6:16 pm - Jumat November 22, 2019

Dayah Darul Hikmah Adakan Pengajian Online Kitab Ihya Ulumuddin

2754 Viewed

Meulaboh, CyberDakwah.COM

Pondok Pesantren Dayah Darul Hikmah Islamiyah (DHI) mengadakan pengajian online untuk membahas kitab Legendaris Ihya Ulumuddin, karangan Abū Ḥāmed Muḥammad ibn Muḥammad al-Ghazālī atau yang dikenal dengan Imam Al-Ghazali. Pengajian ini bertempat di Balai Dayah DHI Peunaga Rayeuk Mereuboh Aceh Barat.

Pengajian yang berlangsung pada hari kamis (malam jum’at), 12 September 2019 ini dibawakan langsung oleh Abi Fakhrur Razy, atau yang dikenal dengan Abi Medan. Pengajian yang dimulai pada pukul 20.30 tersebut membahas tentang rahasia ruh. Abi Medan mengatakan “Jika berbicara tentang ruh tentu tidak lepas dari kematian. Mengapa manusia takut mati? Karena mereka belum mengerti persoalan setelah ruh keluar dari tubuh, walaupun sebagian besar manusia takut mati karena belum siap amal & tidak ingin meninggalkan orang yang di cintainya”.

Lebih lanjut beliau menjelaskan “Ulama berpendapat bahwa ruh-ruh orang mukmin itu dapat berjalan kemanapun mereka mau termasuk berada di rumah Baida di langit yang ketujuh,sedangkan ruh orang kafir tertahan di sijin penjara di bawah lapis bumi yang ketujuh. Karena itu tugas kita sebagai seorang mukmin selama hidup di dunia agar tidak traumatis atau tidak takut pada kematian. Kita harus menyiapkan amalam terbaik sebelum berpisahnya tubuh dengan ruh agar menjadi manusia yang bahagia, sehingga ruhnyapun akan bahagia”.

Tgk. Edi, salah seorang guru Dayah DHI yang juga pengurus Ikatan Santri Alumni Dayah Darul Hikmah Islamiyah (IKSADI) menjelaskan bahwa pengajian ini bersifat terbuka. “Siapa saja yang ingin mengaji dipersilakan. Jika tidak sempat datang langsung ketempat, bisa mengikuti pengajian secara online melalui chanel youtube Zahid TV di alamat: https://www.youtube.com/channel/UCcNEyfiqN5CviMZd7vnG4Cg” Jelasnya.

Ia menambahkan “saat ini, pengajian online yang kami adakan telah mendapatkan sambutan yang cukup baik di masyarakat. Terbukti saat ini chanel Zahid TV telah memiliki 8000 lebih subscriber. Kami berharap semakin banyak masyarakat yang melihat chanel Zahid TV, khususnya ketika live streaming pengajian kitab ihya ulumuddin, setiap malam jum’at”.

Dayah Darul Hikmah Islamiyah (DHI) dipimpin oleh Abu H. Saidi Ansari. Saat ini Dayah tersebut tercatat sebagai satu-satunya Dayah di Barat-Selatan Aceh yang terintegrasi dengan pendidikan tinggi, yaitu STAI Darul Hikmah.

Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Bahas Masalah Hadast, MUDAB Kaji Kitab Mahalli

Peringati Hari Santri, PD Pontren Gelar Muktamar Pemikiran Santri Nusantara

Related posts