8:40 pm - Sabtu Desember 14, 2019

Si Al-Farghani

1339 Viewed

Si Al-Farghani

Abu Abbas Ahmad bin Muhammad bin Katsir Al-Farghani dilahirkan di Farghana. Beliau adalah salah seorang ahli Astronomi terkenal di masa kekuasaan Al-Makmun. Karya bukunya berjudul Fi Al-Harakat As-Samawiya Wa Jawami Ilm An-Nujm, yang diterjemahkan pada abad 12 ke dalam bahasa Latin. Buku ini memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap astronomi Eropa sebelum Regiomontanus.

Sobat, salah satu pemikirannya bahwa beliau menerima teori Ptolemy dan gerak orbitnya. Akan tetapi beliau berpikir bahwa hal tersebut bukan hanya mempengaruhi bintang tetapi juga planet. Beliau menetapkan diameter bumi adalah 6.500 mil, dan menemukan jarak terjauh, serta diameter planet-planet lain.

Sobat, pada masanya khalifah Al-Mutawakkil, Al Farghani pernah disuruh untuk menggali sebuah kanal. Namun pada akhirnya kanal tersebut tidak berhasil dibangun dengan baik karena Al-Farghani bukanlah seorang ahli praktisi tetapi beliau seorang ahli teori. Beliau tidak pernah berhasil menyelesaikan satu bangunan tersebut.

Para penulis abad pertengahan banyak merujuk pada karya bukunya Al-Farghani. Bahkan Sphere Sacrobosco, salah seorang intelektual banyak berutang budi terhadap karyanya Al-Farghani. Gimana Sobat, ayo belajar ya… agar bisa jenius seperti Al-Farghani.

Sumber : Gaul Fresh

Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

“Petani Muslim Bondowoso Beri Tanah ke Orang Kristen Untuk Bikin Gereja”

KALAU DIA SUNGGUH MENCINTAIMU, DIA KAN MEMPERJUANGKAN CINTAMU

Related posts