3:13 pm - Minggu Desember 17, 4930

Manfaat Minyak Kasturi Dalam Ibadah

894 Viewed

Rasulullah SAW sangat menyukai wanginya minyak kasturi dan seringkali menggunakannya. Minyak kasturi sering disebut sebagai rajanya wewangian. Ternyata, dibalik wanginya, minyak kasturi itu menyimpan 1001 khasiat yang tiada tara.

Sejak ratusan tahun lalu, ia digunakan dalam pembuatan wangi-wangian. Kasturi juga bertindak sebagai biang penyebar bau harum selain itu dipercayai menjadikan bau harum lebih tahan lama.

Di dalam dunia ini, hanya terdapat lima jenis hewan yang menghasilkan kasturi yaitu kijang jantan, lembu, musang, kura-kura dan tikus (tikus jenis tikus muskrat (Ondatra zibethicus), Paling populer adalah kasturi kijang jantan yang hidup di pergunungan Himalaya

Dalam bidang perobatan tradisional Cina, kasturi dipercayai mampu mengembalikan kesadaran seseorang yang pingsan, melancarkan peredaran darah, , menghilangkan bengkak pada tubuh, menghilangkan rasa sakit dan merangsang penghentian/pembersihan darah haid.

Sebagaimana dalam hadits dikisahkan :

Dari ‘Aisyah r.a, “Seorang wanita bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tentang cara mandi dari haid. Beliau lalu memerintahkan wanita itu bagaimana cara mandi. Beliau bersabda: “Ambillah sepotong kapas yang diberi kasturi lalu bersucilah.” Wanita itu bertanya, “Bagaimana aku bersucinya? Beliau menjawab: “Bersucilah dengan kapas itu!” Wanita itu berkata lagi, “Bagaimana caranya aku bersuci?” Beliau bersabda: “Bersucilah dengan menggunakan kapas itu!” Wanita itu bertanya lagi, “Bagaimana caranya?” Maka Beliau berkata, “Subhaanallah. Bersucilah kamu!” Lalu aku menarik wanita itu kearahku, lalu aku katakan, “Kamu bersihkan sisa darahnya dengan kapas itu.” (HR al-Bukhari)

Oleh kerana spesies kijang yang menghasilkan kasturi sukar ditemui, saintis Cina beralih kepada sains dan teknologi untuk mengembangkan potensi pengobatannya.

Hampir semua umat Islam menyukai minyak kasturi, bahkan Rasulullah SAW pun juga menyukai wewagian minyak kasturi.

Di dalam Kitab Tibbun Nabawi, sebuah karya agung dari Ibnu Qayyim Al Jauziah, disebutkan bahwa Rasulullah SAW sering memakai wewangian kasturi.

Sedangkan dalam kitab Shahih Muslim dituturkan hadits riwayat Abu Said Al-Khudri bahwa Rasulullah SAW bersabda,
“Minyak wangi yang paling harum adalah kasturi.”

Begitu juga dalam kitab Shahih Bukhari dan Muslim, disebutkan pula riwayat dari Aisyah ra.
Beliau menuturkan,
“Aku pernah memercikkan minyak wangi kepada Nabi SAW sebelum beliau melakukan ihram, pada saat penyembelihan maupun sebelum tawaf dengan menggunakan wewangian yang mengandung kasturi.”

Rajanya Wewangian

Kasturi sering disebut sebagai Raja Wewangian karena kualitasnya yang terbaik.
Kasturi merupakan wewangian yang paling baik dan paling wangi.

Di dalam sebuah hadits dinyatakan,
“Dinding-dinding surga itu batu batanya dari perak dan emas. Tanahnya pohon kimkuma (za’faran) dan buminya kasturi.”
(HR. Al Bazzar).

Dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh para ahli, ternyata kasturi tidak hanya istimewa dalam wewangian saja. Namun juga memiliki 1001 khasiat di dalmnya. Disebutkan bahwa jika diminum maupun dihirup, maka dapat berkhasiat untuk menyejukkan jiwa dan mendigdayakan seluruh organ tubuh bagian dalam.

Adapun secara lahiriah, apabila minyak kasturi dioleskan ke tubuh, maka sangat berguna bagi orang-orang yang telah berusia lanjut dan orang yang terjangkiti penyakhit kedinginan atau kelembaban terutama pada musim dingin.

20 Manfaat Minyak Kasturi

Berdasarkan kajian yang dibuat oleh ilmuwan Islam terutamanya Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah R.A. dan Para Ahli lainnya, maka kasturi didapati mempunyai banyak khasiat, Diantarnya :

Haruman adalah santapan roh, manakala kasturi adalah merupakan sewangi-wangi dan sebaik-baik haruman

  • Menenangkan Jiwa.
  • Mencerdaskan akal dan menyehatkan otak.
  • Menghilangkan ketakutan dan kebimbangan.
  • Menghilangkan debaran jantung.
  • Menghilangkan Sesak Nafas.
  • Menghilangkan Perasaan Lelah.
  • Menyadarkan orang yang pingsan.
  • Memperkuatkan organ luar tubuh.
  • Memperkuatkan organ dalam tubuh.
  • Menghilangkan rasa gemetar.
  • Menghilangkan rasa dingin pada tubuh.
  • Membuang angin yang berlebihan dalam tubuh.
  • Menawarkan racun atau bisa-bisa binatang.
  • Menghilangkan kesakitan sewaktu kencing.
  • Menjernihkan mata putih pada mata.
  • Berfungsi memelihara kesehatan secara keseluruhan.
  • Mencegah wabah penyakit.
  • Memperpanjang umur.
  • Meredhakan Allah SWT.
  • Disukai para malaikat dan orang-orang soleh, dan  dapat mengusirkan syaitan laknatullah.

Menurut Imam Syafie R.A. bahawa antara perkara yang dapat menguatkan badan jasmani ialah dengan mencium bau-bauan yang harum (seperti minyak kasturi).

SEMUANYA ATAS KEHENDAK & SEIZIN ALLAH.

”Ketika aku berjalan di dalam surga, aku berada di sungai yang kedua pinggirnya terbuat dari kubah yang terbuat dari mutiara cekung. Lalu aku bertanya, ‘Apa ini Jibril?’ Jibril menjawab, ‘Ini adalah al-kaustar yang diberikan kepadamu.’ Lalu malaikat memukul dengan tangannya, maka kulihat tanahnya adalah parfum dari minyak kasturi.” (HR Bukhari dan Ahmad).

 “Sungguh bau mulut orang yang berpuasa di sisi ALLAH kelak pada hari kiamat lebih wangi daripada minyak kasturi.” (HR. Bukhari, Muslim, Tirmizi, Nasa’i dan Ibnu Majah).

“ Belajarlah Al Quran dan bacalah ia karena orang yang belajar Al Quran dan menyebutkannya dalam shalat tahajjud adalah seumpama sebuah wadah yang terbuka dan penuh kasturi, baunya semerbak merebak ke seluruh tempat dan seseorang yang telah belajar Al Quran tetapi ia tidur dan Al Quran didalam hatinya adalah seumpama sebuah wadah yang penuh dengan kasturi tetapi tertutup.”  (HR. Tirmidzi, Nasa’I, Ibnu Majah, Ibnu Hiban.)

Sumber : Moslem For All

Mengkhayal Saat Shalat?

Kisah Dahsyatnya Kekuatan Istighfar si Penjual Roti