilkan dalam sebuah film berjudul Kodachrome. “Alien” tersebut diduga tewas akibat kecelakaan Roswell UFO.

Lepas dari benar tidaknya berita dan analisa tersebut, adakah alien dalam pandangan Islam? Pertanyaan ini pernah diajukan kepada sejumlah ustadz pengasuhsyariahonline.com.

“Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah Tuhan Yang Maha Mencipta. Makhluknya tak terhingga banyaknya. Sebagian dari makhkuk itu ada yang kita kenal dan ketahui, tapi begitu banyak jenis makhluk Allah lainnya yang kita tidak kenal dan tidak kita ketahui,” demikian situs konsultasi syariah itu mengawali jawabannya.

“Apalagi bila bicara tentang alam ghaib, maka lingkup pembicaraan kita semakin luas lagi. Allah memang mewajibkan kita untuk percaya atas keberadaan makhluk ghaib sebagaimana disebutkan di dalam surat Al-Baqarah ayat 2-4. Tentu saja bila dikaitkan dengan makhluk ghaib yang jenisnya pun beragam, adanya makhluq asing di ‘langit’ (baca: di luar bumi) menjadi sesuatu yang bukan mustahil. Tapi bila alien yang dimaksud adalah makhluk biologis yang cerdas, secara ekslpisit Al-Quran memang tidak menyebutkannya. Meski tidak berarti tidak ada isyarat ke arah itu sama sekali,” lanjutnya.

Berikutnya, syariahonline menyebutkan empat riwayat dan nash yang secara implisit memungkinan tentang adanya makhluk hidup di luar bumi. Salah satunya adalah firman Allah dalam surat Ar Rahman ayat 33.

يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ تَنْفُذُوا مِنْ أَقْطَارِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ فَانْفُذُوا لَا تَنْفُذُونَ إِلَّا بِسُلْطَانٍ

”Hai jama‘ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan.”(QS. Ar Rahman: 33)

Berdasarkan ayat ini disimpulkan bahwa ada indikasi kehidupan di luar sana. Namun, ayat ini bukanlah dalil bahwa Islam memastikan adanya alien. Hanya Allah Azza wa Jallan yang mengetahui yang sebenarnya. Wallahu a’lam bish shawab.

sumber : Bersama Dakwah

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Kumpulan Do’a-Do’a Nabi Kita Dalam Al-Qur’an

Cantik Tapi Syar’i, Ini Yang Di Cari

Related posts