3:08 pm - Jumat Oktober 20, 7876

Santri Kreatif Bangun Negeri

1056 Viewed

Pengasuh Pesantren Al-Hasaniyah Daya Sungai, Blega, Bangkalan KH Zarqani Majid mendukung penetapan Hari Santri Nasional 22 Oktober 2015. Dukungan tersebut ia sampaikan saat menerima kunjungan NU Online dan tim Pahala Kencana, Selasa (20/10) siang.

dd8f06091077f793f5474e9c4a67a36d-customs-goes-to-pesantren-tangerang3
“Bagus sekali itu. Saya menyambut baik gagasan tersebut,” ujar Kiai Zarqani kepada rombongan ‘Roadshow Goes To Pesantren’ di empat kabupaten se-Pulau Madura.

Kiai Zarqani berharap, ditetapkannya hari santri nasional bisa menginpirasi para santri untuk makin kreatif membangun negeri. “Ini senada dengan slogan Pahala, bangga ikut serta menggerakkan dinamika bangsa,” katanya disambut tepuk tangan para santri.

Menurut dia, peran santri luar biasa dalam menjaga keutuhan NKRI dan tradisi keagamaan di bumi pertiwi. “Santri-santri saya yang merantau di Jakarta dan kota lainnya bahkan berani melawan GAM: Gerakan Anti Maulid,” ujar Kiai Zarqani bersemangat.

Santri Syaikhona Kholil Bangkalan ini selalu menasehati para santrinya agar teguh mempertahankan Aswaja. “Tidak hanya di saat mondok, tapi juga di mana pun berada,” tegas Kiai Zarqani.

Saat disampaikan bahwa kegiatan silaturrahim ke pesantren diinisiasi Abdul Haris Ridwan, santri Pesantren Kemadu Rembang, Kiai Zarqani tampak antusias. “Alhamdulillah, saya senang sekali santri turut mewarnai kegiatan ini,” timpalnya.

Haris yang juga putra mantan Bendahara Umum PBNU era Gus Dur ini membenarkan program yang digagasnya itu hendak merekatkan tali silaturrahim dengan para kiai. “Sekaligus memeriahkan tahun baru hijriyah dan mendukung hari santri,” tandas Haris.

Sementara itu, kepala cabang Pahala Kencana se-Madura Raya Ramadhan Khairul Shaleh menambahkan pihaknya memiliki beberapa kegiatan sosial lainnya. “Semisal, pengajian mingguan dan bulanan. Pesertanya para agen bus Pahala se-Madura,” ujar Ramadhan.

Cicit pendiri pesantren Al-Hasaniyah ini mengapresiasi sikap santri yang luwes. “Mereka tidak hanya pandai ngaji, namun juga aktivitas lainnya,” tambahnya. Di akhir pertemuan, Kiai Zarqani memberi semangat dan mendoakan rombongan. Para santri juga tampak antusias berpose dengan tim Pahala Kencana yang membagikan kaos dan beasiswa pendidikan kepada pihak pesantren.

Sumber : NU Online

Muharram Yang Terabaikan

Rahasia dibalik Kata Santri