HUDA Aceh Barat Akan Gelar Muzakarah Ulama

0
2170

Pengurus Wilayah Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) Aceh Barat akan melaksanakan kegiatan Muzakarah Ulama Se-Pantai Barat Selatan Aceh pada tanggal 15-16 Maret 2022, bertempat di Komplek Pondok Pesanten Madinatuddiniyah Al-Munawarah Gampong Marek Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat.

Latar belakang diadakannya muzakarah ini karena semakin beragamnya problematika yang dihadapi masyarakat Aceh, khususnya di Pantai Barat Selatan Aceh akhir-akhir ini. Pengaruh dari arus globalisasi menjadikan sebagian umat Islam semakin jauh dari ajaran Islam yang hakiki, sehingga muncul paham-paham yang meresahkan masyarakat dan berkembangnya aliran-aliran menyimpang. Permasalahan ini telah menyebabkan perselisihan pendapat yang tidak berkesudahan ditengah-tengah umat.

Tgk. Giyanto, M.Kes, sekretaris panitia muzakarah dalam keterangannya pada 19/02/2022 mengatakan Ulama sebagai pewaris Nabi memegang peranan yang sangat penting dalam meluruskan pemahaman dan nilai-nilai agama Islam secara benar agar masyarakat mampu menjalani agamanya secara baik.

“Berangkat dari latar belakang itu, kami mengambil tema muzakarah “Mengokohkan Aqidah Ahlussunnah wal Jamaah Asy’ariyah Maturidiyah” yang insyaAllah akan dilaksanakan pada tanggal 15 s/d 16 Maret 2022 di Dayah Madinatuddiniyah Al-Munawarah”, katanya.

Para Ulama kharismatik Aceh akan menjadi pemateri utama dalam kegiatan muzakarah dengan beberapa tema pembahasan. Diantaranya adalah kaifiyat memberikan zakat tambang, masalah zakat tanaman padi yang dipotong dengan mesin, hukum pemanfaatan tanah yang digadaikan, hukum mawah, ta’addut jum’at, larangan bagi perempuan yang sedang menjalani masa iddah, ciri-ciri paham wahabi dan syi’ah di Indonesia

Peserta yang akan hadir pada kegiatan muzakarah mewakili dari 8 Kabupaten/Kota se Pantai barat selatan Aceh, yaitu Aceh Barat, Aceh Jaya, Simeulue, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Subulussalam, dan Singkil.

Penanggung jawab muzakarah Ulama ini Ketua Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) Aceh Barat Tgk.H.Abdurrahman Amin, LC. Penasehat Abu H. Mahmuddin Usman, Pengarah Abu H. Mustafa Habli, LC. Menjabat sebagai ketua panitia, Tgk. Muhammad Amin dan sekretaris, Tgk. Giyanto, M.Kes.

Tinggalkan Balasan