Menjelang Muktamar NU, 11 PTKIS Berbasis Pesantren Se-Indonesia Tandatangani MoU

0
410

Menjelang Muktamar ke-34 NU, 11 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) berbasis Pondok Pesantren menandatangani nota kesepahaman bersama (MoU) secara virtual pada rangkaian acara International Conference on Dayah Studies (ICODS) 2021 di Ruang Utama STAI Darul Hikmah Aceh Barat, Selasa (21/12/2021).

Hadir dalam penandatanganan tersebut Ketua STAI Darul Hikmah Aceh Barat Tgk. Rahmat Saputra, Rektor Universitas Ibrahimy Situbondo KH. Ach. Fadlail, M.H, Rektor Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Dr. Abd Aziz, M.Ag, Rektor Universitas Nurul Jadid yang diwakili oleh Bapak M.Bahrul Ulum, Rektor IAI Al-Aziziyah Samalanga yang diwakili oleh Tgk. Munawir, M.Ag

Turut hadir Ketua STIQ Wali Songo Situbondo Hartono, M.Pd.I, Ketua STIS Nahdlatul Ulama Aceh Tgk. Muhammad Yasir, MA, Ketua STAI Tgk. Chik Pante Kulu Tgk. Jamaluddin, MA, Ketua STIS Al-Aziziyah Sabang Dr. Tgk Imran Abubakar, M. Sy, Ketua STIS Ummul Ayman Pidie Jaya Dr. H. Muhammad Zukhdi, MA, dan Ketua STIT Bustanul Arifin Bener Meriah Tgk. Alfiandi Zikra, M.H.

Ketua panitia ICODS 2021, Tgk Syahwaludin, MA mengucapkan terimakasih banyak kepada seluruh perguruan tinggi yang telah ikut berpartisipasi dalam penandatanganan nota kesepahaman ini. Ia berharap kerjasama seperti ini bisa terus berlanjut dan dapat melahirkan program-program unggulan yang dapat dilakukan secara bersama-sama.

“Tujuan dilaksanakannya MoU ini adalah untuk membangun hubungan kelembagaan yang lebih erat dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang dimiliki oleh masing-masing perguruan tinggi,” jelasnya.

Sementara itu Ketua STAI Darul Hikmah, Tgk Rahmat Saputra sangat mengapresiasi terselenggaranya acara ini. Dalam sambutannya ia mengatakan problematika perguruan tinggi swasta sangat besar, termasuk perguruan tinggi keagamaan Islam berbasis Pondok Pesantren. Karena itu diperlukan kerjasama, kolaborasi, sinergi untuk saling mendukung, dan saling melengkapi satu sama lain.

“Salah satu bentuk follow-up dari MoU ini adalah konferensi internasional tentang Pondok Pesantren atau International Conference on Dayah Studies (ICODS) yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 & 28 Desember 2021, dimana sejumlah pakar dari 5 negara akan menjadi nara sumber utama dikonferensi ini,” tambah Tgk. Rahmat yang baru saja menerima penghargaan nasional, Indonesia Best Choice Award 2021

Dalam dokumen MoU tersebut dijelaskan bahwa ruang lingkup Kerjasama ini meliputi penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan, kolaborasi riset, pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat, pertukaran informasi, peningkatan akreditasi, pengembangan karir dosen, kolaborasi dalam publikasi ilmiah, penyelenggaraan seminar & konferensi, pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bersama, pertukaran mahasiswa , dan pengoptimalan teknologi informasi pendidikan.