Santri & Mahasiswa STAI Darul Hikmah Dibekali Pendidikan Politik

1
1474

Dalam rangka memberikan pemahaman tentang politik, demokrasi dan Pemilu serentak 2024 bagi pemilih pemula, KIP Aceh Barat melaksanakan program “KIP GOES TO CAMPUS” STAI Darul Hikmah, pada hari sabtu, 24 September 2022.

Tgk. Rahmat Saputra, Ketua STAI Darul Hikmah dalam sambutannya mengatakan bahwa program ini sangat penting karena akan memberikan penyadaran kepada generasi muda & pemilih pemula bahwa pemimpin yang berkualitas dan berintegritas itu lahir dari pemilih yang cerdas dan berkualitas juga, maka jangan sampai para pemilih menentukan calon pemimpinnya karena money politik dan mau suaranya dihargai dengan uang.

“Santri harus ikut membangun negeri, karena dalam sejarah berdirinya negara ini tak bisa dilepaskan dari perjuangan Ulama dan Santri. Santri harus berusaha mewujudkan negeri baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur. Karena itu santri harus paham politik, agar tidak dibodohi dan diarahkan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab. Santri harus paham politik yang baik, agar tidak salah langkah. Santri harus paham fiqh politik (siyasah) karena boleh jadi sekarang kita yang memilih sedangkan besok kita yang akan dipilih,” tegas Tgk. Rahmat yang juga pendiri Dayah RUMI.

Dihadapan ratusan santri dan mahasiswa Lembaga Pendidikan Terpadu Darul Hikmah, T. Novian Ketua KIP Aceh Barat mengatakan bahwa program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para calon pemilih pemula untuk dapat menggunakan haknya dengan sebaik-baiknya dalam menentukan pemimpin terbaik pada pemilu serentak tahun 2024 nanti.

Saktian selaku komisioner KIP Aceh Barat bidang Hukum dalam sambutannya juga mengingatkan para santri dan mahasiswa untuk betul-betul memahami tentang peran dan fungsi eksekutif maupun legistatif sebagai pelaksana maupun pengontrol pemerintahan, agar dalam menentukan pilihan berorientasi pada kemaslahatan publik bukan money oriented.

Sebagai kegiatan inti dari sosialisasi ini komisioner KIP Aceh Barat Saiful Asra berpesan kapada para santri & mahasiswa yang telah berusia 17 tahun atau sudah menikah pada 14 Februari 2024 agar dapat menggunakan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya di kotak suara.

Karena sistem demokrasi kita one man one vote, sehingga satu suara kita sangat berarti dalam menentukan arah kemajuan bangsa ini, maka jangan golput, jangan termakan hoaks, dan yang penting pilihlah karena kualitas dan integritasnya tutup Saiful Asra.

Diakhir Acara, Syahwaludin Waket 3 STAI Darul Hikmah mengatakan bahwa hasil diskusi dengan para komisioner KIP, mengingat pentingnya pemahaman politik ini bagi para pemilih pemula, maka KIP Aceh Barat bersedia menerima kunjungan resmi para santri & mahasiswa STAI Darul Hikmah untuk datang dan belajar lebih lanjut di Sekretariat KIP Aceh Barat.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan